Jelang Minggu-minggu Terakhir Bulan Ramadan, Simak 10 Doa Mustajab yang Bisa Diamalkan Ketika Malam Lailatul Qadar

Jumat, 22 April 2022 | 05:00
freepik.com

Ilustrasi berdoa. Berikut bacaan doa Qunut Subuh, Qunut Nazilah, dan Qunut Witir

GridHype.ID - Ramadan sudah hampir memasuki satu minggu akhir.

Hari-hari terakhir menjelang berakhirnya bulan Ramadan harus dimanfaatkan sebaik mungkin.

10 hari terakhir bulan Ramadan 1443 Hijriah ini menjadi spesial lantaran akan datangnya malam Lailatul Qadar.

Tak sedikit orang yang mencari tanda-tanda malam Lailatul Qadar.

Waktu istimewa ini dijelaskan Allah terjadi saat Bulan Ramadhan, dan memiliki keutamaan lebih baik dari 1000 bulan.

Artinya amalan di bulan itu menjadi bernilai lebih dan spesial.

Lantas bagaimana kumpulan doa yang dapat diamalkan, dan apa saja keutamaannya?

Walaupun ada banyak perbedaan pandangan dan pendapat dari para ulama, tentunya kita harus menjadikan kesempatan Lailatul Qadar ini sebagai momen untuk terus menjadi lebih baik dan memberikan yang terbaik dalam ibadah kita kepada Allah SWT.

Tentunya, Lailatul Qadar tidak sembarang orang bisa mendapatkan makna dan hikmahnya.

Hanya orang-orang yang mampu berpikir, merenungi keadaan, merenungi dirinya, mengevaluasi dirinya dan juga mendapatkan kesadaran yang tinggi yang bisa mendapatkannya.

Untuk itu, ketika malam Lailatul Qadar hadir, disarankan untuk terus berdoa, beribadah, itikaf, merenungi alam semesta, mengevaluasi diri, agar bisa menangkap tanda-tanda kekuasaan Allah lebih banyak.

Baca Juga: Jodoh Memang Menjadi Misteri Illahi, Simak Doa yang Bisa Dilantunkan Agar Segera Didekatkan Calon Pasangan Hidup

Malam Lailtaul Qadar juga disebut-sebut malam yang paling mustajab untuk berdoa.

Umat Muslim merayakan malam Lailatul Qadar karena menurut kepercayaan Islam, malam tersebut adalah saat kitab suci Al-Qur'an pertama kali diturunkan ke dunia.

Lailatul Qadar terjadi ketika Quran pertama kali diturunkan dari surga kepada Nabi Muhammad SWT melalui malaikat Jibril.

Umat Muslim percaya bahwa malam Lailatul Qadar tidak seperti malam lainnya.

Pahala yang dapat diperoleh seseorang pada malam tersebut tidak dapat disamakan dengan yang akan Anda dapatkan sepanjang hidup Anda.

Dalam Al-Qur'an juga disebutkan bahwa malam suci Lailatul Qadar lebih baik dari seribu bulan, yang berarti bahwa beribadah kepada Allah SWT pada malam tersebut memberi Anda pahala seumur hidup.

Diriwayatkan, Siti Aisyah pernah bertanya kepada Nabi Muhammad SAW apa yang harus dia katakan atau doa apa yang harus dipanjatkan jika bertemu malam Lailatur Qadar. Rasulullah menjawab, bacaan doa malam Lailatul Qadar yakni:

Allahumma innaka ‘afuwwun tuhibbul ‘afwa fa’fu ‘anni’

Artinya: "Ya Allah, sesungguhnya Engkau Dzat Yang Maha Pemaaf dan Pemurah maka maafkanlah diriku."

Salam Al-Farisi pun meriwayatkan bahwa Rasulullah Muhammad SAW pernah berkata:

"Wahai manusia! Ketika bulan agung, bulan berkah (Ramadan) datang kepadamu, lakukan banyak dari empat tindakan ini di dalamnya.

Dua tindakan yang dengannya kamu akan menyenangkan Tuhanmu dan dua tindakan yang tidak dapat kamu lakukan tanpanya.

Baca Juga: Jadi Waktu Mustajab Allah SWT Kabulkan Segala Permintaan, Simak Bacaan Doa Ketika Hujan Turun dan Setelah Hujan

Adapun dua yang tolong Tuhanmu, mereka adalah kesaksian bahwa tidak ada Tuhan selain Allah dan mencari pengampunan-Nya.

