Peruntungan Masih Bisa Diubah, Panjatkan Doa Memohon Takdir Baik Berikut, Lengkap dengan Doa Sapu Jagat Sebagai Perlindungan Dunia Akhirat

Minggu, 16 Januari 2022 | 05:30
iStock

Ilustrasi berdoa

GridHype.ID -Umat Muslim tentu mengetahui jika takdir seseorang telah ditetapkan bahkan sebelum lahir.

Meski demikian, takdir seseorang juga dapat diubah dengan berbagai upaya yang dilakukan.

Sebagaimana firman Allah SWT dalam Surat Ar -Ra’d ayat 11.

إِنَّ اللهَ لَا يُغَيِّرُ مَا بِقَوْمٍ حَتَّى يُغَيِّرُوا مَا بِأَنْفُسِهِمْ

Innallaaha laa yughayyiru maa biqaumin hattaa yughayyiruu maa bi anfusihim.

"Sesungguhnya Allah tidak mengubah keadaan sesuatu kaum sehingga mereka mengubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri."

Selain dengan usaha, faktor seorang hamba mengubah takdir yakni dengan berdoa.

Dikutip dari Bincangsyariah.com, keterangan tersebut berdasarkan hadis Rasulullah dalam hadis diriwayatkan Tirmidzi.

Dengan berdoa bersungguh-sungguh kepada Allah SWT hal itu pun menjadi alasan agar tak beruputus asa.

Hanya orang yang tetap berharap kepada Allah yang dapat bertahan menjalani kehidupan di dunia, betapapun pahitnya takdir yang ia jalani.

Baca Juga: Jangan Takut Kehilangan, Inilah Bacaan Doa untuk Melembutkan Hati Seseorang, Lengkap dengan Tulisan Arab, Latin dan Artinya

Dengan doa, seorang hamba akan menanamkan dalam dirinya bahwa jika ia memohon kepada Allah SWT dalam keadaan apapun, maka derita dan kesulitan yang ia hadapi sangat mungkin berakhir dan bahkan berubah.

Demikian, berikut ini dapat bacaan doa agar takdir baik diajarkan Rasulullah SAW.

Bacaan doa ini bermaksud merupakan doa untuk memohon takdir baik dalam hidup.

Doa agar Takdir Baik

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ مِنَ الخَيْرِ كُلِّهِ عَاجِلِهِ وَآجِلِهِ ، مَا عَلِمْتُ مِنْهُ وَمَا لَمْ أَعْلَمْ ، وَأَعُوْذُ بِكَ مِنَ الشَّرِّ كُلِّهِ عَاجِلِهِ وَآجِلِهِ ، مَا عَلِمْتُ مِنْهُ وَمَا لَمْ أَعْلَمْ ، اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ مِنْ خَيْرِ مَا سَأَلَكَ عَبْدُكَ وَنَبِيُّكَ ، وَأَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا عَاذَ بِهِ عَبْدُكَ وَنَبِيُّكَ ، اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ الجَنَّةَ وَمَا قرَّبَ إِلَيْهَا مِنْ قَولٍ أَوْ عَمَلٍ ، وَأَعُوْذُ بِكَ مَنَ النَّارِ وَمَا قَرَّبَ إِلَيْهَا مِنْ قَوْلٍ أَوْ عَمَلٍ ، وَأَسْأَلُكَ أَنْ تَجْعَلَ كُلَّ قَضَاءٍ قَضَيْتَهُ لِي خَيْرًا

Allohumma inni as-aluka minal khoiri kullihi ‘aajilih wa aajilih, maa ‘alimtu minhu wa maa lam a’lam. Wa a’udzu bika minasy syarri kullihi ‘aajilih wa aajilih maa ‘alimtu minhu wa maa lam a’lam. Allohumma inni as-aluka min khoiri maa sa-alaka ‘abduka wa nabiyyuk muhammadun shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Wa a’udzu bika min syarri maa ‘aadza bihi ‘abduka wa nabiyyuk. Allohumma inni as-alukal jannah wa maa qorroba ilaihaa min qoulin aw ‘amal. Wa ‘audzu bika minan naari wa maa qorroba ilaihaa min qoulin aw ‘amal. Wa as-aluka an taj’ala kulla qodhoo-in qodhoitahu lii khoiroo.

