Pernikahannya Bikin Resah Seantero Negeri Sampai Diseret ke Kepolisian, Pelapor Rizky Billar dan Lesti Kejora Masih Buka Pintu Damai, Minta Leslar Lakukan Hal Ini

Sabtu, 09 Oktober 2021 | 14:30
Instagram @lestykejora

Rizky Billar dan Lesti Kejora

GridHype.ID - Pasangan Rizky Billar dan Lesti Kejora belakangan ini tengah menjadi bulanan netizen.

Pasalnya, Rizky Billar dan Lesti Kejora dianggap telah melakukan kebohongan publik sehingga menyulut amarah netizen.

Hal ini merupakan buntut dari pengumuman nikah siri Rizky Billar dengan Lesti Kejora beberapa waktu lalu lewat siaran langsung RANS Entertainment.

Bahkan, Mila Machmudah mengadukan Rizky Billar ke Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya atas dugaan memberikan keterangan palsu dan penyiaran berita bohong.

Mengenai aduan tersebut, Kuasa hukum Mila Machmudah, Edi Prastio seperti yang dikutip dari Kompas.com menjelaskan, permasalah yang dialami Rizky Billar sehingga diadukan ke polisi.

"Permasalahannya pada proses pencatatan nikah, di KUA-nya tidak melalui sidang isbat, (seharusnya) nikah dulu di Pengadilan Agama, mengingat mereka berdua sudah nikah siri atau agama," ucap Edi Prastio kepada Kompas.com, Kamis.

"Bila melalui sidang isbat, berarti mengikuti tanggal pernikahan secara siri yang dicatatkan di KUA. Sehingga nasab anak lahir nanti ikut nasab ayahnya, Billar."

"Tapi kalau mengikuti pernikahan negara, nasab sang anak nanti ikut ibunya," kata Edi Prastio melanjutkan.

Dalam aduan ini, Rizky Billar dijerat dengan Pasal 266 KUHP juncto Pasal 14 dan atau Pasal 15 Undang Undang Nomor 1 Tahun 1946 Tentang Peraturan Hukum Pidana.

Baca Juga: Hasil USG Sudah Muncul, Buah Hati Rizky Billar dan Lesti Kejora Bak Salinan Wajah Ibunda

Meski demikian, Edi Prastio mengatakan ia dan kliennya tetap mengedepankan upaya damai atau restorative justice kepada artis peran Rizky Billar.

Meski begitu, Edi Prastio berujar upaya damai itu harus melalui kesepakatan terlebih dahulu.

"Leslar (Lesti Kejora dan Rizky Billar) diharapkan membuat pengakuan atau minta maaf ke publik."

"Karena, sampai saat ini belum ada iktikad baik dari Leslar untuk minta maaf ke publik," ucap Edi Prastio saat ditemui di Polda Metro Jaya, Kamis (7/10/2021).

Tak sampai di situ saja, Lesti Kejora dan Rizky Billar juga masih menjadi sasaran kemarahan netizen.

Tapi, mengapa netizen marah pada Lesti dan Billar karena menikah siri terlebih dahulu?

Melansir GridPop.ID dari Kompas.com, pakar media dari Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Nina Widyawati mengurai fakta mengejutkan.

Ia berkata bahwa sebelum kita mencari titik mengapa netizen marah kepada Lesti dan Billar soal kehidupan pribadi mereka, kita harus tahu terlebih dulu kenapa Lesti Kejora dijadikan idola oleh banyak orang.

Menurut Nina, sejak zaman dulu dongeng si miskin menjadi kaya selalu disukai pembaca yang berfantasi untuk menjadi seperti tokoh tersebut.

Apalagi jika kisah tersebut nyata atau success story, maka orang makin tertarik karena ingin mengambil pelajaran dari perjalanan sukses tersebut.

Baca Juga: Timbulkan Berbagai Polemik di Masyarakat, Rizky Billar dan Lesti Kejora Akhinya Blak-blakan Soal Fakta Pernikahan Sirinya

Oleh karena itu, tidak heran jika perjalanan seorang Lesti yang dahulunya sempat menjalani profesi sebagai asisten rumah tangga dan kini menjadi seorang artis, menarik perhatian banyak orang.

Lebih lanjut, Nina menjelaskan, perjalanan sukses Lesti Kejora bukan diraih secara instan.

Namun melalui kerja kerasnya dalam meniti karier sebagai penyanyi dangdut sehingga mimpi netizen untuk menjadi seperti Lesti Kejora menjadi real atau kenyataan.

"Dalam perjalanan hidupnya Lesti Kejora dipersunting oleh laki-laki tampan yang merupakan penyanyi dan artis peran, lengkap sudah kehidupannya," ujar Nina.

"Kehidupan yang tadinya ada di negeri dongeng, yang ternyata ada di kehidupan nyata, dikomodifikasi oleh industri penyiaran menjadi komoditas yang bernilai ekonomi," imbuhnya.

Oleh karena itu, kata dia, televisi menayangkan acara pernikahan Lesti Kejora secara lengkap dan hasilnya memuaskan, penontonnya luar biasa.

Nah, dari perjalanan panjang Lesti Kejora menjadi seorang idola, belum pernah ada celah yang membuat penggemarnya berbalik arah untuk menghujat Lesti.

Oleh karena itu, ketika Lesti diisukan hamil duluan dan Leslar mengklarifikasi dengan mengatakan bahwa mereka sudah menikah siri, publik pun menjadi marah dan merasa dikhianati.

Sebab, publik memiliki trust atau kepercayaan terhadap tokoh yang dikagumi dan berharap tokoh tersebut menjadi panutan atau suri tauladan.

"Ketika publik merasa dibohongi, maka niatan untuk meneladani si tokoh menjadi pudar," ujar Nina.

Baca Juga: Nyaris Ikuti Jejak Lesti Kejora dan Rizky Billar, Atta Halilintar Kena Semprot Anang Hermansyah Saat Minta Menikah Siri dengan Aurel Hermansyah

Lantas, apakah sikap netizen yang marah karena merasa tertipu oleh idola mereka sendiri bisa dianggap normal?

Ditegaskan oleh Nina, sikap netizen yang marah adalah wajar karena yang dilakukan Leslar adalah kebohongan publik.

"Jika ditanya apa ruginya netizen jika Leslar sudah menikah duluan? Acara yang dipermasalahkan adalah akad nikah yang dilakukan secara live," ujarnya.

Netizen bisa saja merasa ingin marah karena sudah menghabiskan kuota internet serta waktu untuk menonton acara yang digelar di televisi.

Padahal itu bukanlah acara resmi pernikahan pertama alias dibuat-buat saja.

"Persoalannya, acara tersebut bukan diberi judul sebagai reality show melainkan liputan langsung," tambahnya.

Walaupun reality show merupakan kisah nyata kehidupan sehari-hari tetapi dalam produksinya menggunakan skenario.

Sementara itu, acara liputan langsung tidak menggunakan skenario yang ketat.

Terlebih lagi, kata Nina, kebetulan acara lamaran disiarkan di platform digital sehingga bisa dikenakan UU ITE yang mengatur pasal tentang berita bohong.

Baca Juga: Tudingan Lesty Kejora Sudah Berbadan Dua Sebelum Nikah Santer Tuai Sorotan, Aurel Hermansyah Beri Wejangan Khusus pada Istri Rizky Billar

(*)

Editor : Nailul Iffah

Sumber : Kompas.com, GridPop.ID

Baca Lainnya