Tuai Sorotan Usai Film Kukira Kau Rumah Booming, Aya Canina Eks Amigdala Mendadak Ngaku Alami Kekerasan Saat Pacaran Hingga Ganggu Kondisi Mentalnya

Sabtu, 12 Februari 2022 | 17:30
Tribunwow

Aya Canina, penulis lagu Kukira Kau Rumah yang jadi inspirasi film Umay Shahab

GridHype.ID - Belum lama ini, sosok mantan vokalisgrup Amigdala yang salah satu lagunya menjadi soundtrack film Kukira Kau Rumah, Aya Canina menuai sorotan publik.

Pasalnya, Aya Canina mendadak bongkar kejadian tak mengenakan yang pernah dialaminya selama jadi vokalis grup Amigdala.

Ya, melansir Kompas.com, buka suara tentang kekerasan yang dialami hingga memutuskan mundur dari grup Amigdala.

Dalam unggahan panjang di Instagram Story @ayacanina, Aya mengisahkan awal penulisan lagu tersebut merupakan sebuah puisi yang ditulis pada pertengahan tahun 2016.

Kemudian dia sempurnakan menjadi sebuah lirik utuh dengan gubahan dari Isa Maula Elfasya menjadi sebuah lagu.

"Tidak banyak revisi berarti. Lirik utuh itu kemudian digubah oleh Isa Maula Elfasya menjadi lagu," tulis Aya.

"Februari 2017, Kukira Kau Rumah pertama kali diunggah oleh Indielokal, channel YouTube yang menampilkan lagu-lagu folk-indie segar pada masa itu," lanjutnya.

Terlepas dari perjuangannya, termasuk ikut menyumbangkan nama Amigdala untuk grup tersebut, mengutip Kompas.TV, Aya justru memutuskan keluar pada Agustus 2020.

"Ya. Saya keluar dari Amigdala karena saya mengalami kekerasan dalam pacaran selama rentang waktu 3,5 tahun itu," tulis Aya.

Baca Juga: Tak Ada Angin Tak Ada Hujan, Prilly Latuconsina Mendadak Ngaku Idap Gangguan Mental di Tengah Penayangan Film Kukira Kau Rumah: Aku Memang ke Psikolog

"Dan itu sangat memengaruhi kondisi mental saya," imbuhnya.

Melalui unggahannya, Aya tak menutupi sosok mantan kekasih yang telah melakukan kekerasan terhadap dirinya.

"Vocal 2 sekaligus gitar. Orang yang selalu menyanyi bersama saya," kata Aya.

Tak cuma itu, Aya Canina menyebut personel band yang lain, yakni drummer dan bassist, turut melanggengkan kekerasan tersebut.

Bahkan, kepala media dan keuangan yang turut menyaksikan pengakuan kekerasan Aya, namun memilih bungkam.

Keputusan Aya Canina keluar dari band tak lain karena tidak adanya dukungan dari personel band setelah dia sempat mengaku mengalami kekerasan dalam pacaran.

“Bahkan sekadar memastikan apakah saya masih menerima ancaman dari mantan saya? Tidak. Tidak pernah. Sampai detik ini,” tegas Aya.

Bassist Amigdala justru meminta Aya Canina untuk berdamai dengan mantan pacarnya demi kelangsungan proyek band, tanpa memeduikan keselamatan dan mental Aya.

Lebih lanjut, Aya mengaku tidak menerima permintaan maaf dari personel band Amigdala sampai hari ini.

Baca Juga: Usianya Baru Menginjak 20 Tahun, Mantan Artis Cilik Umay Shahab Kini Sukses Jadi Sutradara Film Kukira Kau Rumah, Berikut Profil Lengkapnya

Saat ini, Aya Canina memilih untuk fokus mengobati kesehatan mentalnya. Dia sudah merekalan Amigdala di hari dia hengkang dari band tersebut.

“Telah saya ikhlaskan Amigdala, tapi kesehatan mental saya hari ini sepenuhnya tanggung jawab saya,” tandasnya.

Setelah pengakuan Aya Canina, Isa Elfasya sebagai mantan kekasih kemudian menulis permintaan maaf.

Mengutip Kompas.com, Isa merupakan gitaris dan vokalis Amigdala sebelum akhirnya memutuskan keluar pada Juli 2021.

"Saya Isa Elfasya, dengan ini menyatakan permohonan maaf atas kegaduhan yang terjadi dan melibatkan saya di dalamnya," tulis Isa di akun @isaelfasya, Jumat (11/2/2022).

Dalam pernyataannya, Isa menyampaikan beberapa poin, diantaranya adalah permintaan maafnya kepada Aya atau Andari Jamalina Pratami atas kekerasan yang terjadi selama mereka berpacaran.

"Permohonan maaf saya kepada Aya Canina (Andari Jamalina Pratami) atas apapun yang telah terjadi dalam hubungan kami, termasuk kekerasan yang pernah saya perbuat," tulis Isa lagi.

Dia juga meminta maaf kepada pihak lain yang ikut terseret dalam kegaduhan tersebut.

Menurut pengakuan Isa, dia sudah beberapa kali meminta maaf pada Aya. Saat Aya keluar dari Amigdala tahun 2020 dan Isa kembali meminta maaf di tahun 2021.

Baca Juga: Tuai Sorotan Usai Film The Tinder Swindler Tayang, Ini Dia Sosok Simon Leviev Si Penipu Cinta,Tinder Sampai Blokir Akunnya

Isa juga masih menjaga komunikasi, salah satu yang ditunjukkannya adalah dengan menghubungi Aya soal royalti lagu.

"Namun, jika dirasa itu semua belum cukup atas itikad baik saya selama ini, ijinkan saya dengan segala kekurangan saya untuk memohon maaf yang sebesar-besarnya kepada Aya Canina," tulis Isa.

Untuk informasi, laguKukira Kau Rumahyang kemudian menginspirasi Umay Shahab untuk menjadikannya sebuah karya film dengan judul sama yang kini sedang mencuri perhatian.

"Sebelum aku cabut dan masih stay di Bandung tahun 2019, aku sudah jumpa Umay Shahab, membicarakan keinginannya untuk membuat film ini," tulis Aya.

"Jadi filmnya tidak salah. Yang salah Pinokio pandai berbohong tapi tetap saja imut. Film Kukira Kau Rumah karya Umay adalah proses alih wahana lagu yang patut diapresiasi," imbuhnya.

Instagram/ayacanina

Unggahan Instagram Aya Canina penulis lagu Kukira Kau Rumah

Baca Juga: Sukses Bintangi Berbaga Film dan Peran, Diam-diam Reza Rahadian Punya Ketertarikan Khusus di Dunia Politik, Mau Jadi Politisi?

(*)

Editor : Ngesti Sekar Dewi

Sumber : Kompas.com, Kompas.tv

Baca Lainnya