Amalkan Dzikir Ini Sebelum Tidur Agar Terlindungi Sepanjang Malam

Selasa, 15 Februari 2022 | 05:15
Kompas

Amalan sebelum tidur

Gridhype.id-Sebagai manusia kita dianjurkan untuk selalu berdoa di setiap kesempatan.

Berdoa bisa menjadi salah satu cara berkomunikasi dengan Allah SWT.

Melalui doa-doa yang dilantunkan, kita bisa menyerahkan diri atas semua perkara dan keinginan.

Berdoa juga sangat dianjurkan ketika kita akan beranjak tidur.

Tidur sendiri sebenarnya merupakan sunnatullah dan hak tubuh untuk beristirahat setelah beraktivitas.

Sebelum melakukannya, sangat penting untuk berdoa terlebih dahulu dan melakukan beberapa amalan yang baik.

Salah satu amalan tersebut adalah dengan berdzikir.

Dilansir dari tribunstyle.com, dzikir sebelum tidur sangat dianjurkan bagi umat muslim agar dijauhkan dan dijaga dari godaan makhluk halus.

Berdzikir dapat mendatangkan banyak sekali nikmat dan menghapuskan dosa-dosa kita.

Adapun doa dan dzikir malam sebelum tidur adalah sebagai berikut:

Baca Juga: Simak Doa Agar Anak Menjadi Soleh dan Solehah Serta Selalu Berada di Lindungan Allah SWT Lengkap Tulisan Latin

Membaca Surah Al-Ikhlash, Al-Falaq dan An-Naas

Pertama-tama, bacalah surat Al Ikhlas, Al Falaq dan An Naas.

Kemudian dua telapak tangan tersebut mengusap tubuh yang dapat dijangkau, dimulai dari kepala, wajah dan tubuh bagian depan.

Membaca Ayat Kursi

اللَّهُ لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ لَا تَأْخُذُهُ سِنَةٌ وَلَا نَوْمٌ لَهُ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَمَا فِي الْأَرْضِ مَنْ ذَا الَّذِي يَشْفَعُ عِنْدَهُ إِلَّا بِإِذْنِهِ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ وَلَا يُحِيطُونَ بِشَيْءٍ مِنْ عِلْمِهِ إِلَّا بِمَا شَاءَ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ وَلَا يَئُودُهُ حِفْظُهُمَا وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيمُ

Alloohu laa ilaaha illaa huwal hayyul qoyyuum, laa ta’khudzuhuu sinatuw walaa naum. Lahuu maa fissamaawaati wa maa fil ardli man dzal ladzii yasyfa’u ‘indahuu illaa biidznih, ya’lamu maa baina aidiihim wamaa kholfahum wa laa yuhiithuuna bisyai’im min ‘ilmihii illaa bimaa syaa’ wasi’a kursiyyuhus samaawaati wal ardlo walaa ya’uuduhuu hifdhuhumaa wahuwal ‘aliyyul ‘adhiim.

Artinya:

“Allah, tidak ada ilah (yang berhak disembah) melainkan Dia, yang hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya). Dia tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Tiada yang dapat memberi syafa’at di sisi-Nya tanpa seizin-Nya. Dia mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka. Mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dia tidak merasa berat memelihara keduanya. Dan Dia Maha Tinggi lagi Maha besar.” (QS. Al Baqarah: 255)

Bacaan Dzikir Malam

بِاسْمِكَ رَبِّيْ وَضَعْتُ جَنْبِيْ، وَبِكَ أَرْفَعُهُ، فَإِنْ أَمْسَكْتَ نَفْسِيْ فَارْحَمْهَا، وَإِنْ أَرْسَلْتَهَا فَاحْفَظْهَا بِمَا تَحْفَظُ بِهِ عِبَادَكَ الصَّالِحِيْنَ

Baca Juga: Baca Doa Ini Jika Ingin Segera Tunaikan Haji dan Umroh, Jadi Kunci Dimudahkan Mewujudkannya

Bismika robbi wadho’tu jambii, wa bika arfa’uh, fa-in amsakta nafsii farhamhaa, wa in arsaltahaa fahfazh-haa bimaa tahfazh bihi ‘ibaadakash shoolihiin.

Artinya:

“Dengan nama Engkau, wahai Rabbku, aku meletakkan lambungku. Dan dengan namaMu pula aku bangun daripadanya. Apabila Engkau menahan rohku (mati), maka berilah rahmat padanya.

Tapi, apabila Engkau melepaskannya, maka peliharalah (dari kejahatan setan dan kejelekan dunia), sebagaimana Engkau memelihara hamba-hambaMu yang shalih.” (Dibaca 1 x)

Keutamaan: Apabila akan tidur, maka hendaklah tempat tidur tersebut dibersihkan karena siapa tahu ada kotoran yang membahayakan di situ, lalu membaca dzikir di atas.

Membaca doa Sebelum Tidur

بِاسْمِكَ اللَّهُمَّ أَحْيَا وَأَمُوْتُ

Bismika allahumma ahyaa wa amuut.

Artinya:

“Dengan namaMu, ya Allah! Aku hidup dan mati.” (Dibaca 1 x)

Baca Juga: Bisa Dibaca Setelah Sholat, Inilah Bacaan Doa Agar Dimudahkan Mendapat Rezeki dari Segala Penjuru dan Arah

Membaca Tasbih, Tahmid, Takbir

سُبْحَانَ اللهِ (33x)

الْحَمْدُ لِلَّهِ (33x)

للهُ أَكْبَرُ (33x)

Subhanallah (33 x)

Alhamdulillah (33 x)

Allahu Akbar (33 x)

Artinya: “Maha suci Allah (33 x), segala puji bagi Allah (33 x), Allah Maha Besar (33 x).”

Artikel ini telah tayang di Tribun Style dengan judul AMALAN Dzikir dan Doa Sebelum Tidur, Lengkap dengan Tanda-tanda Rumah Didatangi Malaikat (9/2/2022).

Baca Juga: Jangan sampai Lupa, Inilah Bacaan Doa saat Bercermin dan Berdandan, Lengkap dengan Tulisan Arab, Latin dan Artinya

(*)

Editor : Ngesti Sekar Dewi

Sumber : Tribunstyle

Baca Lainnya