Yuk Ngabuburit Asyik dengan Cara Daur Ulang Sampah Kosmetik, Caranya Gampang Banget!

Selasa, 05 April 2022 | 16:45
Kompas

Ilustrasi kosmetik

GridHype.ID - Belum lama ini Blibli membuktikan komitmennya dalam melestarikan lingkungan melalui upaya daur ulang sampah yang ditunjukkan dalam partisipasinya di Surabaya x Beauty.

Upaya tersebut merupakan bagian dari komitmen Blibli untuk mendukung Indonesia menuju Net Zero Emission.

Dalam gelaran yang diadakan selama tiga hari pada akhir Maret lalu di Grand City Convention Surabaya itu, Blibli sebagai official e-commerce partner berhasil mengumpulkan lebih dari 12.000 kemasan produk kecantikan.

Adapun 5.000 kardus kemasan produk kecantikan yang dikumpulkan dari ribuan orang yang mengunjungi instalasi Blibli Cinta Bumi.

Di acara tersebut, Blibli Cinta Bumi menghadirkan tiga lokasi dropbox, di mana pengunjung dapat menaruh kemasan kosong kosmetiknya.

Setiap orang yang menaruh kemasan bekas akan mendapatkan insentif berupa token untuk bermain games menarik dengan hadiah berupa produk dan alat kecantikan.

Nantinya, sampah kosmetik yang telah dikumpulkan akan diolah kembali menjadi barang baru bersama mitra-mitra Blibli yang turut melibatkan komunitas perempuan, difabel, dan pengungsi.

Lewat program tersebut, Blibli berupaya untuk meningkatkan kesadaran konsumen akan isu lingkungan dari penggunaan produk kecantikan dengan mendaur ulang sampahnya.

VP Public Relations Blibli, Yolanda Nainggolan, mengatakan keberhasilan ini menjadi motivasi bagi Blibli untuk terus memperluas dampak positif.

Baca Juga: Bongkar Kriteria Aspri Pilihan Hotman Paris, Sosok Ini Sebut Sang Pengacara Kondang Suka Lihat yang Seger-seger

“Blibli mengucapkan terima kasih atas antusiasme yang luar biasa dari pengunjung, dan ini menjadi motivasi lebih bagi Blibli untuk terus memperluas dampak positif dari kampanye Blibli Cinta Bumi,” ujarnya.

Kehadiran Blibli Cinta Bumi di Surabaya x Beauty merupakan wujud komitmen Blibli dalam menerapkan konsep Environmental, Social, Governance (ESG) di setiap kebijakannya.

Hal tersebut juga sejalan dengan prinsip Blibli sebagai e-commerce dengan bisnis berkelanjutan yang telah menerapkan prinsip ESG di berbagai kegiatannya.

Tak hanya dalam mendaur ulang sampah kosmetik, namun juga penanaman pohon, waste upcycling, pembangunan tank tadah hujan, dan lainnya.

Penerapan konsep ESG sendiri merupakan hal penting yang dapat memastikan kegiatan bisnis perusahaan dapat memberikan dampak positif terhadap pemberdayaan dari aspek-aspek yang termasuk di dalam ESG.

Diinisiasi pada tahun 2020 lalu, Blibli Cinta Bumi menjadikan daur ulang sampah, terutama sampah kardus dan plastik, sebagai fokus utamanya.

Hal ini berlatar belakang dari Indonesia sebagai negara dengan produksi sampah plastik yang besar.

Berdasarkan data Lembaga Kajian Ekologi dan Konservasi Lahan Basah (Ecoton) pada tahun 2021, Indonesia menghasilkan sekitar delapan juta ton sampah plastik setiap tahunnya, tetapi hanya tiga juta ton di antaranya yang dapat diolah.

Saat ini, Blibli Cinta Bumi memiliki Blibli Cinta Bumi Collection Boxes yang berada di berbagai lokasi di Jabodetabek untuk mengumpulkan sampah kardus dan plastik.

Baca Juga: Jadwal Imsakiyah dan Buka Puasa Hari ke-5 Ramadhan 1443 H untuk Wilayah Kota Yogyakarta

Dok. Blibli

Daur ulang Sampah

Program ini juga mendorong pelanggan dan karyawan untuk mengumpulkan kardus serta plastik melalui kurir BES sebagai agen pengumpul sampah saat mengantar produk.

Sampah yang terkumpul akan didaur ulang untuk menjadi filler material pengganti bubble wrap untuk membungkus produk yang dibeli oleh Blibli.

Sementara itu, aksi Blibli dalam menginspirasi para beauty enthusiast lewat Blibli Cinta Bumi akan terus dilanjutkan, salah satunya dengan hadir di acara Jakarta x Beauty yang akan digelar pada Juli 2022.

“Blibli akan terus mengembangkan Blibli Cinta Bumi melalui sinergi bersama lebih banyak mitra yang memiliki kebersamaan visi akan kepedulian lingkungan untuk memperluas dampak positif dari kampanye ini bagi Indonesia,” tutup Yolanda. (*)

Editor : Nailul Iffah