Tidur Berkualitas dan Tubuh Kembali Bugar! Berikut 5 Anjuran Nabi Muhammad SAW Menjelang Tidur Malam

Selasa, 15 Februari 2022 | 08:45
Pexels

Ilustrasi seseorang tertidur di malam hari.

GridHype.ID - Tidur jadi hal untuk men-charge energi tubuh kita.

Setelah seharian berakhtivitas, tidur jadi momen kita untuk rehat.

Dalam ajaran agama Islam juga dijelaskan bahwa tidur adalah waktu untuk istirahat.

Tidur di malam hari setelah menjalankan aktivitas pada siang hari juga merupakan bentuk umat muslim menjaga nikmat yang Allah SWT berikan.

Rata-rata tidur manusia berkisar 6-8 jam/hari. Jika umur manusia rata rata 60 tahun, artinya kita menghabisakan lebih dari 15 tahun hanya untuk tidur.

Cukup lama bukan? Sebagai umat muslim kita harus banget memperhatikan agar tiap kegiatan kita bisa berkah dan bernilai pahala.

Mau istirahatmu jadi berkah dan berpahala? Yuk simak tips dari Rasulullah SAW berikut!

1. Berwudhu

Dalam hadist yang diriwayatkan Al Baro’ bin ‘Azib, Rasulullah SAW bersabda:

إِذَا أَتَيْتَ مَضْجَعَكَ فَتَوَضَّأْ وُضُوءَكَ لِلصَّلاَةِ ، ثُمَّ اضْطَجِعْ عَلَى شِقِّكَ الأَيْمَنِ

Jika kamu mendatangi tempat tidurmu maka wudhulah seperti wudhu untuk shalat, lalu berbaringlah pada sisi kanan badanmu” (HR. Bukhari no. 247 dan Muslim no. 2710)

Baca Juga: Jangan sampai Lupa, Inilah Bacaan Doa Ketika Mandi, Lengkap dengan Tulisan Arab, Latin dan Artinya

Kamu akan merasa lebih nyaman jika melaksanakannya. Pasalnya, badanmu bakal jadi lebih bersih dan segar untuk tidur.

2. Berbaring pada Sisi Kanan

Saat tidur pastikan kamu berbaring ke sisi kanan. Selain sunnah Nabi, tidur menghadap sisi kanan ternyata juga baik untuk kesehatan jantung dan bisa ngurangi rasa malas, loh. “

Tidur berbaring pada sisi kanan dianjurkan dalam Islam agar seseorang tidak kesusahan untuk bangun shalat malam.

"Tidur pada sisi kanan lebih bermanfaat pada jantung. Sedangkan tidur pada sisi kiri berguna bagi badan (namun membuat seseorang semakin malas)” (Zaadul Ma’ad, 1/321-322).

3. Membaca Surat Al Qur'an

Dalam riwayat Abdullah bin Mas'ud, Rasulullah SAW bersabda,

"Siapa yang membaca Tabarokalladzi bi yadihil mulk (Surat Al Mulk) setiap malam, maka Allah SWT akan menyelamatkannya dari siksa kubur. Kami (para Sahabat) di masa Rasulullah SAW menamakan surat tersebut 'al Mani'ah' (penyelamat dari siksa kubur), termasuk mencegah datangnya perbuatan jahat, menghalau siksa kubur dan siksaan di Hari Kiamat."

Karena itu, diutamakan untuk membaca Surat Al Mulk setiap malam sebelum tidur karena di dalamnya ada banyak keutamaan. Selanjutnya adalah membaca surat dalam Alquran, Surat Al-Ikhlas, Al-Falaq dan An-Naas masing-masing sekali sambil meniup telapak tangan lalu diusapkan ke wajah.

Lakukan hal yang sama secara berulang sampai tiga kali. Kemudian dapat dilanjutkan dengan membaca Ayat Kursi agar terhindar dari godaan setan yang terkutuk saat tidur.

Baca Juga: Pikiranmu sedang Kacau dan Tak Menentu? Mungkin Bacaan Doa Ini Bisa Jadi Jawaban untuk Menenangkan Kegelisahanmu

Dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda:

“Jika engkau hendak berbaring di atas tempat tidurmu bacalah ayat Al Kursi karena dengannya engkau selalu dijaga oleh Allah Ta’ala dan setan tidak akan bisa mendekatimu sampai pagi. Benar yang dikatakannya padahal dia itu pendusta. Dia itu setan.” (HR. Bukhari)

4. Membaca Doa Sebelum Tidur

Dalam setiap kegiatan, umat Muslim dianjurkan untuk selalu memanjatkan doa kepada Allah SWT. Doa sebelum tidur dapat dilafalkan sebagai berikut:

Bismika Allahumma ahyaa wa bismika amuut.

Artinya: “Dengan nama-Mu ya Allah aku hidup, dan dengan nama-Mu aku mati”. (HR.Bukhari dan Muslim)

5. Tidur di awal waktu

Buat kamu yang suka nglembur atau begadang, bisa mulai dikurangi kebiasaan buruknya. Sebisa mungkin umat Muslim dianjurkan untuk tidak begadang agar terhindar dari hal-hal yang tidak bermanfaat.

Abi Barzah berkata:

أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ – صلى الله عليه وسلم – كَانَ يَكْرَهُ النَّوْمَ قَبْلَ الْعِشَاءِ وَالْحَدِيثَ بَعْدَهَا

Artinya: “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam membenci tidur sebelum shalat ‘Isya dan ngobrol-ngobrol setelahnya.” (HR. Bukhari no. 568)

Dari sisi kesehatan, begadang memiliki dampak buruk bagi kesehatan, seperti meningkatkan risiko penyakit, seperti diabetes, obesitas, tekanan darah tinggi, kanker, dan penyakit jantung.

(*)

Artikel ini telah tayang di TribunSolo.com dengan judul Ikuti 5 Anjuran Nabi Muhammad SAW Ini Demi Tidur Berkualitas, Diawali dengan Berwudhu

Baca Juga: Jangan sampai Lupa, Inilah Bacaan Doa saat Bercermin dan Berdandan, Lengkap dengan Tulisan Arab, Latin dan Artinya

Editor : Ruhil Yumna

Sumber : Tribun Solo

Baca Lainnya