Bukannya Menyehatkan, Makan Pisang dengan Cara ini Justru Bisa Datangkan Malapetaka, Ketahui 6 Efek Sampingnya untuk Tubuh

Rabu, 08 Juni 2022 | 08:30
freepik

makan 1 pisang bisa berikan khasiat bebaskan tubuh dari asam lambung

GridHype.id- Pisang merupakan salah satu jenis buah tropis yang banyak ditemukan di Indonesia.

Setiap daerah di Indonesia bahkan hampir memiliki jenis pisang yang berbeda-beda.

Selain rasanya yang enak, pisang juga memiliki kandungan nutrisi di dalamnya seperti karbohidrat, protein, mangan, vitamin A, vitamin B,vitamin C, serat, kalium, hinggamagnesium.

Tak heran jika pisang kerap dikonsumsi sebagai makanan pendamping.

Namun pentinguntuk diketahui, meski pisang mengandung banyak nutrisi baik untuk kesehatan tubuh, pisang juga bisa menjadi bumerang loh.

Masalah akan muncul ketika kita banyak berlebihan dalam mengkonsumsi buah pisang.

Dilansir dari eatthis, berikut ini yang akan terjadi atau efek samping jika mengonsumsi buah pisang berlebihan.

1. Mengalami kerusakan gigi

Ketika Anda menikmati buah-buahan manis, Anda dapat dengan mudah mempertaruhkan kesehatan gigi Anda.

Baca Juga: Sebelum Tidur Coba Sempatkan Minum Jus Pisang, Ternyata Simpan Khasiat Luar Biasa, Bikin Sujud Syukur Bisa BebasBiaya Dokter

Menurut Orlando Sentinel, penelitian telah menunjukkan bahwa pisang dapat menyebabkan lebih banyak kerusakan pada gigi Anda daripada cokelat dan permen karet manis.

Bayangkan kerusakan yang dapat ditimbulkan oleh makan pisang secara berlebihan pada mulut Anda!

2. Menambah berat badan

Anda mungkin percaya bahwa kandungan serat pisang dapat membantu Anda tetap kenyang dan menurunkan berat badan.

Tetapi jika Anda makan buah-buahan ini secara berlebihan, ucapkan selamat tinggal pada tujuan penurunan berat badan.

Menurut Penn Medicine, pisang dikemas dengan sejumlah besar karbohidrat dan kalori, dan jika dimakan dalam jumlah sedang, berpotensi membantu Anda menurunkan berat badan.

Ketika dimakan secara berlebihan, kebalikannya tidak bisa lebih benar.

Menurut Klinik Cleveland, jumlah gula yang lebih tinggi yang ditemukan dalam pisang mendorong penambahan berat badan.

Untuk diet pelangsingan, jangan terlalu banyak makan pisang untuk menjaga tujuan penurunan berat badan Anda.

Baca Juga: Kerap Dijadikan Pengusir Tikus, Pisang Nyatanya Ditakuti Tikus Jantan Lantaran Hal Ini

3. Peningkatan kadar gula darah

Sementarapengidap diabetes dapat makan pisang sesekali, makan terlalu banyak dapat menimbulkan beberapa masalah kesehatan yang serius.

Menurut University of Sydney, indeks glikemik (GI) pisang yang terlalu matang berada di angka 62, mendorongnya ke posisi GI sedang.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan melalui U.S. National Library of Medicine, siapa pun yang ingin menjaga gula darahnya harus menjauhi makanan dan minuman dalam jumlah besar yang termasuk dalam tingkat GI sedang atau tinggi.

Gula darah tinggi pada kita yang tidak dapat mengatur kadar insulin dengan baik dapat menyebabkan koma diabetes dan bahkan kematian, membuat buah ini menjadi pilihan yang sangat mematikan untuk dimakan berlebihan.

Jika Anda suka makan pisang tetapi perlu menjaga kadar gula darah Anda tetap konsisten, pastikan untuk mengonsumsinya dengan mudah, atau setidaknya beralih ke pisang yang lebih bertepung dan kurang matang yang memiliki tingkat GI rendah.

4. Menyebabkan hiperkalemia

Setiap orang telah mendengar bahwa pisang menyediakan sumber potasium yang baik, tetapi bahkan nutrisi yang besar dalam jumlah yang salah dapat menyebabkan kerusakan.

Jika Anda sangat suka makan pisang, Anda dapat mengalami hiperkalemia, suatu kondisi yang merusak fungsi sel saraf dan otot, yang membuat Anda harus dirawat di rumah sakit.

Baca Juga: Gigi Putih Cemerlang Bikin Makin Percaya Diri, Siapa Sangka Kuncinya Cuma Pakai Wortel dan Kulit Pisang, Begini Caranya

Menurut USDA, buah ini memiliki 358 miligram potasium, dan menurut Cleveland Clinic, siapa pun yang melakukan diet tinggi potasium dapat menjadi mangsa efek samping ini.

Untuk menjaga kesehatan Anda tetap aman, batasi konsumsi pisang Anda, atau Anda mungkin menghadapi beberapa masalah serius terkait potasium.

5. Menyebabkanmigrain

Tidak ada yang bisa menggagalkan hari yang sempurna dan produktif seperti rasa sakit yang tiba-tiba berlipat ganda karena migrain yang menyerang secara tiba-tiba.

Ilmu pengetahuan telah membuktikan bahwa bahan kimia dan nutrisi tertentu dapat memicu kondisi medis ini.

Sayangnya, pisang membawa salah satu senyawa berbahaya ini.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan melalui Perpustakaan Kedokteran Nasional AS, tyramine kimia telah terbukti mempengaruhi cara migrain berkembang, dan sayangnya, pisang mengandung banyak bahan kimia ini.

Jadi jangan mengambil risiko melumpuhkan diri Anda dengan rasa sakit migrain jika Anda dapat menghindarinya dan membatasi konsumsi pisang Anda untuk menghindari rasa sakit yang tidak perlu.

6. Menyebabkan sembelit

Baca Juga: Kerap Jadi Andalan di Pagi Hari, Makan Pisang Saat Perut Kosong Ternyata Bukan Ide Bagus, Lakukan Cara Ini agar Tak Rasakan Efek Sampingnya

Menurut Universitas Makerere, pisang memiliki sejumlah besar asam tanat yang tersimpan di dalam setiap porsinya.

Meskipun bahan kimia ini tidak akan banyak membantu dalam dosis kecil, siapa pun yang suka makan beberapa pisang sekaligus mungkin menemukan efek samping yang berbahaya menunggu mereka.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Microbial Ecology in Health and Disease, kadar asam tanat yang tinggi dapat menyebabkan beberapa sembelit yang serius.

Sementara setiap orang mungkin pernah mengalami sembelit dalam beberapa bentuk, sembelit kronis dapat menyebabkan kerusakan parah pada saluran pencernaan kita dan dapat memerlukan perjalanan ke dokter.

Baca Juga: Gak Perlu Lagi Buang Uang untuk Beli Skincare Mahal, Flek Hitam di Wajah Dijamin Langsung Lenyap Cuma Pakai Pisang, Begini Caranya

(*)

Editor : Ngesti Sekar Dewi

Baca Lainnya