Padahal Jadi Penyebab Kematian Tertinggi bagi Wanita, 70 Persen Pasien Baru Sadar Kena Kanker Payudara Setelah Dekati Stadium Lanjut

Kamis, 21 Oktober 2021 | 15:00
Freepik/jcomp

Ilustrasi kanker payudara

GridHype.ID -Kanker payudara adalah penyakit mematikan yang menjadi momok bagi semua orang, terutama bagi wanita.

Betapa tidak? Kanker payudara ini menjadi penyakit kronis yang paling banyak diidap oleh kaum hawa.

Meski demikian, tak sedikit wanita yang masih abaik terhadap gejala kanker payudara.

Sementara itu, melansir dari Tribunnews.com, data dari Yayasan Kanker Payudara Indonesa (YKPI), menunjukan bahwa kanker payudara merupakan salah satu penyebab kematian tertinggi bagi wanita, bukan hanya di Indonesia bahkan di seluruh dunia.

Jumlah penderita kanker payudara di dunia pada tahun 2020 mencapai 19,3 juta kasus dengan angka kematian sampai 10 juta jiwa.

Angka ini meningkat dibanding tahun 2018 yang mencatat ada 18,1 juta (30.9%) kasus dengan jumlah kematian 9,6 juta jiwa.

Khusus di Indonesia, YKPI 2020 menyebutkan untuk estimasi kasus kanker menunjukan bahwa kanker payudara menempati peringkat pertama.

Sedangkan untuk angka kematian kanker payudara berada di peringkat kedua setelah kanker paru.

Baca Juga: Wajib Banget Tahu, Inilah Sederet Makanan Pencegah Kanker Payudara yang Bisa Kamu Konsumsi, Apa Saja?

“Lebih rajin periksa payudara si, pola makan dijaga dan kalau ada keluhan jangan takut untuk periksa langsung ke dokter,” ucap Rani Nur Firdausi, cancer surviver ketika berkunjung ke kantor Merche.id dalam rangka memperingati hari Oktober Pink belum lama ini.

Rani mengajak perempuan-perempuan Indonesia diminta aktif dan rutin memeriksa kesehatan payudara demi mencegah dan mengurangi kasus kanker payudara di Indonesia.

“Sebanyak 70 persen wanita Indonesia ini baru menyadari jika dirinya terkena kanker payudara setelah mendekati stadium lanjut,” karta Rani.

Sementara Tari Puji Lestari selaku Founder Merche.id. mengatakan, merche.id sebuah brand fashion yang sangat digemari perempuan saat ini ikut berpartisipasi dalam memberikan penyuluhan kepada para perempuan baik penyintas kanker atau bukan.

Untuk itu, merche.id mengeluarkan sebuah produk bernama “The Love Series” sebagai bentuk perhatian produk fashion ini kepada cancer surviver.

“Nantinya hasil dari penjualan produk The Love Series ini akan didonasikan kepada YKPI untuk mendukung program penanggulangan dan penyuluhan kanker payudara di Indonesia,” ucap Camelia E. Bianca selaku Brand Manager merche.id dalam keterangannya, Rabu (20/10/2021).

Menurut Camelia, pihaknya menggandeng Yayasan Kanker Payudara Indonesia (YKPI) untuk menyalurkan donasi hasil penjualan kepada para penyintas.

Selain itu, kata Camelia apa yang dilakukan pihaknya ini sudah sejalan dengan program perusahaannya yaitu Woman Empowering Woman.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul "70 Persen Wanita Indonesia Baru Sadar Kena Kanker Payudara Saat Penyakit Ini Dekati Stadium Lanjut"

Baca Juga: Jadi Gejala Kanker, Amankah Cairan yang Keluar dari Payudara Meski Tidak Menyusui?

(*)

Editor : Helna Estalansa

Sumber : Tribunnews.com

Baca Lainnya