GridHype.id- Di zaman yang semakin berkembang, banyak hal dilakukan secara digital.
Apalagi di masa pandemi seperti saat ini, teknologi digital sangat memudahkan kita untuk melakukan beragam aktivitas penting.
Dengan perkembangan teknologi yang semakin maju, kini kelengkapan berkas-berkas tak lagi dilakukan secara manual.
Jika biasanya kita mengisi tanda tangan dengan menggunakan pulpen, saat ini kita bisa membuatnya secara digital.
Cara ini biasanya dilakukan untuk membubuhkan tanda tangan pada dokumen elektronik.
Bagaimana caranya?
Dilansir dari Kompas.com, Anda bisa memasukkan tanda tangan lewat Microsoft Word.
Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
- Pertama, siapkan kertas putih polos dan pulpen dengan tinta hitam.
- Buatlah tanda tangan di kertas tersebut dengan jelas.
- Setelah itu, foto tanda tangan yang sudah anda buat menggunakan kamera ponsel.
- Pastikan pengambilan foto dilakukan dengan pencahayaan yang baik.
- Selanjutnya, pindahkan file foto tersebut ke laptop atau komputer.
- Ini anda bisa mulai membuka Microsoft Word.
- Letakkan kursor pada area yang ingin dibubuhi tanda tangan digital.
- Klik "insert" kemudian pilih opsi "picture".
- Setelah itu pilih tanda tangan digital yang sudah anda simpan.
- Klik "insert".
- Setelah itu klik tanda tangan digital dan pilih menu "format".
- Kemudian pilih opsi "color"
- Selanjutnya pilih opsi "set transparan color".
- Ketuk area latar pada gambar tanda tangan digital agar membuatnya terlihat transparan.
- Untuk menyesuaikan ukuran, Anda bisa menggunakan opsi crop pada bagian yang tidak diperlukan.
- Anda juga bisa memperbesar dan memperkecil ukuran sesuai kebutuhan.
- Setelah itu klik kanan pada gambar dan pilih "behind text" pada opsi "wrap text".
- Cara ini digunakan untuk membuat tanda tangan bisa diatur posisinya.
- Terakhir, letakkan tanda tangan sesuai posisi yang diinginkan.
Setelah berhasil memasukkan tanda tangan digital ke Microsoft Word, Anda juga bisa menyimpannya.
Dengan menyimpannya, ada akan lebih mudah memasukkan tanda tangan ke dokumen elektronik yang lain.
Caranya adalah dengan menyimpan pada tanggal tersebut di "quick parts".
Dengan cara ini, anda tidak perlu melakukan langkah-langkahnya sejak awal.
Baca Juga: Jadi Penting Sejak WFH, Begini Cara Ganti Background Zoom di Android dan iPhone
Caranya adalah sebagai berikut:
- Klik tanda tangan yang sudah berubah menjadi transparan.
- Lalu klik "insert" dan pilih "quick parts".
- Lanjut memilih opsi "save selection to quick parts gallery".
- Jika sudah, akan muncul jendela "create new building block".
- Pada bagian kolom "name", isikan judul tandatangan sesuai keinginan anda.
- Pada kolom "galeri", klik icon segitiga ke bawah dan pilih "auto text".
- Setelah itu tekan "oke".
- Pada tahap ini tanda tangan digital anda sudah tersimpan permanen di Microsoft Word.
- Jika ingin menambahkannya kembali pada dokumen yang lain, anda hanya perlu mengakses tanda tangan dengan mengklik "insert" > "Quick Parts" > "Auto Text" > pilih tanda tangan mana yang akan dimasukkan.
(*)