Bisa Jadi Sebab Masuk Surga, Berikut 4 Keutamaan Membaca Ayah Kursi di Waktu Terbaik Ini

Sabtu, 04 Desember 2021 | 19:00
Internet

Ilustrasi baca Al Quran

GridHype.ID - Membaca ayat kursi bagi seorang Muslim dipercaya mampu mendatangkan beragam manfaat luar biasa.

Dengan membaca ayat kursi, bisa jadi sebab seorang muslim masuk surga jika dipanjatkan di beberapa waktu khusus.

Seperti yang diketahui, ayat kursi adalah ayat yang terletak dalam surat Al Baqarah ayat 255.

Di dalamnya terdapat pemaparan 3 macam tauhid: tauhid rububiyah, tauhid uluhiyah, dan tauhid nama dan sifat Allah.

Bacaan Ayat Kursi (Al Baqarah ayat 255)

اللَّهُ لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ لَا تَأْخُذُهُ سِنَةٌ وَلَا نَوْمٌ لَهُ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَمَا فِي الْأَرْضِ مَنْ ذَا الَّذِي يَشْفَعُ عِنْدَهُ إِلَّا بِإِذْنِهِ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ وَلَا يُحِيطُونَ بِشَيْءٍ مِنْ عِلْمِهِ إِلَّا بِمَا شَاءَ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ وَلَا يَئُودُهُ حِفْظُهُمَا وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيمُ

"Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia Yang Hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya); tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Tiada yang dapat memberi syafa’at di sisi Allah tanpa izin-Nya? Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar“

Ayat Kursi dianjurkan dibaca dalam beberapa momen sehari, seperti saat pagi dan petang, sebelum tidur dan setelah sholat lima waktu.

Baca Juga: Bisa Datangkan Rezeki Disaat yang Tak Terduga, Berikut 5 Doa Kelancaran Dimudahkan Rezeki dalam Sehari-hari

Lantas apa saja keutamaan membaca ayat kursi?

Dilansir dari berbagai sumber, berikut 4 keutamaan dari membaca ayat kursi:

1. Ayat yang Paling Agung dalam Al-Quran

Sebagaimana yang ada pada pertanyaan yang diajukan oleh Rasulullah kepada Ubay bin Ka’ab,

“Ayat mana yang paling agung dalam kitabullah?” Ubay menjawab, “Ayat kursi.” Maka beliau Shallallahu ‘alaihi wasallam menepuk dada Ubay kemudian berkata, “Wahai Abu Mundzir, semoga engkau berbahagia dengan ilmu yang engkau miliki.” (HR. Muslim).

Ayat Kursi dikategorikan sebagai ayat yang paling agung karena di dalamnya terdapat nama Allah yang paling agung, yaitu Al Hayyu dan Al Qayyum.

Namun ulama berselisih pendapat manakah nama Allah yang paling agung.

2. Keagungannya Melebihi Langit dan Bumi

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Tidaklah Allah menciptakan langit dan bumi melebihi agungnya Ayat Kursi (karena di dalam ayat tersebut telah mencakup Nama dan Sifat Allah)”

Baca Juga: Jangan Sampai Terlewatkan, Bacaan Dzikir Petang Berikut Bawa Sejuta Manfaat, Dilindungi dari Berbagai Gangguan hingga Siksaan Neraka

Sufyan ats-Tsauri berkata, “Sebab ayat kursi merupakan (salah satu) kalamullah (perkataan Allah), sedangkan kalamullah itu lebih agung dari ciptaan Allah yang berupa langit dan bumi” (HR. At-Tirmidzi)

3. Salah Satu Bacaan Dzikir Sebelum Tidur

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Apabila engkau mendatangi tempat tidur (di malam hari), bacalah Ayat Kursi, niscaya Allah akan senantiasa menjagamu dan setan tidak akan mendekatimu hingga waktu pagi” (HR. Al-Bukhari).

Jadikanlah ayat kursi sebagai dzikir rutin yang dibaca ketika hendak tidur. Selain itu, ayat kursi juga termasuk bacaan dzikir pagi dan petang.

4. Salah Satu Sebab Masuk Surga

Ayat kursi menjadi salah satu sarana agar semakin dekat dengan Allah juga mempermudah masuk surga.

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa yang membaca Ayat Kursi setelah selesai shalat, maka tidak ada yang menghalanginya masuk surga kecuali kematian” (HR. An Nasa-i, dinilai shahih oleh Syaikh Al-Albani).

Artikel ini telah tayang di TribunStyle.com dengan judul 4 Keutamaan Membaca Ayat Kursi, Jadi Sebab Masuk Surga, Berikut Tulisan Arab, Latin dan Arti

Baca Juga: Jadi Kunci Masuk Surga, Berikut Tata Cara Sholat Tahajud dan Doanya, Serta Berbagai Keutamaan yang Bisa Kamu Raih

(*)

Editor : Ngesti Sekar Dewi

Sumber : TribunStyle.com

Baca Lainnya