Amalkan dalam Doa Harian, Inilah Kumpulan Doa untuk Melindungi Keluarga dan Saudara Sesama Muslim

Sabtu, 23 Juli 2022 | 13:30
Pexels

Ilustrasi doa

GridHype.ID -Doa merupakan hal penting bagi umat Islam.

Seperti yang diketahui, sebelum melakukan aktivitas umat Islam dianjurkan untuk berdoa.

Tak sampai di situ saja, apabila kita menginginkan sesuatu kita juga dianjurkan untuk berdoa kepada Allah SWT.

Tidak hanya untuk diri sendiri, kita juga bisa mengirimkan doa kepada orang terdekat kita.

Ya, seperti Nabi Muhammad SAW yang mengajarkan umatnya untuk selalu saling mendoakan.

Baik itu doa untuk keluarga atau antar saudara.

Khusus antar sesama Muslim untuk senantiasa mendoakan Muslim lainnya agar selalu diberi keselamatan dan rahmat Allah SWT.

Doa untuk Keluarga dan Antar Saudara Muslim yang di dalam Al Quran

Memanjatkan doa untuk keluarga dan saudara tercinta merupakan amalan yang perlu dilakukan secara rutin sebagai wujud kasih sayang kita terhadap mereka.

Baca Juga: Baca Doa Ini Agar Memiliki Rumah yang Dipenuhi Keberkahan dan Keharmonisan Bak di Surga

Amalan tersebut rupanya juga diamalkan oleh para Nabi semasa hidupnya sebagai cara mereka memohon kepada Allah, untuk selalu melindungi saudara dan keluarganya dari berbagai macam bahaya.

Misalnya saja Nabi Ibrahim yang rutin memanjatkan doa permohonan agar beliau dan seluruh keluarganya diberikan kemudahan untuk selalu mengerjakan sholat sebagai ibadah utama dalam Islam.

Sebagaimana yang tertulis dalam buku Panduan Lengkap Doa untuk Muslimah yang ditulis oleh Fathuri Ahza Mumtaza (2021:108).

Dalam buku tersebut memaparkan bahwa terdapat doa yang biasa diamalkan oleh Nabi Ibrahim AS sebagai permohonannya kepada Allah agar beliau dan anak turunnya menjadi orang-orang yang selalu menegakkan sholat.

Doa tersebut terkandung dalam Al-Quran yaitu surat Ibrahim ayat 40.

Selain doa yang dipanjatkan Nabi Ibrahim, terdapat pula doa untuk keluarga dan saudara sesama Muslim lainnya yang tertuang dalam Alquran.

Seperti yang dituliskan disebutkan dalam buku berjudul Meraih Berkah Dengan Menikah yang ditulis oleh M. Thobroni dan Aliyah A. Munir (2010:153) menuliskan terdapat beberapa doa yang dapat dibaca untuk keutuhan keluarga, salah satunya adalah dengan memanjatkan doa keselamatan bagi diri dan keluarga yang terkandung dalam surat Asy Syu'ara ayat 169.

Berikut ini adalah kumpulan doa untuk keluarga dan saudara sesama Muslim yang dikutip dari berbagai ayat Al-Quran untuk diamalkan dalam doa harian:

1. QS. Asy Syu’ara: 169

Baca Juga: Sering Terlewat Padahal Mudah Dihapal, Ini Bacaan Doa Sebelum dan Setelah Belajar, InshaAllah Dimudahkan Saat Menuntut Ilmu

رَبِّ نَجِّنِى وَأَهْلِى مِمَّا يَعْمَلُونَ

Artinya: (Luth berdoa): "Ya Tuhanku selamatkanlah aku beserta keluargaku dari (akibat) perbuatan yang mereka kerjakan". (QS. Asy Syu’ara: 169)

2. QS. Ibrahim: 40

رَبِّ اجْعَلْنِي مُقِيمَ الصَّلَاةِ وَمِنْ ذُرِّيَّتِي رَبَّنَا وَتَقَبَّلْ دُعَاءِ

Artinya: “Ya Tuhanku, jadikanlah aku dan anak cucuku orang-orang yang tetap mendirikan shalat, ya Tuhan kami, perkenankanlah doaku.” (QS. Ibrahim: 40)

3. QS. Al Furqan: 74

رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِينَ إِمَامًا

Artnya: “Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami, pasangan kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami sebagai imam bagi orang-orang yang bertaqwa.” (QS Al Furqan: 74).

4. QS. Al Hasyr:10

رَبَّنَا اغْفِرْ لَنَا وَلِإِخْوَانِنَا الَّذِينَ سَبَقُونَا بِالْإِيمَانِ وَلَا تَجْعَلْ فِي قُلُوبِنَا غِلًّا لِلَّذِينَ آمَنُوا رَبَّنَا إِنَّكَ رَءُوفٌ رَحِيمٌ

Artinya: “Ya Rabb kami, beri ampunlah kami dan saudara-saudara kami yang telah beriman lebih dulu dari kami, dan janganlah Engkau membiarkan kedengkian dalam hati kami terhadap orang-orang yang beriman; Ya Rabb kami, Sesungguhnya Engkau Maha Penyantun lagi Maha Penyayang” (QS. Al Hasyr:10).

Semoga doa ini bermanfaat dan bisa istiqomah kita amalkan. Amiiin.

Artikel ini telah tayang di Tribun-Medan.com dengan judul "Doa Untuk Melindungi Keluarga dan Saudara Lewat Jarak Jauh, Amalkan Doa Ini"

Baca Juga: Inilah Bacaan Doa Nabi Ayub yang Dirapalkan Untuk Mendapat Kesembuhan dari Sakit Menahun

(*)

Editor : Helna Estalansa

Sumber : Tribun-Medan.com

Baca Lainnya