Inilah Bacaan Doa Pendek Sebelum Keluar Rumah Agar Selamat dan Lancar

Rabu, 29 November 2023 | 10:53
Dok. Otomania

Ilustrasi. Bacaan doa perjalanan jauh sesuai sunnah agar selamat di jalan.

GridHype.ID - Sebelum melakukan aktivitas, umat Muslim dianjurkan selalu mengingat Allah SWT agar selalu dilimpahi keberkahan.

Begitu juga saat hendak keluar rumah sejak pagi hari, kita juga dianjurkan untuk berdoa sesuai ajaran Rasulullah.

Dengan doa dan zikir keluar rumah kita menjadi lebih dekat dengan Allah, sehingga diberi pengawasan-Nya dan perlindungan-Nya.

Insyaallah, kita bisa terhindar dari keburukan, kejahatan, mau pun musibah ketika sudah di luar rumah.

Tidak hanya terhindar dari kejahatann manusia yang ingin mencelakai, namun juga dihindarkan oleh Allah dari was-was dan gangguan setan.

Dengan berdzikir dan membaca doa keluar rumah, insyaalllah, setiap langkah kita akan dijaga malaikat para utusan Allah.

Doa keluar rumah ini juga disebutkan dalam salah satu hadist Rasulullah SAW :

"Jika seseorang keluar rumah, lalu dia mengucapkan “Bismillahi tawakkaltu ‘alallah, laa hawla wa laa quwwata illa billah” (Dengan nama Allah, aku bertawakal kepada Allah, tidak ada daya dan kekuatan kecuali dengan-Nya), maka dikatakan ketika itu: Engkau akan diberi petunjuk, dicukupkan dan dijaga. Setan pun akan menyingkir darinya.

Baca Juga: Inilah Bacaan Doa Nabi Daud AS Agar Dimudahkan Dalam Segala Urusan

Setan yang lain akan mengatakan: Bagaimana mungkin engkau bisa mengganggu seseorang yang telah mendapatkan petunjuk, kecukupan dan penjagaan? (HR. Abu Daud dan Tirmidzi), Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih).

Doa Pendek Sebelum Keluar Rumah

Syeikh Ali Jaber bahkan mengatakan, ada satu doa yang penting untuk dihapalkan, lalu diamalkan setiap keluar rumah. Katanya baca lahh doa berikut :

بِسْمِ اللهِ

"Bismillahi".

Artinya: "Dengan nama Allah".

تَوَكَّلْتُ عَلَى اللهِ

"Tawakkaltu ’Alallahi".

Artinya: "Aku bertawakkal kepada Allah".

لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللهِ

"La Haula wa Laa Quwwata Illaa Billahi".

Artinya: "Tiada daya dan kekuatan kecuali dengan Allah".

"Membaca doa ini mendapat lima keutamaan, pertama mendapat petunjuk Allah, kedua akan diberi perlindungan dari segala bahaya, ketiga diberi keselamatan, keempat diberi kecukupan dicukupkan rezeki, terakhir setan tidak akan berani mendekat apalagi menggoda kita. Tolong ajari pada anak-anak kita," kata Syekh Ali Jaber di kanal Youtube KZ0983.

"Doa keluar rumah termasuk Ayat Kursi, ayat yang agung di Alquran, Rasulullah pernah mengatakan ada jaminan masuk surga yang membaca Ayat Kursi," kata Syekh Ali Jaber.

Zikir lain yang bisa dibaca secara rutin setiap kali keluar rumah. Bacaan ini juga pernah dilakukan Rasulullah.

Hadist ini disampaikan Dari Ummu Salamah : bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam tidaklah keluar dari rumahku kecuali beliau menghadapkan pandangannya ke langit, lalu beliau membaca dzikir :

"Allahumma inni a’udzu bika an adhilla aw udhilla, aw azilla aw uzalla, aw azhlima aw uzhlama, aw ajhala aw yujhala ‘alayya."

Artinya : Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kesesatan diriku atau disesatkan orang lain, dari ketergelinciran diriku atau digelincirkan orang lain, dari menzholimi diriku atau dizholimi orang lain, dari kebodohan diriku atau dijahilin orang lain]” (HR. Abu Daud dan Ibnu Majah. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih)

Baca Juga: Doa Harian, Inilah Bacaan Ayat Kursi Lengkap dengan 10 Keutamaan Mengamalkannya

(*)

Editor : optimization

Sumber : Tribun-Medan.com

Baca Lainnya