Sempat Kena Sindiran Pedas Najwa Shihab, Brotoseno yang Tuai Sorotan di Jagat Maya Akhirnya Dipecat dari Polri, Tata Janeeta Langsung Pasang Badan

Minggu, 17 Juli 2022 | 07:45
dok. instagram/tatajaneetaofficial

Profil dan biodata Brotoseno, suami Tata Janeeta

GridHype.ID - Usai meneuai banyak perbincangan publik, akhirnya Brotoseno dipecat dari Polri.

Sebagai seorang istri, Tata Janeetapun langsung pasang badan membela sang suami.

Sebelumnya Najwa Shihab sempat memberikan sindiran nylekit pada suami Tata Janeeta yang kala itu masih menjabat di kepolisian.

Sebelum dipecat, Brotoseno jadi perbincangan sebab masih menjadi anggota Polri sementara diketahui pernah tersandung kasus korupsi.

AKBP Raden Brotoseno atau AKBP Brotoseno akhirnya dipecat dari kepolisian setelah Polri menggelar Sidang Komisi Kode Etik Polri Peninjauan Kembali (KKEP PK).

AKBP Brotoseno sebelumnya menjadi sorotan karena kembali aktif menjadi anggota Polri setelah menjalani hukuman terkait tindak pidana korupsi.

Setelah menjadi sorotan, terungkap bila selama ini AKBP Brotoseno tidak pernah dipecat dari Polri.

Berdasarkan hasil putusan sidang Komisi Kode Etik Polri (KKEP) bernomor PUT/72/X/2020 pada 13 Oktober 2020 Brotoseno hanya diberi sanksi berupa permintaan maaf dan demosi.

Alasan Brotoseno tidak dipecat saat itu, karena yang bersangkutan dinilai berprestasi oleh atasannya di Polri.

Kemudian, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memutuskan untuk meninjau kembali putusan hasil sidang Kode Etik Profesi Polri (KKEP) terhadap eks napi korupsi AKBP Brotoseno.

Kapolri lantas menunjuk 12 orang menjadi tim peneliti untuk meninjau kembali putusan hasil sidang Kode Etik Profesi Polri (KKEP) terhadap Brotoseno.

Baca Juga: Padahal Sudah di Indonesia Namun Tak Kunjung Bertemu dengan Gen Halilintar, Fuji Pilih Lakukan Hal Ini saat Disinggung soal Keluarga Thariq

Tim tersebut diketuai Inspektur Wilayah V Itwasum Polri Brigjen Hotman Simatupang.

Setelah itu Polri membentuk Komisi Kode Etik Polri Peninjauan Kembali (KKEP PK) berdasarkan Keputusan Kapolri KEP/813/VI/2022 tertanggal 29 Juni 2022.

Sidang KKEP PK dilaksanakan pada Jumat (8/7/2022) pukul 13.30 WIB dan memutuskan AKBP Brotoseno diberhentikan tidak dengan hormat atau PTDH dari anggota Kepolisian.

Nama AKBP Brotoseno menjadi populer setelah dirinya menjadi penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Terlebih nama menjadi sorotan karena menjalin hubungan asmara dengan Angelina Sondakh yang saat itu menjadi saksi kasus korupsi Wisma Atlet.

Kemudian padapada 2011, KPK memulangkan AKBP Brotoseno ke institusi Polri. Perwira menengah tersebut pun ditempatkan di bagian SDM Polri hingga akhir kembali ditempatkan di Bareskrim Polri.

Dilansir dari kompas.com, Brotoseno terjaring dalam operasi tangkap tangan Divisi Profesi dan Pengamanan (Propam) Polri pada 17 November 2016. Saat itu, dia menjabat sebagai Kepala Unit III Subdit III Direktorat Tindak Pidana Korupsi (Dittipikor) Bareskrim Polri.

Dalam penangkapan tersebut, Polri menyita uang senilai Rp 1,9 miliar, dari total yang akan diserahkan Rp 3 miliar. Dugaan awal, Brotoseno melakukan pemerasan pada tersangka kasus dugaan korupsi cetak sawah yang tengah ditangani Bareskrim Polri.

