Jenazah Emmeril Kahn Mumtadz Akhirnya Ditemukan Setelah 14 Hari Pencarian di Sungai Aare, Keluarga Ridwan Kamil Ucapkan Terima Kasih

Jumat, 10 Juni 2022 | 05:00
Instagram @ataliapr

Keluarga Ridwan Kamil

GridHype.ID -Setelah 14 hari, pencariananak Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz atau Erilmembuahkan hasil.

Jenazah Eril, yang hanyut di sungai Aare, Bern, Swiss akhirnya telah ditemukan.

Atas kabar tersebut, mengutip dari Kompas.com, keluarga Ridwan Kamil menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah membantu pencarian.

"Kami ingin mengucapkan terima kasih banyak kepada Kepolisian Bern, Kepolisian Maritim Bern, Pemerintahan Kota Bern, Pemerintahan Federal Swiss," ujar perwakilan keluarga Ridwan Kamil, Elpi Nazmuzzaman, dalam jumpa pers virtual, Kamis (9/6/2022).

Elpi mengatakan, pihak keluarga juga menyampaikan terima kasih kepada Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Bern.

Menurutnya, KBRI Bern tidak berhenti melakukan fungsi perlindungan warga negara Indonesia (WNI) selama proses pencarian Eril.

Elpi menyebut KBRI Bern melakukan beyond of all duty, sehingga tidak sekadar melakukan fungsinya sebagai KBRI.

"Sehingga kami merasa tidak sendirian, dan negara hadir melindungi WNI di manapun," ucapnya.

Sementara itu, Elpi menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang namanya tidak bisa disebutkan satu per satu.

Baca Juga: Jenazah Emmeril Kahn Mumtadz Akhirnya Ditemukan di Bendungan Engehalde, Ridwan Kamil Ajukan Cuti 10 Hari untuk Kembali ke Swiss

Di antaranya seperti rekan-rekan Ridwan Kamil, kerabat yang ada di Jerman, hingga pihak sekolah Eril di Swiss.

"Dan tak lupa kami ucapkan kepada Kemlu atas arahannya sehingga kami bisa sampai ke momen ini," imbuh Elpi.

Jenazah Eril Ditemukan di Bendungan Engehalde

Melansir dari Tribunnews.com, jenazah anak Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril (23) yang hilang di Sungai Aare, Swiss ditemukan, Rabu (8/6/2022) pukul 06.50 waktu setempat.

Jenazah Eril ditemukan di Bendungan Engehalde di Bern.

Keterangan tersebut berdasarkan rilis yang diterbitkan Polisi Bern di situs web mereka pada Kamis (9/6/2022.

Disebutkan bahwa pada Rabu pagi waktu setempat, polisi wilayah Bern mendapat laporan temuan tubuh seorang pria berada di air Bendungan Engehalde di Bern.

Spesialis dari polisi air Bern mendapati tubuh pria itu di cekungan luapan bendung dan kemudian menyelamatkannya.

Dipastikan bahwa pria itu sudah tak bernyawa.

Baca Juga: Anak Angkat Ridwan Kamil Mendadak Jadi Sorotan Usai Kepergian Eril, Ternyata Begini Fakta dari Orang Tua Kandung Arkana Aidan Misbach

Dari pemeriksaan forensik yang dilakukan, diketahui bahwa korban meninggal adalah warga negara Indonesia (WNI) yang hilang di Sungai Aare sejak Kamis (26/5/2022).

Pria berusia 22 tahun itu pergi berenang di sungai dan mengalami keadaan darurat.

Dia tenggelam akibat kecelakaan ini.

Disampaikan juga, sejak pria itu hilang, tindakan pencarian intensif telah dilakukan.

Banyak layanan darurat mencarinya dari darat dan air.

Alat drone, perahu, penyelam, dan anjing polisi turut digunakan dalam pencarian.

Semua penyelidikan sekarang selesai.

Saat dihubungi Krisna Diantha Akassa, kontributor Kompas.com di Swiss pada Kamis, Polisi Bern membenarkan rilis tersebut dan jenazah yang ditemukan adalah Eril, anak Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Barat, Indonesia.

Gubernur Ridwan Kamil Terbang ke Swiss Hari Ini

Baca Juga: Ridwan Kamil Jalan Kaki Susuri Sungai demi Berjumpa dengan Eril, Terkuak Doa yang Selalu Dipanjatkan Sang Gubernur, Bukan Minta Dimudahkan Melainkan ini

Ridwan Kamil terbang ke Swiss hari ini, Kamis (9/6/2022) terkait dengan perkembangan pencarian putra sulungnya, Emmeril Kahn Mumtadz yang hilang di Sungai Aare, Kota Bern, Swiss, 26 Mei 2022.

Kepala Biro Administrasi Pimpinan pada Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Barat, Wahyu Mijaya, mengatakan pemerintah provinsi Jawa Barat sudah berinisiatif kembali untuk menyampaikan permohonan izin keluar negeri dengan alasan penting bagi Ridwan Kamil.

"Alhamdulillah itu sudah mendapatkan persetujuan dari Kementerian Dalam Negeri mulai tanggal 9 sampai dengan 19 Juni 2022," katanya di Gedung Pakuan, Kamis (9/6/22).

Ia mengatakan kemudian untuk memastikan jalannya pemerintahan, Wakil Gubernur Jabar Uu Ruzhanul Ulum dipastikan kembalu menjabat sebagai Pelaksana Tugas Harian Gubernur sampai kembalinya Gubernur ke Tanah Air.

"Sementara Pak Gubernur sendiri sudah berangkat ke Swiss hari ini atas permintaan dari keluarga yang sudah terlebih dahulu ada di sana," katanya.

Ia mengatakan Gubernur berangkat ke Swiss hanya berdua dengan asistennya, tidak membawa rombongan.

Kemudian terkait dengan kepastian lebih lanjut pencarian Emmeril atau Eril, pihaknya masih menunggu informasi lebih lanjut dari KBRI di Bern.

"Yang insya Allah jika sudah ada perkembangan lebih lanjut akan memberikan informasi, berbagai informasi terkait dengan perkembangan yang ada di sana," tururnya.

Pihaknya berharap dukungan dan doa dari seluruh lapisan masyarakat atas kebaikan dalam proses pencarian Eril ini dan berharap media dan masyarakat mendapatkan informasi terbaru.

"Terima kasih atas simpati dan empati dari rekan-rekan media dan juga doa dari seluruh masyarakat, hatur nuhun," katanya.

Baca Juga: Arkana Aidan Misbach Jadi Sorotan Pasca Kepergian Emmeril Kahn Mumtadz, Postingan Lama Eril Terkait Adik Angkatnya Terkuak

(*)

Editor : Helna Estalansa

Sumber : Kompas.com, Tribunnews.com

Baca Lainnya