11 Mobil Mewahnya Digondol Rekan Bisnis Kepercayaan, Jessica Iskandar Pilu Uang Rp 10 Miliar untuk Masa Depan Anak Lenyap, Begini Kronologinya

Jumat, 15 Juli 2022 | 14:15
Kompas.com

Jessica Iskandar dan sang suami Vincent Verhaag jadi korban penipuan

GridHype.ID - Ketiban apes, aktris Jessica Iskandar baru saja menjadi korban kasus penipuan dan penggelapan.

Tak main-main, Jessica Iskandar disebut merugi sampai miliaran rupiah gegara kasus penipuan ini.

Usut punya usut, Jessica Iskandar ditipu rekan bisnis kepercayaannya sendiri.

Diberitakan Kompas.com, hal ini bermula saat Jessica Iskandarbekerja sama dengan perusahaan rental mobil di Bali, Triip.id, melalui Komisaris Christoper Steffanus Budianto.

Jessica Iskandar tertarik untuk merentalkan mobil Toyota Alphard miliknya melalui Steffanus untuk disewakan di Triip.id selama satu tahun dengan pembagian keuntungan Rp 66 juta/bulan.

"Steffanus bilang, kalau BPKB serta STNK harus ia simpan. Karena, mobil tersebut akan disewakan ke salah satu aparatur negara. Jadi, status kepemilikannya harus jelas," ungkap Jessica Iskandar dalam jumpa pers di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (14/7/2022).

Setelah beberapa waktu, Jessica Iskandar membeli mobil Mini Cooper.

Steffanus kembali menawarkan agar untuk disewakan di Triip.id dengan pembagian hasil Rp 35 juta/perbulan.

Pemilik nama lahir Yesisca Iskandar itu kembali mempercayakan Steffanus untuk menyimpan BPKB serta STNK mobil Mini Cooper tersebut.

Baca Juga: Perlihatkan Wajah Gemas Sang Buah Hati, Jessica Iskandar dan Vincent Verhaag Ungkap Nama Lengkap dan Artinya

Selang beberapa lama, Steffanus menawarkan Jessica Iskandar untuk membeli mobil dari Triip.id yang digadaikan oleh seseorang.

"Saya tertarik kepada mobil-mobil tersebut sehingga membeli 4 unit Alphard, 2 unit Porsche, dan 1 unit Hummer, dengan perjanjian lewat dari 2 bulan (tidak ditebus), makan kendaraan yang digadaikan akan menjadi milik saya," ujar Jessica Iskandar.

Lagi-lagi, Steffanus kembali menawarkan agar tujuh mobil yang dibelinya tersebut dititipkan di Triip.id untuk disewakan dengan pembagian keuntungan yang berbeda-beda sesuai jenis kendaraan.

Di sisi lain, Jessica Iskandar dan Steffanus patungan untuk membeli 1 unit Mercedes Benz S Class dan 1 unit Land Cruiser.

"(Kata Steffanus) Mobil Mercedes Bens S Class sudah ada penyewa dari Kedutaan Besar Arab untuk kendaraan operasional Duta Besar. (Sedangkan) mobil Land Cruiser sudah ada penyewa dari Corporate selama satu tahun," ungkap Jessica Iskandar tentang alasan ingin patungan dengan Steffanus.

"Kendaraan mewah tersebut, Steffanus bilang, juga akan disewakan oleh aparat serta pejabat negara, serta akan disewakan untuk operasional kendaraan G20 di Bali dengan pembagian keuntungan yang berbeda-beda tiap mobilnya dan hasil kerja sama akan dibayarkan perbulan oleh Steffanus," ucap Jessica Iskandar melanjutkan.

Terlepas dari kerja sama tersebut, Steffanus juga mengiming-imingi untuk membeli 30.000 dolar AS milik Jessica Iskandar dengan harga Rp 15.000 per 1 dolar AS.

Dua bulan setelah pembelian Mercedes Bens S Class, Jessica Iskandar dihubungi oleh dealer mobil tersebut.

