Wasiat soal Pemakamannya Dikomentari Para Ustaz, Dorce Gamalama Buka Suara: Jangan Memberikan Komentar yang Kurang Baik

Senin, 31 Januari 2022 | 12:00
Youtube CURHAT BANG Denny Sumargo

Dorce Gamalama

GridHype.ID -Nama Dorce Gamalama belakangan ini tengah menjadi sorotan publik dan media.

Terlebih saat Dorce Gamalamamengungkap wasiat di depan publik.

Dalam wasiatnya itu, Dorce Gamalama ingin dimakamkan sebagai perempuan jika ia meninggal dunia.

Setelah Dorce mengungkapkan permintaannya tersebut, beberapa pemuka agama memberi komentar mengenai hukum boleh atau tidaknya wasiat itu.

Sebut saja ada Ustaz Solmed hingga Gus Miftah.

Melansir dari Grid.ID, Ustaz Solmed memberikan tanggapannya soal wasiat Dorce Gamalama.

Dalam penjelasannya, dia menekankan Dorce Gamalama masuk dalam kategori apa ketika memutuskan mengubah penampilan dan menjadi perempuan.

Kata Solmed, ada kaum khuntsa, yaitu mereka yang diperbolehkan memilih jenis kelamin karena lahir dengan dua alat kelamin.

Ketika dewasa mereka diperbolehkan untuk memilih salah satu jenis kelamin yang paling dominan.

Baca Juga: Sudah Dianggap Layaknya Saudara Sendiri, Nia DaniatyMalah Dilarang Jenguk Sampai Dorce Gamalama Buat Alasan Ini, Kenapa?

Penjelasan lainnya dari kaum khuntsa adalah ketika seseorang lahir dengan salah satu jenis kelamin, namun memiliki organ yang identik dengan jenis kelamin lainnya.

Atau Dorce masuk dalam kategori di luar penjelasan khuntsa yang ditetapkan para ahli fikih.

“Tapi kalau laki kemudian merasa perempuan, atau perempuan merasa laki-laki tanpa ada kaidah-kaidah hukum yang dibenarkan oleh agama ya tentu kembali ke kodrat awal,” terang Ustaz Solmed kepada Grid.ID melalui sambungan telepon, Minggu (30/1/2022).

Terkait hal ini, Ustaz Solmed dengan tegas mengatakan, jika wasiat itu bertentangan dengan ajaran agama, tidak diperkenankan untuk digenapi.

“Wah, kalau wasiatnya bertentangan, ya tidak boleh diikuti,” ucapnya.

Jadi harus ditilik lagi, apakah wasiat itu bertentangan dengan syariat Islam atau tidak.

Menurutnya, jika bertentangan hal itu tidak boleh diikuti, meski itu adalah permintaan terakhir Dorce Gamalama.

“Wasiat yang bertentangan dengan syariat, itu tidak boleh diikuti. Walaupun itu wasiat,” tandasnya.

Sementara itu, dikutip dari Tribunnews.com, Gus Miftah juga sempat membahas wasiat Dorce Gamalama yang ingin dimakamkan secara perempuan.

Baca Juga: Kesehatan Dorce Gamalama Sempat Memprihatinkan Sampai Minta Bantuan ke Megawati, Denny Sumargo Sebut Kondisi Presenter Senior ini Sudah Membaik

Dikatakan Gus Miftah, Dorce Gamalama memiliki keinginan yang nyatanya melanggar syariat agama karena bersatu transgender.

"Jadi yang pertama, dalam Surat Al Hujurat itu, Allah menciptakan kelamin itu cuma ada dua, jadi jenis laki-laki dan perempuan. Kemudian dalam fiqh itu ada jenis kelamin yang ketiga namanya, Khunsa," imbuhnya.

"Nah, yang saya dengar tentang Bunda Dorce ini, kalau beliau dulu yang saya dengar ya beliau kan terlahir sebagai laki-laki, kemudian dioperasi transgender menjadi seorang perempuan.

Nah, bagaimana kalau kondisi seperti ini? Artinya, pengebumiannya sepanjang yang saya tahu, yaitu kembali ke kodrat asal dulu dia dilahirkan," lanjutnya.

Selanjutnya Gus Miftah juga menerangkan beberapa perbedaan proses seseorang yang meninggal sesuai dengan jenis kelamin.

"Soal kain kafan, perempuan jauh lebih banyak. Kemudian soal salat jenazah niatnya dan lain sebagainya, ini kan berbeda. Siapa pun yang lahir (laki-laki atau perempuan), sesuai dengan jenis kelaminnya ya itulah cara dia dimakamkan," tutupnya.

Mengetahui wasiatnya menimbulkan pro dan kontra hingga dikomentari para pemuka agama, Dorce Gamala pun akhirnya buka suara.

Melalui Instagramnya @dg_kcp, Dorce menegaskan bahwa rencana pemulasaraan nanti sepenuhnya merupakan tanggung jawab keluarga.

Ia mengatakan keluarganya lah yang boleh mengurus kepergian dirinya kelak dan tidak boleh seorang pun termasuk kiai berkomentar atas wasiat kematiannya.

Baca Juga: Buka-bukaan Tanpa Sensor, Dorce Gamalama Bongkar Jumlah Bantuan dari Jokowi dan Megawati, Sang Sahabat Justru Ungkap Hal Tak Terduga: Dibilang Drop Ekonomi Enggak Juga

"Kepada kiai dan ustaz yang menerangkan kematian saya, yang memandikan saya, menguburkan saya, biarkanlah keluarga saya yang akan mengurus saya," kata Dorce Gamalama dikutip Tribunnews.com dari akun Instagram pribadi miliknya @dg_kcp, Senin (31/1/2022).

"Mau kain kafannya tujuh lapis, delapan lapis, saya serahkan kepada yang mengurus, silakan keluarga saya yang mengurus.Mau laki-laki boleh, perempuan boleh siapa saja boleh," sambungnya.

Presenter senior itu pun geram dan menyinggung perlakuan sang kiai yang seharusnya tidak memberikan komentar terkait wasiat Dorce Gamalam.

"Jadi (kepada) Kiai-kiai yang sudah terkenal sekalipun jangan memberikan komentar yang kurang baik."

"Harusnya Anda seorang Kiai memberikan suguhan dan imbauan kepada seseorang, siapa pun karena saya juga manusia memiliki tanggung jawab untuk kehidupan dan mati kelak," tutup Dorce.

Baca Juga: Bikin Publik Prihatin, Terungkap Alasan Dorce Gamalama Unggah Video Minta Sumbangan ke Megawati,Ternyata Tak Hanya Dibantu Putri Soekarno

(*)

Editor : Helna Estalansa

Sumber : Tribunnews.com, Grid.ID

Baca Lainnya