Ini Bacaan Doa Setelah Sholat Agar Memohon Rezeki dan Keberuntungan

Selasa, 16 Januari 2024 | 11:27
Freepik

Ilustrasi hujan uang.

GridHype.ID - Satu sifat naluriah yang dimiliki setiap manusia adalah perasaan yang tidak pernah puas.

Ya, setiaporang selalu merasakan kekurangan, bahkan atas apa yang sudah didapatkan selama ini.

Hal tersebut membuatbanyakorang sering lupa jika kondisi mereka sebetulnya lebih baik dibandingkan orang lain.

Di sinilah pentingnya mengendalikan diri agar kita senantiasa bersyukur dan tidak terus terasa kekurangan dalam hidup.

Maka dari itu, selain bekerja keras, kita juga dianjurkan untuk berdoa agar bisa dibukakan pintu rezeki dari segala penjuru dan arah.

Berikut ini doa yang dianjurkan untuk membacanya, yang dikutip bangkapos.com dari berbagai sumber :

#1. Surat Al Maidah 114

اَللَّهُمَّ رَبَّنَا أَنْزِلْ عَلَيْنَا مَائِدَةً مِنَ السَّمَاءِ تَكُوْنُ لَنَا عِيْدًا لِأَوَّلِنَا وَءَاخِرِنَا وَءَايَةً مِنْكَ وَارْزُقْنَا وَأَنْتَ خَيْرُ الرَّازِقِينَ

"Allaahumma rabbanaa anzil ‘alainaa maaidatan minas samaai takuunu lanaa ‘idan liawwalinaa wa aakhirinaa wa ayatan minka warzuqna wa anta khairur raaziqiina".

Artinya: "Ya Allah Tuhan kami, turunkanlah kepada kami suatu hidangan dari langit yang pada hari turunnya hidangan itu akan menjadi hari raya bagi kami, bagi orangorang yang bersama kami dan yang datang sesudah kami, serta menjadi tanda bagi kekuasaan-Mu. Berilah kami rizki, dan Engkaulah Pemberi rizki yang paling utama." (QS. al-Maidah ayat 114).

Baca Juga: Baca Doa Nabi Isa AS di Pagi Hari, Rezeki Akan Lancar dan Berkah

#2 Surat At-Talaq ayat 3

وَيَرْزُقْهُ مِنْ حَيْثُ لَا يَحْتَسِبُ ۚ وَمَنْ يَتَوَكَّلْ عَلَى اللَّهِ فَهُوَ حَسْبُهُ ۚ إِنَّ اللَّهَ بَالِغُ أَمْرِهِ ۚ قَدْ جَعَلَ اللَّهُ لِكُلِّ شَيْءٍ قَدْرًا

"Wayarzuqhu min haitsu laa yahtasibu waman yatawakkal ‘alallahi fahuwa hasbuhu innallaha baalighu amrihi qad ja’alalahu likulli syai-in qadran".

Artinya: “Dan memberinya rezeki dari arah yang tiada disangka-sangkanya. Dan barangsiapa yang bertawakkal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan yang (dikehendaki)Nya. Sesungguhnya Allah telah mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu.” (QS. at-Talaq ayat 3)

Sementara mengutip buku elektronik Kumpulan Doa Sehari-hari, Kemenag jatim, berikut bacaan doa untuk mendapatkan rizqi yang halal.

اَللَّهُمَّ يَاغَنِيُّ يَاحمِيْدُ يَامُبْدِئُ يَامُعِيْدُ يَارَحِيْمُ يَاوَدُوْدُ اَغْنِنِى بِحَلاَلِكَ عَنْ حَرَامِكَ وَاكْفِنِى بِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِوَاكَ وَصَلَّى اللهُ عَلَى مُحَمَّدٍ وَاَلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ

"Allahumma Ya Ghaniyyu Ya Hamidu Ya Mubdiu Ya Mu’idu Ya Rahimu Ya Wadudu aghnini bihalalika ‘an haramika wakfini bifadhlika ‘amman siwaka wa shallallahu ‘ala Muhammadin wa alihi wa shohbihi wa sallama."

Artinya: "Wahai Allah, wahai Dzat Yang Maha Kaya, wahai Dzat Yang Maha Terpuji, wahai Dzat Yang memulai, wahai Dzat Yang Mengembalikan, wahai Dzat Yang Maha Penyayang, wahai Dzat Yang Maha Mencintai. Cukupilah kami dengan kehalalan-Mu dari keharaman-Mu. Cukupilah kami dengan anugerah-Mu dari selain Engkau. Semoga Allah melimpahkan rahmat dan salam atas junjungan kita Nabi Muhammad SAW keluarga dan sahabat beliau."

Doa Mencegah Rasa Kekurangan

اَللَّهُمَّ اِكْفِنَا بِحَلَالِكَ عَنْ حَرَامِكَ وَبِطَاعَتِكَ عَنْ مَعْصِيَتِكَ وَبِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِوَاكَ

"Allahumma Ikfina bikhalalika 'an kharamika wa bitho'atika 'an ma'shiyatika wa bi fadllika 'amman siwaka".

Artinya: "Ya, Allah, cukupilah kami dengan yang halal sehingga kami tidak menyentuh yang haram, dengan ketaatan kepada-Mu, sehingga kami tidak mendekati kedurhakaan dan dengan anugerah-Mu, sehingga kami tidak menoleh kepada selain Engkau."

Doa Dijauhkan dari Kefakiran

اللهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنَ الْكُفْرِ وَالْفَقْرِ ، اللهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ ، لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ

"Allahumma inni a'udzubika minal kufri wal faqri. Allahumma inni a'udzubika min 'adzabil qabri la ilaha illa anta".

Artinya: " Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kekufuran dan kefakiran. Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari siksa kubur, tiada Tuhan kecuali Engkau."

Baca Juga: Doa Harian Ini Bisa Kamu Amalkan Setelah Sholat 5 Waktu, Yuk Disimak!

Editor : optimization

Sumber : Tribun-Medan.com

Baca Lainnya