Satu Indonesia Yakin Cokelat Bisa Kembalikan Mood, tapi Siapa Sangka Makanan Favorit Sejuta Umat Ini Juga Bermanfaat Jaga Kesehatan Tubuh, Gak Percaya?

Selasa, 28 Desember 2021 | 13:15
Freepik

Manfaat makan cokelat

GridHype.ID - Sejumlah orang mungkin percaya jika makan cokelat bisa meningkatkan suasana hati jadi lebih baik.

Menariknya, klaim terkait cokelat yang mampu meningkatkan suasana hati ternyata sudah terbukti secara ilmiah, loh.

Melansir Kompas.com, hal tersebut telah dibuktikan oleh satu studi baru yang dimuat dalam The Journal of Nutritional Biochemistry.

Penelitian tersebut menunjukkan, makan cokelat bisa mengembalikan suasana hati sekaligus juga bermanfaat bagi kesehatan fisik.

Hal ini ditemukan dalam sebuah studi terkontrol yang melibatkan peserta berusia 20-30 tahun.

Cokelat hitam (dark chocolate) yang mengandung kakao 85 persen terkait dengan mood yang lebih baik dan usus yang lebih sehat.

Peserta dibagi ke dalam dua kelompok berdasarkan kandungan kakao pada cokelat.

Satu kelompok memakan cokelat hitam yang mengandung 70 persen kakao, sedangkan kelompok lainnya mengonsumsi cokelat hitam dengan 85 persen kakao.

Kedua kelompok sama-sama memakan cokelat hitam itu selama tiga minggu.

Baca Juga: Pasti Nyesel karena Baru Tahu Sekarang, Masker Bawang Merah Ternyata Ampuh Hilangkan Flek Hitam di Wajah, Begini Caranya

Di akhir uji coba, seluruh peserta diukur menggunakan Positive and Negative Affect Schedule (PANAS) untuk melacak perubahan emosi peserta per minggu.

Hasilnya, kelompok peserta yang mengonsumsi cokelat hitam dengan 85 persen kakao mengalami penurunan pengaruh negatif suasana hati.

Kondisi ini dibandingkan kelompok peserta yang mengonsumsi cokelat hitam 70 persen.

Para peneliti studi juga mengevaluasi efek pengubah suasana hati dari cokelat hitam dan bagaimana pengaruhnya pada mikrobiota usus.

Sudah banyak penelitian yang membahas kaitan antara kesehatan usus dan kesehatan mental.

Harvard Health menyatakan, mengonsumsi makanan yang mengandung bahan kimia tambahan dan diproses berlebihan dapat berdampak negatif pada bakteri sehat di usus dan meningkatkan risiko penyakit.

Selain itu, makanan dengan kandungan bahan kimia yang diolah akan memengaruhi suasana hati secara negatif.

Sebaliknya, satu studi yang dimuat dalam jurnal Molecular Psychiatry mengaitkan konsumsi makanan sehat dan perlindungan terhadap depresi.

Diet Mediterania merupakan satu contoh diet sehat, di mana pelakunya mengonsumsi makanan yang menyehatkan usus.

Untuk menjaga kesehatan usus, suatu diet harus mengandung makanan prebiotik dan probiotik yang bermanfaat.

Baca Juga: Dijamin Bikin Semua Wanita Kegirangan, Air Kelapa Hijau Ternyata Ampuh Usir Flek Hitam di Wajah, Caranya Gampang Banget!

Makanan prebiotik yang didapatkan dalam bentuk serat makanan, yang memberi makan bakteri baik di usus dan membuat sistem pencernaan berkembang.

Sementara itu, makanan probiotik adalah bakteri hidup dan ragi yang baik untuk sistem pencernaan dan dapat meningkatkan dan memulihkan bakteri di usus.

Cokelat hitam berfungsi sebagai prebiotik dalam usus, mengingat kandungan serat yang tinggi dari cokelat tersebut.

Departemen Pertanian AS menyatakan, setiap 101 gram cokelat hitam batangan --baik 70 persen maupun 85 persen-- mengandung 11 gram serat.

Semakin tinggi persentase kakao dalam cokelat hitam batangan, semakin tinggi kandungan serat yang terdapat pada cokelat tersebut.

Kandungan serat yang tinggi ini tentunya dapat dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan usus.

Manfaat lain dari makan cokelat

Mengutip Sonora.ID, berikut ragam manfaat cokelat bagi kesehatan dan kecantikan kulit yang bisa mencegah berbagai penyakit kronis, seperti dirangkum dari Medical Newt Today, Selasa (22/10/2019).

1. Mencegah Penyakit Jantung dan Stroke

Penelitian dari The Journal of Nutrition menyatakan cokelat dapat menurunkan kolesterol jahat (LDL).

Baca Juga: Jangan Kaget dengan Hasilnya, Cuma Modal Bumbu Dapur Ini Dijamin Flek Hitam di Wajahmu Langsung Hilang, Begini Caranya

Para peneliti menyimpulkan mengonsumsi cokelat secara teratur dapat mendukung kesehatan kardiovaskular dengan menurunkan kolesterol dan meningkatkan tekanan darah.

Mengonsumsi cokelat dalam jumlah sedang juga bisa mengurangi risiko atrial fibrillation, yakni kondisi detak jantung yang tidak teratur yang dapat meningkatkan risiko stroke, gagal jantung, dan komplikasi jantung lainnya.

2. Melawan Sel Kanker

Cokelat adalah salah satu makanan yang dapat mencegah dan melawan sel kanker. Sehingga mampu menurunkan risiko penyakit kanker yang berbahaya.

3. Menurunkan Tekanan Darah

Apakah Anda memiliki riwayat darah tinggi? Cokelat adalah solusinya. Buah biji kakao ini terkenal mampu menurunkan tekanan darah tinggi.

Di sisi lain, cokelat sangat berperan penting melindungi peredaran darah atau aliran darah berkat kandungan senyawa flavonoidnya.

4. Menurunkan Berat Badan

Penelitian dari University of Copenhagen menemukan bahwa biji buah kakao ini dapat membuat mudah kenyang.

Tetapi Anda harus memerhatikan jumlah asupan cokelat, jangan mengonsumsinya berlebihan.

Baca Juga: Jangan Nyesel karena Nggak Berani Coba, Obat Rumahan Ini Dijamin Ampuh Atasi Flek Hitam di Wajahmu, Begini Cara Buatnya

(*)

Editor : Nailul Iffah

Sumber : Kompas.com, Sonora.ID

Baca Lainnya