Jadi Raja Aktor Laga, Jackie Chan Ternyata Nyaris Meregang Nyawa Saat Syuting Film ini, ini Adegan yang Bikin Ia Hampir Meninggal Dunia

Kamis, 20 Januari 2022 | 11:30

Jackie Chan

GridHype.id-Siapa yang tak kenal aktor laga legendaris, Jackie Chan?

Di usianya yang terbilang tak muda lagi, aktor asal Hong Kong ini tetap mempertahankan performanya di setiap film laga.

Sepanjang karirnya di dunia hiburan, Jackie Chan memang dikenal sebagai aktor spesialis film laga.

Berbagai adegan berbahaya ia lakoni dengan mulus.

Hal ini tentu bukan tanpa risiko, disetiap adegan yang di perankannya, tak jarang ada adegan-adegan yang mengancam nyawanya.

Misalnya saja dalam proses pembuatan film Police Story pada 1985 silam.

Jackie Chan nyaris meregang nyawa karena kesalahan yang terjadi selama proses syuting.

Chan mengalami banyak tantangan saat syuting Police Story tersebut.

Di akhir film, ada adegan di mana karakter Chan mengejar penjahat di sebuah pusat perbelanjaan.

Baca Juga: Jackie Chan Sukses Jadi Pemain Film Action dan Go International, Siapa Sangka Sang Aktor Laga Punya Masa Lalu yang Kelam, Ibunya Pernah Jadi Bandar Narkoba

Saat dia berada di lantai yang tinggi di atas mereka, Chan melompat ke tiang dan meluncur turun beberapa lantai untuk mencapai mereka.

Tapi ini bukan sembarang tiang, Chan tidak hanya harus melompat dari pagar dan menangkap tiang di udara, tetapi tiang itu sendiri dikelilingi oleh lampu hias yang akan hancur saat Chan turun.

Sementara visualnya membuat adegannya terlihat menarik, aksi itu menimbulkan kekhawatiran tentang kemungkinan cedera, terlebih tak ada pengaman di bagian bawah jika Chan jatuh, karena hanya ada mobil berisi permen tempatnya mendarat.

Dia juga bisa tersetrum oleh lampu listrik yang meledak. Namun, Chan yakin bahwa lampu bisa dimatikan jika terjadi kesalahan.

Terlepas dari tindakan pencegahan yang telah dipikirkan untuk membuatnya tetap aman, aksi itu berubah menjadi buruk karena kesalahan pencahayaan, menyebabkan tiang panas hingga suhu tinggi.

Karena betapa panasnya tiang itu, mungkin naluri alami seseorang untuk melepaskan, atau bahkan melonggarkan cengkeramannya, dari tiang itu.

Tetapi untungnya, Chan bertahan terlepas dari rasa sakit yang dirasakan.

Dia mencapai dasar dengan selamat dan mengalami luka bakar tingkat dua di tangannya.

Meski tangannya terluka akibat aksi tersebut, Jackie Chan masih bisa melakukan syuting adegan Heart of Dragon di hari yang sama.

Baca Juga: Sempat Jadi Selingkuhan Jackie Chan dan Ditinggal Kabur Saat Hamil, Sosok Elaine Ng Ternyata Bukan Orang Biasa

Ini bukan pertama atau terakhir kalinya Chan berada dalam bahaya karena aksinya.

Sebenarnya ada insiden penting lain yang terjadi saat penembakan Police Story, yaitu ketika dia jatuh melalui kaca display dan harus dirawat di rumah sakit.

Sayangnya, kecelakaan pasti akan terjadi, mengingat banyaknya aksi menantang maut yang telah dilakukan Chan selama bertahun-tahun.

Adegan berbahaya itu adalah bagian penting dari proses syuting bagi Chan sehingga dia bahkan memiliki Tim Stuntman sendiri yang bekerja dengannya dari film ke film selama beberapa dekade.

Di beberapa filmnya, Chan telah memiliki daftar panjang cedera dan patah beberapa tulang.

Ini tentu saja akan mengakibatkan penundaan produksi, tetapi itu tidak menghalangi tekad aktor untuk terus melakukan aksinya sendiri.

Aspek film Jackie Chan ini memiliki banyak hal yang membuatnya begitu menyenangkan dan mengasyikkan bagi para penggemarnya.(*)

Editor : Ngesti Sekar Dewi

Baca Lainnya