"Mereka menanyakan kepada saya, 'apakah benar mobil tersebut dijual kembali?' Saya menjawab bahwa mobil tersebut tidak pernah dijual, melainkan disewakan kepada Steffanus," kata Jessica Iskandar.

Baca Juga: Sekian Lama Sembunyikan Paras Tampan Anaknya, Jessica Iskandar dan Vincent Verhaag Akhirnya Perlihatkan Rupa Putranya

Jessica Iskandar lantas menyadari bahwa kerja sama ini merupakan kedok penipuan setelah ia memeriksa mutasi transferan dari Steffanus kepadanya selepas membeli 30.000 dolar AS.

Kata Jessica Iskandar, rupanya transferan tersebut tidak masuk ke rekeningnya. Termasuk, semua transaksi yang pernah mereka lakukan.

"Hanya ada beberapa diawal-awal saja pada saat mobil Alphard dan Mini Cooper. Selebihnya Steffanus mengirimikan bukti transfer palsu termasuk transfer pembelian pembelian dolar AS," ungkap Jessica Iskandar.

Ibu dua anak itu hingga saat ini tidak mengetahui keberadaan 11 mobil tersebut. Ia hanya tahu bahwa kendaraan mewah tersebut telah Steffanus jual dan pelaku kabur ke Singapura.

MentalJessicaIskandar pun drop saat tahu dirinya jadi korban penipuan yang dilakukan rekan bisnis.

Terlebih lagi, mengutip Tribunnews.com, total kerugian yang ditanggungnya nyaris Rp 10 miliar, tepatnya Rp 9,857 miliar.

"Karena awal masalah ini saya memang down banget dan nangis," kata Jessica Iskandar ketika ditemui di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (14/7/2022).

Diakui wanita yang akrab disapa Jedar itu, aksi penipuan Steven membuatnya merugi dan ia tak punya lagi tabungan untuk anak-anaknya.

"Namanya kehilangan materi berpengaruh kepada kita sebagai keluarga. Ini uang buat masa depan El dan Baby Don," ucapnya.

Baca Juga: Genap Satu Bulan, Jessica Iskandar Akhirnya Perlihatkan Wajah Sang Anak hingga Makna Nama yang Diberikan Vincent Verhaag untuk Buah Hatinya

Wanita berusia 34 tahun tersebut dikuatkan oleh sang suami, Vincent Verhaag. Sebab, kejadian dirinya ditipu setelah ia melahirkan anak keduanya bernama Don Azaiah Jan Verhaag.

"Saya dikuatin sama suami biar bisa fokus memberikan ASI untuk anak saya. Kasihan baby saya kalau saya enggak bisa kasih ASI," ungkapnya.

Jedar tak menyangka Steven menipunya. Sebab, ia sudah menganggap pelaku sebagai teman dan orang kepercayaannya.

"Selama kami di Bali, kami intens ketemu sejak 2020. Engga nyangka aja kejadiannya seperti ini," kataJessicaIskandar.

"Enggak ada curiga sama sekali. Hubungan kita fine aja. Gak ada angin dan hujan tiba tiba ditipu," timpal Vincent Verhaag.

Melalui kuasa hukumnya, Septio Jatmiko Prabowo Putra, Jessica Iskandar pun melaporkan peristiwa tersebut ke Polda Metro Jaya pada 15 Juni 2022.

Laporan tersebut teregistrasi dengan nomor LP/B/2947/VI/2022/SPKT/POLDA METRO JAYA dengan Pasal 378 KUHP dan atau Pasal 372 KUHP.

"Saya sama suami saya sama sama saling menguatkan dan supaya bisa menyelesaikan kasus ini. Saya serahkan semuanya ke aparat hukum kepolisian," ujarJessicaIskandar.

Baca Juga: Padahal Kini Bahagia dengan Pernikahannya, Diam-diam Jessica Iskandar Punya Pengalaman Pahit Mantannya Penyuka Sesama Jenis Usai Lakukan Hal ini

(*)

Editor : Ngesti Sekar Dewi

Sumber : Kompas.com, Tribunnews.com

Baca Lainnya