Artinya: “Ya Allah, aku memohon kepada-Mu semua kebaikan yang disegerakan maupun yang ditunda, apa yang aku ketahui maupun tidak aku ketahui. Aku berlindung kepada-Mu dari semua keburukan, baik yang disegerakan maupun yang ditunda, yang aku ketahui maupun yang tidak aku ketahui.”

“Ya Allah, sungguh aku memohon kepada-Mu dari kebaikan apa yang diminta oleh hamba dan Nabi-Mu Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam kepada-Mu dan aku berlindung kepada-Mu dari apa yang diminta perlindungan oleh hamba dan nabi-Mu.”

Baca Juga: Bacaan dan Tata Cara Berdoa Agar Senantiasa Diberi Keteguhan Iman

“Ya Allah, aku memohon kepada-Mu surga dan apa yang mendekatkan kepadanya baik berupa ucapan maupun perbuatan. Dan aku berlindung kepada-Mu dari neraka dan apa yang mendekatkan kepadanya baik berupa ucapan atau perbuatan. Dan aku memohon kepada-Mu semua takdir yang Engkau tentukan baik untukku.” (HR. Ibnu Majah).

Demikian, itulah doa agar takdir baik dalam hidup yang dapat diamalkan menjadi doa harian, dapat dibaca setelah salat.

Selain bacaan doa agar takdir baik,kita juga dapat memanjatkan doa sapu jagat untuk memohon keselamatan di dunia dan akhirat,baik memohon perlindungan, kesejahteraan maupun memohon keselamatan di dunia dan akhirat.

Bacaan doa sapu jagat ini terdapat dalam Al Quran Surat Al Baqarah: 201.

Berikut bacaan doa sapu jagat

رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

“Rabbana atina fid-dun-ya ḥasanataw wa fil-akhirati ḥasanataw wa qina ‘ażaban-nar”

Artinya: "Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan selamatkanlah kami dari siksa api neraka."

Makna dari doa sapu jagat ini sesungguhnya sangat mendalam dan mencakup semua hal yang dibutuhkan umat manusia.

Baca Juga: Mampu Angkat Derajat dan Dijauhkan Segala Penyakit, Berikut Bacaan Sholawat Nariyah Lengkap dengan Tulisan Arab dan Terjemahan

Berikut ini keutamaan doa sapu jagat

1. Memohon kebaikan selama di dunia

Kehadiran setan dapat membuatmanusiamelakukan hal menyimpang dan lupa menjalankan perintah Allah SWT. Dengan memohon doa sapu jagat maka ia meminta perlindungan dari segala godaan dan kejelekakan di dunia.

2. Memohon kebaikan di Akhirat

Doa sapu jagat ini tak terbatas hanya di dunia karena bisa memohon kebaikan juga di akhirat, sepertiselamat dari siksa kubur. Mendapat pertolongan di padang Mahsyar, saat amalan dihisab, menerima catatan amal, menyebrangi jembatan As Shirot hingga mendapat syafaat dari Rasulullah SAW.

3. Meminta perlindungan dari Api Neraka

Selain pertolongan itu, doa sapu jagat juga dapat menolong dikala pertimbangan menentukan seseorang masuk ke dalam api neraka atau surga. Dengan doa ini, manusia berharap ampunan dari segala kesalahan yang bisa menjerumuskan seseorang ke dalam siksa api neraka.

Artikel ini telah tayang di TribunJabar.id dengan judul Berikut Doa Sapu Jagat dan Keutamaannya yang Luar Biasa, Lengkap Doa Memohon Mendapat Takdir Baik

Baca Juga: Jangan Sampai Terlupa, Ini Dia Doa Mohon Perlindungan, Lengkap dengan Adab Sebelum Tidur Sesuai AjaranRasulullah SAW

(*)

Editor : Ngesti Sekar Dewi

Sumber : TribunJabar.ID

Baca Lainnya