Adapun dua tindakan yang tidak dapat dilakukan tanpa, Anda harus mencari surga dari Tuhan Anda dan mencari perlindungan dari api neraka."

Berdasarkan hadits di atas, selain bacaan doa malam Lailatul Qadar setiap hamba dapat melafalkan zikir ini berulang kali selama bulan Ramadan:

Ash-hadu an laa ilaha illaAllah, astaghfiruAllah, nas-alu-ka-al-jannata, wa na-u'zubika mi-nan-nar (x3)

Artinya: Saya bersaksi bahwa tidak ada tuhan selain Allah dan aku mencari pengampunan dari Allah.

Kami meminta surga bagi Anda dan mencari perlindungan Anda dari api neraka.

Allahum-ma in-naka 'a-fuw-wun tu-hib-bul-'af-wa fa' fu 'an-naa (x3)

Artinya: Ya Allah, Engkau Pengampun dan pengampun kasih, jadi maafkan aku.

Baca juga: Tanda-tanda Datangnya Malam Lailatul Qadar Ramadhan 2021, Ini Penjelasan dan Doa yang Diamalkan

Selain doa di atas, berikut beberapa doa yang bisa dipanjatkan saat malam Lailatu Qadar yang dikutip dari berbagai sumber:

1. Doa Meminta Keturunan yang Taat dan Baik

“Ya Tuhan, terimalah amal kami. Sungguh Engkau Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui. Ya Tuhan, jadikanlah kami berdua orang yang tunduk patuh kepada-Mu, dan jadikanlah pula anak turunan kami umat yang tunduk patuh kepada-Mu. Tunjukkanlah kepada kami cara-cara dan tempat-tempat ibadah haji kami, serta terimalah taubat kami. Sungguh Engkau Maha Penerima taubat lagi Maha Penyayang” (QS : Al Baqarah : 127 -128)

Baca Juga: Tak Ada Angin dan Hujan, Kiki Farrel Telan Pil Pahit Curhat Kondisi Ibundanya yang Kembali Drop : Saat ini Kondisi Mama Sangat Buruk Sekali

2. Doa Memohon Ampun dan Pertolongan

“Ya Tuhan, janganlah Engka siksa kami karena lupa atau bersalah. Ya Tuhan, janganlah Engkau bebankan kepada kami beban yang berat sebagaimana telah Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami.

Ya Tuhan, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tidak sanggup kami memikulnya. Beri maaflah kami, ampunilah kamj, dan rahmatilah kami. Engkaulah Penolong kami, maka tolonglah kami dalam mengalahkan orang-orang kafir” (QS : Al Baqarah : 286)

3. Doa Meminta Rahmat Allah

“Ya Tuhan, kami telah menganiaya diri kami sendiri, dan jika Engkau tidak mengampuni kami serta memberi rahmat kepada kami, niscaya kami termasuk orang-orang yang merugi.” (QS : Al A’raf : 23)

4. Doa Meminta Keadilan

“Ya Tuhan, berilah keputusan antara kami dan kaum kami dengan haq (adil). Engkaulah Pemberi keputusan yang sebaik-baiknya” (QS : Al A’raf : 89)

5. Doa Meminta Jalan yang Benar

“Ya Tuhan kami, kami telah beriman kepada apa yang telah Engkau turunkan dan telah kami ikuti rasul, karena itu masukanlah kami ke dalam golongan orang-orang yang menjadi saksi (tentang keesaan Allah)” (QS : Ali Imran : 53)

6. Doa Meminta Keteguhan Iman

“Ya Tuhanku, masukkanlah aku secara masuk yang benar, dan keluarkanlah pula aku secara keluar yang benar. Dan berikanlah kepadaku dari sisi-Mu kekuasaan (pemimpin) yang menolong.” (QS : Al Isra : 80)

7. Doa Meminta Kemudahan Urusan

“Ya Tuhan, lapangkanlah dadaku, mudahkanlah segala urusanku, dan lepaskanlah kekakuan lidahku, agar mereka mengerti perkataanku.” (QS : Thaha : 27)

8. Doa Meminta Petunjuk

“Ya Tuhan kami, berikanlah rahmat kepada kami dari sisi-Mu dan sempurnakanlah bagi kami petunjuk yang lurus dalam urusan kami ini” (QS : Al Kahfi : 10)

Artikel ini telah tayang di TribunStyle.com dengan judul Kumpulan Doa Mustajab Dibaca Saat Malam Lailatul Qadar, Diamalkan 10 Hari Terakhir Ramadhan 2022

(*)

Editor : Nabila Nurul Chasanati

Sumber : Tribunstyle

Baca Lainnya