Jadi Salah Satu Ibadah yang Bisa Hapus Dosa, Simak Doa dan Dzikir Setelah Salat Dhuha yang Dianjurkan Dibaca

Jumat, 24 Desember 2021 | 09:30
unsplash.com/unsplash.com/photos/Masjid Pogung Dalangan

ilustrasi orang sholat pakai sarung

GridHype.ID - Amalan selain yang diwajibkan untuk dilaksanakan, ada baiknya umat Muslim juga menjalankan amalan sunnah-nya.

Sebab, amalan sunnah yang dijalankan umat Muslim bisa menambah pahala.

Seperti misalnya ibadah salat dhuha yang memiliki sederet keutamaan.

Salat dhuha merupakan salah satu salat yang dilaksanakan pada pagi hari.

Salat ini dikerjakan pada waktu pagi hari, setelah matahari terbit, hingga menjelang masuk dzuhur.

Syarat lainnya yakni salat ini dikerjakan minimal dua rakaat, dan maksimal 12 rakaat.

Waktu ini juga termasuk mustajab untuk berdzikir dan berdoa.

Selepas salat dhuha, bisa dilanjutkan dengan berdzikir.

Sehabis mengerjakan salat dhuha, panjatkan istigfar.

Baca Juga: Jadi Amalan Baik Untuk Memulai Hari, Simak Doa dan Zikir Pendek yang Dianjurkan 100 Kali Sehari Untuk Perkuat Iman

أَسْتَغْفِرُ اللهَ اْلعَظِيْمِ مِنْ كُلِّ ذَنْبِ اْلعَظِيْمِ لَايَغْفِرُالذُّ نُوْبَ اِلَّااَنْتَ فَاغْفِرْلَنَا مَغْفِرَتً مِنْ عِنْدِكَ وَارْحَمْنَااِنَّكَ اَنْتَ اْلغَفُوْرُالرَّحِيْ­م

Astagfirullohal ‘azhiim mingkulli dzanbil ‘adhiim la yaghfirudzdzunuuba illaa anta faghfirlanaa maghfirotan min ‘indik warhamnaa innaka antal ghofuurur Rohiim.

Doa setelah salat dhuha

Setelah itu, dilanjutkan dengan membaca doa berikut ini.

اللَّهُمَّ إنَّ الضُّحَى ضَحَاؤُك وَالْبَهَا بَهَاؤُك وَالْجَمَالُ جَمَالُك وَالْقُوَّةُ قُوَّتُك وَالْقُدْرَةُ قُدْرَتُك وَالْعِصْمَةُ عِصْمَتُك اللَّهُمَّ إنْ كَانَ رِزْقِي فِي السَّمَاءِ فَأَنْزِلْهُ وَإِنْ كَانَ فِي الْأَرْضِ فَأَخْرِجْهُ وَإِنْ كَانَ مُعْسِرًا فَيَسِّرْهُ وَإِنْ كَانَ حَرَامًا فَطَهِّرْهُ وَإِنْ كَانَ بَعِيدًا فَقَرِّبْهُ بِحَقِّ ضَحَائِكَ وَبِهَائِك وَجَمَالِك وَقُوَّتِك وَقُدْرَتِك آتِنِي مَا آتَيْت عِبَادَك الصَّالِحِينَ

Allahumma innad-duhaa’a duhaa’uka wal bahaa’a bahaa’auka wal-jamaala jamaaluka wal-quwwata quwwatuka wal-qudrota qudratuka wal-‘ismata ‘ismatuka.

Allaahumma in kaana rizqii fis-samaa’i fa anzilhu, wa in kaana fil-ardi fa akhrijhu, wa in kaana mu’assiran fa yassirhu, wa in kaana haraaman fa tahhirhu wa in kaana ba’iidan fa qarribhu bi haqqi duhaa’ika wa bahaa’ika wa jamaalika wa quwwatika wa qudratika, aatinii maa aataita ‘ibaadakash-shalihiin.

Artinya:

"Ya Allah, sesungguhnya waktu Dhuha adalah waktu Dhuha-Mu, keagungan adalah keagungan-Mu, keindahan adalah keindahan-Mu, kekuatan adalah kekuatan-Mu, penjagaan adalah penjagaan-Mu.

Ya Allah, apabila rezekiku berada di atas langit maka turunkanlah, apabila berada di dalam bumi maka keluarkanlah, apabila sukar mudahkanlah, apabila haram sucikanlah, apabila jauh dekatkanlah dengan kebenaran dhuha-Mu, kekuasaan-Mu (wahai Tuhanku), datangkanlah padaku apa yang Engkau datangkan kepada hamba-hamba-Mu yang sholeh."

