Tren Selebriti Indonesia Ramai-ramai Adopsi Boneka Arwah Sampai Perlakukan Layaknya Manusia, Psikolog ini Singgung Soal Perilaku Menyimpang

Kamis, 06 Januari 2022 | 14:15
Instagram/@ivangunawan @celine_evangelista

Artis-artis yang memiliki boneka arwah

GridHype.ID - Belakangan ini, dunia hiburan Tanah Air dikejutkan dengan fenomena para artis yang ramai-ramai mengadopsi boneka arwah.

Banyak selebriti Tanah Air yang blak-blakkan mengadopsi boneka arwah.

Tren adopsi arwah ini memang mencuri perhatian publik.

Sebut saja selebriti di Indonesia telah mengadopsi boneka spirit doll, antara lain Ivan Gunawan, Soimah, Celine Evangelista, dan Sarwendah.

Bahkan Ivan Gunawan diketahui juga telah memberikan nama pada dua 'bayi' miliknya tersebut.

Dilansir dari Tribun Seleb, - Ivan Gunawan sempat heboh saat memperkenalkan dua boneka jadi anaknya yang bernama Miracle dan Marvel.

Tak Mau Ketinggalan dengan Ivan Gunawan, Celine Evangelista pun juga memberikan nama pada dua boneka arwah 'bayi' miliknya ini.

Sementara itu, aktris Celine Evangelista ternyata memiliki dua boneka arwah yang berjenis kelamin perempuan.

Boneka tersebut diadopsi dari koleksi boneka arwah milik influencer Furi Harun pada Oktober 2021 lalu.

Celine Evangelista pun sempat memperkenalkan boneka-bonekanya itu yang terlihat menggemaskan.

Baca Juga: Ikuti Jejak Ivan Gunawan, Celine Evangelista Adopsi Boneka Arwah dan Perlakukan 'Bayi' Miliknya Selayaknya Manusia : Gantiin Baju

Kedua boneka arwah tersebut bernama Selena dan Michelle yang memiliki rambut panjang bernama pirang.

Banyak netizen yang memberikan kritikan untuk para artis yang mengadopsi boneka arwah tersebut.

Netizen menyebut para artis yang memiliki boneka arwah ini lebih ke ikut-ikutan tren.

Sampai menilai bahwa dunia keartisan saat ini sedang tidak baik-baik saja.

Melansir dari TribunWow.com, trend mengadopsi boneka sprit doll atau boneka arwah saat sini sedang populer di kalangan selebriti.

Hal ini mengundang psikolog untuk berkomentar mengenai fenomena tersebut.

Sosok psikolog Kasandra memberikan tanggapannya mengenai trend adopsi boneka spirit doll.

Kasandra menyatakan bahwa perilaku memperlakukan boneka layaknya manusia termasuk dalam kategori perilaku menyimpang.

"Menanggapi perilaku memperlakukan boneka seperti manusia, mulai dari merawat, kemudian memberikan pakaian mungkin mendadani atau, bahkan juga mengajak bicara,

ada banyak penelitian sering kali dikaitkan dengan perilaku menyimpang," ujar Kasandra dilansir dalam kanal YouTube SelebOnCam News pada Rabu (5/1/2022).

Baca Juga: Dinilai Banyak Pihak Stress Gara-gara Punya 'Bayi', Ivan Gunawan Diledek Rafathar Sampai Bikin Sang Desainer Gedek : Coba Bergerak

Menurut Kasandra perlu untuk dikaji lagi dilihat dari segi konteksnya, dan memerlukan pemeriksaan secara menyeluruh.

"Tetapi tentu saja hal ini harus dilihat pada konteksnya dan perlu ada pemeriksaan secara menyeluruh untuk dapat bisa langsung menyimpulkan bahwa apakah perilaku tertentu yang terkait dengan memperlakukan boneka seperti manusia adalah perilaku menyimpang," tutur Kasandra.

"Karena masih banyak lagi hal-hal yang perlu dijadikan parameter salah satunya adalah misalnya keterampilan sosial, riwayat masa lalu, tujuan," sambungnya.

Selain itu Kasandra juga menjelaskan bahwa tidak boleh langsung menyimpulkan memperlakukan boneka seperti manusia sebagai tindakan yang menyimpang.

"Selama ketiga hal tersebut mungkin tidak sesuai dengan kriteria perilaku menyimpang, tentu saja perilaku memperlakukan boneka seperti manusia tidak serta merta atau dengan mudah langsung dianggap sebagai perilaku menyimpang," ujar Kasandra.

Psikolog Kasandra berujar, ada tujuan lain untuk mengadopsi boneka spirit doll, bisa jadi sebagai bahan konten dan hiburan semata.

"Terutama misalnya mungkin di Indonesia dengan banyaknya tujuan untuk membuat konten lalu kemudian mungkin ada unsur humor, menghibur dan lain sebagainya," kata Kasandra.

"Kita tidak bisa langsung menyimpulkan semudah itu, karena sekali lagi untuk dapat mengklasifikasikan sebuah perilaku menyimpang tentu harus ada parameter-parameter yang jelas yang harus terpenuhi semuanya " tegasnya.

Diketahui beberapa selebriti di Indonesia telah mengadopsi boneka spirit doll, seperti Ivan Gunawan, Soimah, Celine Evangelista, dan Sarwendah.

Baca Juga: Bukannya Tambah Mesra Usai Dibelikan Tiket Konser BTS, Ayu Ting Ting Malah Adu Urat Lampiaskan Kekesalan ke Ivan Gunawan Gara-gara Hal ini

(*)

Editor : Nabila Nurul Chasanati

Sumber : Tribunwow.com, Tribun Seleb

Baca Lainnya