Terhindar dari Api Neraka, Amalkan Bacaan Dzikir Ini Setelah Salat Subuh, Kebaikan Melebihi Pahala Berinfak Emas dan Perak

Rabu, 05 Januari 2022 | 06:15
https://www.freepik.com/premium-photo/muslim-woman-pray-with-beads-read-quran_7421936.htm#page=1&que

Ilustrasi berdoa.

GridHype.ID - Melakukan amalan baik bisa dengan cara yang sederhana, termasuk berdzikir.

Setiap umat Muslim bahkan dianjurkan untuk berdzikir di setiap kesempatan yang ada.

Tak hanya berlimpah pahala, dzikir juga menyimpan banyak keistimewaan bagi yang mengamalkannya.

Meski terlihat sederhana, amalan dzikir ternyata bisa melebihi dari berinfak emas dan perak loh.

"Maukah aku tunjukkan perbuatanmu yang terbaik, paling suci disisi Raja-mu (Allah) dan paling mengangkat derajatmu; lebih baik bagimu dari infak emas atau perak, Para sahabat yang hadir berkata: Mau(wahai Rasulullah) Beliau bersabda: Dzikir kepada Allah Yang Mahatinggi." (HR Tirmidzi).

Dzikir juga bisa diartikan sebagai doa atau puji-pujian berlagu (dilakukan pada perayaan Maulid Nabi) atau perbuatan mengucapkan dzikir.

Dalam Al Quran dijelaskan bahwa waktu yang utama membacanya adalah saat pagi dan petang.

Hal tersebut tercantum dalam surah Al Ahzab ayat 42-43 yang artinya:

Baca Juga: Bisa Tambah Pahala dan Diampuni Dosanya, Berikut Bacaan Doa Setelah Sholat Maghrib Lengkap dnegan Terjemahannya

"Dan bertasbihlah kepada Nya diwaktu pagi dan sore. Dialah yang memberi rahmat kepadamu dan malaikat Nya (memohonkan ampun untukmu) supaya Dia mengeluarkan kamu dari kegelapan kepada cahaya (yang terang). Dan adalah Dia Yang Maha Penyayang kepada orang-orang yang beriman."

Dzikir setelah sholat fajar dan subuh menjadi salah satu momen yang dianjurkan bagi umat muslim.

“Beliau tidak bangun dari tempat shalatnya setelah shalat subuh atau pagi sampai terbitnya matahari. Jika matahari terbit beliau bangun (untuk shalat). Dahulu mereka membicarakan peristiwa-peristiwa yang mereka alami ketika masih jahiliyah, lalu mereka tertawa dan tersenyum.” (HR: Muslim)

Allah pun berfirman menghimbau umat Islam untuk berzikir mengingat-nya.

“Hai, sekalian orang yang mu’min! Ingatlah Allah sebanyak-banyaknya dan tasbihlah memuji Allah pagi-pagi dan petang-petang” (Al Ahzab : 41 – 42).

Keutamaan berdzikir

1. “Barang siapa yang shalat shubuh berjamaah kemudian duduk berdzikir hingga matahari terbit kemudian shalat dua rakaat maka baginya pahala seperti pahala haji dan umrah sempurna, sempurna.” (HR Imam Tirmizi)

2. “Barang siapa yang salat fajar kemudian berdzikir hingga terbit matahari maka api neraka tidak akan menyentuh kulit orang tersebut selamanya.” (HR. Baihaqi)

Baca Juga: Allah Jadi Sandaran Terbaik Bagi Seluruh Umat, Inilah Doa yang Dipanjatkan Agar Diteguhkan Hati

Susunan bacaan dzikir

Dilansir dari Kompas.tv, berikut susunan bacaan dzikir dikutip dari e-book berjudul Doa dan Dzikir yang ditulis Syeikh Abdulaziz bin Baz.

1. Membaca istighfar sebanyak 3 kali

Astaghfirullaahal ‘adziim alladzii laaailaaha illaa huwal hayyul qoyyuum wa atuubu ilaih.

Artinya: "Aku memohon ampun kepada Allah yang maha agung , tiada Tuhan yang berhak disembah kecuali Allah , dzat yang maha hidup kekal abadi dan terus menerus mengurus makhluknya tiada henti. Dan aku bertaubat kepada-Nya."

2. Membaca dzikir kalimat tauhid

Laaailaaha illallaah wahdahu laa syariikalah lahul mulku walahul hamdu yuhyii wayumiitu wahuwa ‘alaa kulli syain qodiir.

Artinya: "Tiada Tuhan yang haq disembah kecuali Allah semata, tiada sekutu baginya. Hanya milikinya segala kerajaan dan hanya milikinya segala puji, baik yang hidup atau mati, Dialah Dzat yang kuasa atas segala sesuatu".

Baca Juga: Jadi Salah Satu Kunci Masuk Surga, Ini Dia Keutamaan Menjalankan Salat Tahajud, Lengkap dengan Tata Cara Pelaksanaannya

3. Membaca doa selamat

Allaahumma antas salaam waminkas salaam wa ilaika ya’uudus salaam fahayyinaa robbanaa bis salaam wa adkhilnal jannata daaros salaam tabaarokta robbanaa wa ta’aalaita yaa dzal jalaali wal ikroom.

Artinya: "Ya Allah, engkaulah Dzat yang memberi keselamatan (kesejahteraan), hanya darimu lah keselamatan (kesejahteraan) dan kepadamua lah segala keselamatan (kesejahteraan) itu kembali. Maka hidupkanlah kami Ya Allah dengan selamat (sejahtera), masukkan kami ke dalam surga rumah keselamatan (kesejahteraan), Engkaulah Dzat yang berkah wahai Tuhan kami dan maha luhur Engkau, Ya Tuhan kami yang Dzat yang memiliki keagungan dan kemuliaan".

4. Membaca ayat kursi

Bacaan Ayat Kursi (Al Baqarah ayat 255)

اللَّهُ لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ لَا تَأْخُذُهُ سِنَةٌ وَلَا نَوْمٌ لَهُ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَمَا فِي الْأَرْضِ مَنْ ذَا الَّذِي يَشْفَعُ عِنْدَهُ إِلَّا بِإِذْنِهِ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ وَلَا يُحِيطُونَ بِشَيْءٍ مِنْ عِلْمِهِ إِلَّا بِمَا شَاءَ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ وَلَا يَئُودُهُ حِفْظُهُمَا وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيمُ

"Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia Yang Hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya); tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Tiada yang dapat memberi syafa’at di sisi Allah tanpa izin-Nya? Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar“

5. Membaca surah Al-Fatihah

6. Membaca Tasbih, Tahmid, dan Takbir 33 kali

Artikel ini telah tayang di TribunStyle.com dengan judul Kebaikan Setara Umroh, Berikut Kumpulan Dzikir Setelah Sholat Subuh, Dipermudah Masuk Surga

Baca Juga: Rezeki Lancar Sepanjang Hari, Bacaan Doa di Pagi Hari yang Dicontohkan oleh Rasulullah yang Bisa Jauhkan dari Musibah

(*)

Editor : Nailul Iffah

Sumber : TribunStyle.com

Baca Lainnya