Jangan Asal! Para Orangtua Wajib Tahu, MPASI yang Tepat Bisa Cegah Stunting pada Anak

Senin, 20 Juni 2022 | 12:45
Pexels

Illustrasi Bubur untuk MPASI

GridHype.ID - Memasuki usia 6 bulan, umumnya bayi sudah mulai mengonsumsi makan pendamping asi.

Namun ada yang harus diperhatikan oleh para orangtua agar anak terhindar dari stunting.

MenurutDokter spesialis anak IPDA dr. Harun Albar, M.Kes, SpA mengungkapkan pentingnya memperhatikan strategi pemberian Makanan Pendamping Air Susu Ibu (MPASI) untuk bayi guna mencegah terjadinya stunting atau gagal tumbuh akibat kekurangan gizi."Orangtua menjadi sosok utama terhadap pemenuhan gizi di 1000 hari pertama kehidupan (HPK) seorang anak guna mencegah stunting.

Pada periode MPASI, para orangtua perlu memperhatikan dengan baik terhadap strategi pemberiannya, dimulai dari faktor tepat waktu, adekuat, aman, dan higienis, serta diberikan secara responsif kepada anak," ucap dokter Harun pada GridHype.ID saat ditemui dalam acara Mothercare.

Selain itu, dokter Harun juga menyebut MPASI bisa dibuat sendiri oleh orangtua di rumah.

Namun tetap harus memperhatikan kandungan makanan yang diolah, tentu harus dapat memenuhi asupan gizi yang dibutuhkan bayi."Orang tua perlu mencermati kandungan makanan yang diolah, seperti kecukupan asupan protein hewani, lemak, mikronutrien, dan pemberian dalam jumlah terbatas untuk bahan makanan yang mengandung serat, gula, dan garam," ujarnya.

Sehingga untuk memastikan kesehatan yang baik dan gizi yang cukup pada 1000 Hari Pertama Kehidupan (1000 HPK) pada seorang anak merupakan peran penting bagi orangtua, Mothercaremendukung periode emas tumbuh kembang seorang anak, salah satunya melalui tersedianya alat pengolah makanan dan rangkaian peralatan makan dariTwistshake.

Baca Juga: Tampil Mesra di Momen Ulang Tahun Ayu Ting Ting, Benarkah Jordi Onsu Berhasil Luluhkan Hati Sang Biduan?

Karena hal ini bisa berdampakkepada kehidupan anak di masa mendatang.

Associate Marketing Manager Mothercare Yohanna Prieda mengatakan, Twistshake dibuat dan dikemas dengan bahan baku yang aman, bebas BPA, dan telah memenuhi semua peraturan keselamatan terkait bahan makanan.

"Yang paling utama, Twistshake ini mengembangkan produk yang simpel, aman. Bentukan dari produk Twistshake ini memang sangat ramah bagi si kecil karena tidak ada sudut-sudut yang tajam, Selain itu, sudah BPA Free dan banyak penghargaan-penghargaan lainnya yang sudah diakui khususnya di internasional," kata Yohanna saat acara peluncuran di Jakarta, Senin.

Yohana juga menyebut rangkaian produk terbaru dari Twistshake itu hadir dengan pilihan warna-warni.

Seperti warna pastel yang cerah dan menggemaskan, agar anak semakin tertarik untuk makan atau minum susu menggunakan dot.Sementara untuk produk pengolahan makanan yakni Twistshake Food Processor, menawarkan keunggulan multi 6 in 1 yang dapat memudahkan para orang tua menyiapkan MPASI bagi sang buah hati, dimulai dari fungsi mengukus memasak daging, buah sayuran, dan lainnya.Kemudian, fungsi mencampur makanan untuk membuat pure atau smoothie, fungsi pemanasan untuk menghangatkan botol susu dan makanan, fungsi sterilisasi untuk mensterilkan botol minum dan dot.Ada juga fungsi menghangatkan yang dapat digunakan untuk menyimpan makanan atau botol agar tetap hangat, serta terdapat descaling system untuk memudahkan ibu saat membersihkan alat sehingga bebas dari kerak.

Bahkan, chef sekaligus ibudari dua balita dan seorang bayi,Devina Hermawanmengatakan, “Memasak menu yang berbeda untuk orang dewasa sudah menjadi keseharian dan bagian dari pekerjaanku, namun memasak atau mempersiapkan menu bagi anak yang baru belajar makan atau di masa MPASI tetap menjadichallengebagi aku.

Memiliki dua anak yang sudah melewati periode pemberian MPASI telah memberikan pengalaman yang berbeda, meskipun berprofesi sebagaichefsekalipun, aku pernah merasakan momen anak menolak masakan buatanku, atau sekadar bingung menentukan menu apalagi yang perlu dibuat agar anak lahap memakannya.

Nah, untuk anak ketigaku yang masih usia bayi ini, senang sekali sekarang ketemu sama produk Twistshake yang menyediakan alat pengolah makanan dan beragam rangkaian alat makan untuk anak. Apalagi setelah mencoba fitur multi 6 in 1 dari baby food processor Twistshake, aku merasa akan terbantu dan dimudahkan sekali saat menyiapkan MPASI nantinya," tutup chef Devina.

Baca Juga: Bukannya Sehat Malah Datangkan Petaka, Mulai Sekarang Orang dengan Kondisi Ini Jangan Lagi Minum Teh yang Dicampur dengan Buah Ini, Efeknya Ngeri Banget

Editor : Nailul Iffah