Bisa Sedikit Bernapas Lega, Obat Ini Disebut Dapat Tingkatkan Harapan Hidup Pasien Kanker Payudara, Yuk Simak Penjalasannya

Kamis, 30 September 2021 | 05:45
Freepik

Ilustrasi kanker payudara

GridHype.ID -Beberapa pasien merasa cemas dan takut ketika mengetahui dirinya mengidap kanker payudara.

Sebab, kanker payudara salah satu jenis kanker yang bisa mengancam nyawa penderitanya.

Selain itu, mereka kerap merasa takut dengan efek kemoterapi seperti mual, muntah, rambut rontok, nyeri, dan sebagainya.

Padahal, efek yang dirasakan penderitanya bisa berbeda-beda tergantung kondisi masing-masing.

Untuk memastikannya, pasien kanker payudara bisa berkonsultasi risiko, manfaat, dan efek samping kemoterapi dengan dokter yang menangangi.

Sementara itu, obat yang satu ini disebut meningkatkan harapan hidup pasien kanker payudara.

Melansir dari GridHealth.ID, antibodi-drug conjugate (ADC) secara signifikan meningkatkan harapan hidup orang-orang yang memiliki beberapa bentuk kanker payudara paling serius, menurut data baru yang dirilis Sabtu di konferensi European Society of Medical Oncology tahun 2021.

Para peneliti menemukan bahwa ukuran tumor berkurang secara signifikan dan harapan hidup meningkat untuk pasien dengan kanker payudara positif HER-2 yang tidak dapat disembuhkan yang menggunakan konjugat antibodi-obat baru ENHERTU.

ADC adalah obat biofarmasi yang sangat bertarget yang dimaksudkan untuk membunuh sel tumor sambil menghemat sel sehat.

Baca Juga: Waduh! Terapi Radiasi Kanker Payudara Disebut Bisa Tingkatkan Risiko Penyakit Jantung Jangka Panjang, Begini Kata Sang Ahli

Mereka menggabungkan antibodi monoklonal khusus untuk antigen permukaan yang ada pada sel tumor tertentu dengan agen anti-kanker yang sangat kuat yang dihubungkan melalui penghubung kimia.

Meskipun ENHERTU telah digunakan sebagai pengobatan lini kedua, hasil yang disajikan dalam data dapat mendorong otoritas kesehatan untuk mulai merekomendasikannya untuk digunakan sebagai metode pengobatan awal.

“Hasil uji coba ini sangat bermakna secara klinis bagi pasien kanker payudara positif HER-2,” kata Dr. Sara Tolaney, Kepala Divisi Onkologi Payudara, Dana-Farber Cancer Institute, yang merupakan bagian dari tim peneliti, kepada ABC News.

“Obat antibodi yang kuat ini, akan secara dramatis mengubah pengobatan untuk kanker payudara positif HER-2,” lapor ABC News (21/09/2021).

ENHERTU disetujui pada tahun 2019 oleh Food and Drug Administration (FDA) untuk kanker payudara HER2 positif yang tidak dapat dioperasi atau metastasis.

FDA mengatakan pengobatan dapat diberikan kepada pasien yang tidak menanggapi pengobatan standar dan hanya setelah setidaknya dua pilihan kombinasi dicoba.

Secara global, kanker payudara adalah jenis kanker paling mematikan bagi wanita.

Pada tahun 2020, 2,3 juta wanita di seluruh dunia didiagnosis menderita kanker dan 685.000 lainnya meninggal karena penyakit tersebut, menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Sekitar 1 dari 5 orang dengan tes kanker payudara membawa gen HER-2, yang membuat bentuk kanker ini lebih agresif daripada jenis lainnya.

Baca Juga: Hasilnya Makin Akurat dan Cepat, Kabar Gembira dari Dunia Kesehatan, Ahli Kembangkan Kecerdasan Buatan untuk Deteksi Kanker Payudara

Pada tahun 2017, Food and Drugs Association menyetujui uji coba untuk membandingkan hasil ENHERTU dengan TDMI – obat perawatan standar yang diberikan kepada pasien kanker.

Uji coba oleh perusahaan farmasi Inggris-Swedia AstraZeneca dan perusahaan farmasi Jepang Daiichi Sankyo adalah uji klinis acak global pertama untuk kanker payudara positif HER-2.

Sekitar 500 pasien di atas usia 18 tahun di 15 negara di Asia, Eropa, Amerika Utara, Oseania, dan Amerika Selatan dilibatkan dalam uji coba.

Setengahnya diobati dengan ENHERTU, sedangkan setengahnya lagi diberi TDM1.

Obat itu terbukti dua kali lebih efektif daripada TDM1 dalam mengendalikan penyakit.

Sementara keduanya adalah obat konjugat antibodi-obat dan dikirim langsung melalui pembuluh darah seseorang, ENHERTU direkayasa secara berbeda, menurut para peneliti.

Satu tahun setelah percobaan, para peneliti menemukan bahwa kurang dari 25 persen pasien yang diobati dengan ENHERTU menunjukkan perkembangan penyakit – yang berarti kanker menyebar ke organ lain atau menjadi lebih parah, dan dalam banyak kasus hingga kematian.

Sementara itu, 65% pasien yang diobati dengan TDM1 mengalami perkembangan perbaikan penyakit atau terhindar kematian.

Sunil Verma, wakil presiden dan kepala klinis global penelitian kanker payudara di AstraZeneca, mengatakan kepada ABC News bahwa tumor menyusut pada sekitar 80% pasien yang diobati dengan ENHERTU dan 16% tumor pasien tidak dapat lagi dilihat menggunakan teknologi pencitraan karena betapa kecilnya mereka.

“Dengan hasil luar biasa dari penelitian ini, ENHERTU mungkin menjadi standar baru perawatan perawatan untuk pasien dengan kanker payudara metastatik HER-2-positif setelah kemoterapi standar,” tambah Verma.

Artikel ini telah tayang di GridHealth.ID dengan judul "Obat Pengurang Tumor Tunjukkan Harapan Besar Pada Pasien Kanker Payudara"

Baca Juga: Sedikit Angin Segar, Kecerdasan Buatan untuk Deteksi Kanker Payudara Tengah Dikembangkan oleh Ahli, Disebut Lebih Akurat Ketimbang USG

(*)

Editor : Helna Estalansa

Sumber : GridHealth.ID

Baca Lainnya