Brotoseno lantas ditetapkan sebagai tersangka pada 18 November 2016. kemudian setelah melalui serangkaian pemeriksaan dan persidangan, pada 14 Juni 2017 Brotoseno dijatuhi vonis 5 tahun penjara oleh majelis hakim Pengadilan Tipikor Jakarta. Dia juga diwajibkan membayar denda Rp 300 juta subsider 3 bulan kurungan, dikutip dari Tribunnews.

Baca Juga: 'Turunkan Egonya Masing-masing' Netizen Serbu Video Sule yang Tampak Peluk Baby Adzam yang Kini Dikabarkan Tengah Jatuh Sakit, Pertanda Bakal Rujuk?

Najwa Shihab Beri Sindiran Nylekit pada Brotoseno

Penyanyi Tata Janeeta akhir-akhir ini jadi sorotan karna postingannya mengenai keluarga kecilnya.

Ternyata unggahan di akun Instagram tersebut diduga membalas unggahan dari Najwa Shihab.

Najwa Shihab beri sindiran mengenai suaminya Tata yang masih aktif di Kesatuan Polri.

Mengingat nama Raden Brotoseno jadi sorotan usai dirinya menyandang status sebagai mantan narapidana korupsi belum lama ini.

Tetapi hal mengejutkan justru jadi sorotan lantaran Raden Brotoseno tidak dipecat dari kesatuan Polri usai disebut dicap sebagai mantan koruptor.

Bahkan lebih menghebohkan lagi, sosok Raden Brotoseno diberitakan hanya diberikan saksi demosi atau pemidahtugasan jabatan.

Dilansir dari Kompas.com, Raden Brotoseno tidak dipecat disebut karena ada pertimbangan kuat di baliknya.

Dikatakan bahwa tak dipecanya Raden Brotoseno lantaran suami Tata Janeeta itu dianggap berprestasi di instansi kepolisian.

Namun demikian, meski menjadi pertanyaan besar bagi publik tetapi tidak dijelaskan dengan terperinci prestasi apa yang telah diraih Brotoseno.

Baca Juga: Akhirnya Kesampaian Bisa Ketemu Idola, Anya Geraldine Pamer Foto Bareng Cipung yang Bergaya Ala Pangeran Arab: Kesukaan Aku

Tribunnews

Brotoseno dipecat dari Polri, Tata Janeeta diminta jangan cerai! Najwa Shihab beri sindiran nylekit mantan Angelina Sondakh

"Adanya pernyataan atasan AKBP R Brotoseno dapat dipertahankan menjadi anggota Polri dengan berbagai pertimbangan prestasi dan perilaku selama berdinas di kepolisian," kata Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo dalam keterangan tertulis, Senin (30/5/2022).

Apa yang terjadi pada Brotoseno tersebut pun langsung jadi sorotan banyak pihak hingga menjadi kontroversi.

Salah satunya seperti yang dilakukan oleh sosok wartawan kawakan, Najwa Shihab baru-baru ini. Melalui akun Instagram pribadinya, @najwashihab, jurnalis sekaligus presenter dengan suara khas itu menuliskan kalimat sindiran menohok.

"Ketika korupsi dianggap prestasi, di situlah aku merasa....(isi sendiri)," tulis Najwa Shihab.

Agaknya kontroversi yang dibuat oleh Brotoseno hingga menjadi sorotan bagi banyak pihak itu membuat Tata Janeeta angkat bicara. Melansir dari GridHot, ketika sang suami tengah kontroversial, Tata Janeeta bak ikut pasang badan.

Lewat unggahan di Instagram story, Tata pelantun 'Penipu Hati' hanya menunjukkan aktivitas Brotoseno yang akan berangkat kerja. Tak hanya itu saja, bahkan nampak pada 9 Mei 2022 lalu, Tata sempat mengunggah foto keluarganya. Di sana terlihat Tata bersama Brotoseno dan 3 anaknya.