Baca Juga: Panjatkan Doa Ini Saat Hujan Lebat yang Disertai Petir, Mampu Usir Rasa Panik yang Menghantui

Manfaat dan Keutamaan salat dhuha

1. Salat Dhuha sebagai Wasiat Rasulullah

Dari Abu Hurairah Ra berkata:

“Kekasihku Rasulullah saw telah berpesan kepadaku supaya berpuasa tiga hari setiap bulan, dan dua rakaat salat Dhuha, dan shalat witir sebelum tidur.” ( HR. Buhkari dan Muslim).

2. Dua rakaat salat Dhuha senilai 360 sedekah

Keutamaan ini banyak dikaitkan dengan lancarnya rezeki, karena setara dengan 360 sedekah.

يُصْبِحُ عَلَى كُلِّ سُلاَمَى مِنْ أَحَدِكُمْ صَدَقَةٌ فَكُلُّ تَسْبِيحَةٍ صَدَقَةٌ وَكُلُّ تَحْمِيدَةٍ صَدَقَةٌ وَكُلُّ تَهْلِيلَةٍ صَدَقَةٌ وَكُلُّ تَكْبِيرَةٍ صَدَقَةٌ وَأَمْرٌ بِالْمَعْرُوفِ صَدَقَةٌ وَنَهْىٌ عَنِ الْمُنْكَرِ صَدَقَةٌ وَيُجْزِئُ مِنْ ذَلِكَ رَكْعَتَانِ يَرْكَعُهُمَا مِنَ الضُّحَى

“Setiap pagi, setiap ruas anggota badan kalian wajib dikeluarkan sedekahnya. Setiap tasbih adalah sedekah, setiap tahmid adalah sedekah, setiap tahlil adalah sedekah, setiap takbir adalah sedekah, menyuruh kepada kebaikan adalah sedekah, dan melarang berbuat munkar adalah sedekah. Semua itu dapat diganti dengan shalat Dhuha dua rakaat.” (HR. Muslim)

3. Empat Rakaat salat Dhuha Membawa Kecukupan Rezeki

Allah ‘Azza wa Jalla berfirman, “Wahai anak Adam, janganlah engkau luput dari empat rakaat di awal harimu, niscaya Aku cukupkan untukmu di sepanjang hari itu.” (HR. Ahmad)

Baca Juga: Tiap Doa Pasti akan Diterima Allah, Berikut Bacaaan Doa untuk Kedua Orang Tua Dilengkapi Tulisan Arab Beserta Artinya

4. Salat Dhuha dua rakaat sebagai pengganti tasbih, tahmid dan tahlil

Rasulullah bersabda:

“Setiap pagi ada kewajiban untuk tiap-tiap persendian bersedekah. Tiap-tiap tasbih itu sedekah, tiap-tiap tahlil sedekah, tiap-tiap tahmid sedekah, tiap-tiap takbir sedekah, tiap-tiap menganjurkan kebaikan sedekah, tiap-tiap mencegah yang mungkar sedekah dan cukup menggantikan semua itu dengan dua rakaat shalat Dhuha”. (HR Muslim)

5. Salat Dhuha sebagai penghapus dosa

Hal ini sesuai dengan sabda Raulullah:

“Barang siapa yang mengerjakan sholat Dhuha dan mampu menjaganya setiap waktu, niscaya Allah mengampuni dosa-dosanya. Sekalipun dosa-dosanya itu banyak seperti buih di lautan.” (HR. Tirmidzi dari Abu Daud Ra)

6. Berpahala Umrah

Mengerjakan salat Dhuha tentunya akan mendapatkan pahala.

Pahala dari salat Dhuha setara dengan pahala mengerjakan umrah.

Sesuai dengan isi hadist dari Abu Hurairah RA bahwa Rasulullah SAW bersabda : “Barangsiapa yang keluar dari rumahnya dalam keadaan bersuci untuk melaksanakan shalat wajib maka pahalanya seperti seorang yang melaksanakan haji. Barangsiapa yang keluar untuk melaksanakan shalat Dhuha maka pahalanya seperti orang yang melaksanakan umrah. (Shahih al-Targhib : 673).

Artikel ini telah tayang di TribunStyle.com dengan judul Sederet Keutamaan Menjalankan Salat Dhuha Setiap Hari, Salah Satu Ibadah yang Pahalanya Setara Umrah

Baca Juga: Doa agar Dijauhkan dari Kemiskinan, Ini Dzikir Pendek yang Dianjurkan Dibaca 100 Kali Sehari

(*)

Editor : Ngesti Sekar Dewi

Sumber : TribunStyle.com

Baca Lainnya