Tata menuliskan soal rasa bahagia. Ia juga menyinggung soal cobaan hidup. "Hidup itu bukan hanya tentang bahagia dan tidak bahagia, Tapi, bagaimana kita menjalani kehidupan dengan sebaik-baiknya, apapun yang terjadi."

"Yang namanya cobaan itu akan selalu ada, tapi percayalah cepat atau lambat jika kita sanggup bersabar semua akan indah pada waktunya.

Dikutip tim GridFame.id, Jumat (15/7/2022) dari kolom komentar akun instagram Tata Janetta di unggahan terbarunya, netizen meminta rekan Maia Estianty ini tidak berpisah. "Jangan sampai berpisah ya, selalu melengkapi," tulis salah satu netizen.

Baca Juga: Baru Juga Sah Jadi Pasangan Suami Istri, Via Vallen dan Chevra Yolandi Justru Sudah Berani Bongkar Kebiasaan Buruk Masing-masing, Aib Keduanya Langsung Bikin Syok

"MasyaAllah.. Alhamdulillah," tulis Tata Janeeta.

Melansir dari Tribunnews.com, diketahui awal perkara korupsi yang dilakukan Brotoseno terungkap dalam operasi tangkap tangan Divisi Profesi dan Pengamanan (Propam) Polri pada 17 November 2016.

Saat ia menjabat sebagai Kepala Unit III Subdit III Direktorat Tindak Pidana Korupsi (Dittipikor) Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri.

Pada 14 Juni 2017, Brotoseno dijatuhi vonis lima tahun penjara dan denda Rp300 juta subsider tiga bulan kurungan oleh majelis hakim Pengadilan Tipikor Jakarta, dikutip dari Tribunstyle.

Brotoseno terbukti menerima suap Rp1,9 miliar dan menerima lima tiket pesawat Batik Air kelas bisnis seharga Rp10 juta dalam kasus penyidikan dugaan tindak pidana korupsi cetak sawah di daerah Ketapang, Kalimantan Barat.

Setelah menjalani hukuman selama lebih kurang tiga tahun, Brotoseno mendapatkan bebas bersyarat dari Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham).

Dia dibebaskan pada 15 Februari 2020.

Daftar Kekayaan Brotoseno

Terungkap daftar kekayaan Raden Brotoseno suami Tata Janeeta yang jadi perbincangan publik.

Mantan suami Angelina Sondakh itu disebut memiliki harta yang totalnya lebih dari Rp 1 Miliar, perkiraan jumlah pundi-pundi kekayaan suami Tata Janeeta itu ketika tahun 2020 lalu, dikutip dari Tribunnews.

Kekayaan Brotoseno ini terungkap dalam Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) miliknya pada tahun 2011.

Baca Juga: Heboh Nagita Slavina yang Ditunjuk sebagai CEO Merek Minuman Viral, Warganet Langsung Ngebet Ingin Gabung Jadi Pegawai

Berikut daftar kekayaannya dilansir dari laman KPK via Tribunnews Wiki dalam artikel 'Raden Brotoseno'

1. Brotoseno melaporkan hartanya senilai Rp 724.400.000, harta tersebut berasal dari harta tidak bergerak berupa tanah dan bangunan senilai Rp 525 juta.

2. Brotoseno juga melaporkan hartanya berupa harta bergerak yakni alat transportasi dan mesin lainnya yakni Toyota Fortuner Rp 310.000.000.

3. Kemudian, Brotoseno juga melaporkan hartanya berupa harta bergerak lainnya senilai Rp 21.000.000 dan giro dan setara kas lainnya Rp 130.000.000.

Kini belum diketahui daftar kekayaan pasti Brotoseno mantan Angelina Sondakh di tahun 2022.

Baca Juga: Meski Kini Dapat Sebutan Couple Goals, Nana Mirdad dan Andrew White Bongkar Sempat Alami Ujian Berat di Awal Masa Pernikahan

(*)

Editor : Ruhil Yumna

Sumber : Kompas.com, tribunnews, GridFame.ID

Baca Lainnya