Pengaduan Komplain Meningkat, Indihome Bakal Beri Kompensasi ini Bagi Pelanggan yang Terdampak

Minggu, 26 September 2021 | 12:00
Instagram/@telkomaksesindonesia

Telkom akan beri ganti rugi pada pelanggan IndiHome

GridHype.id-Beberapa waktu lalu, Indihome sempat menjadi trending topic di media sosial twitter Indonesia.

Hal ini lantaran banyaknya pengguna yang mengeluhkan mengenai ganggua pada jaringan grup telkom tersebut.

Diketahui beberapa waktu lalu,IndiHome sempat mengalami gangguan karena adanya masalah pada sistem komunikasi kabel laut Jasuka (Jawa, Sumatera dan Kalimantan) ruas Batam-Pontianak pada Minggu (19/9/2021) sekitar pukul 17.33 WIB.

Gangguan tersebut berdampak pada penurunan kualitas layanan TelkomGroup baik fixed maupun mobile broadband di beberapa wilayah Indonesia.

Selain menyebabkan kapasitas jaringan IndiHome down, masalah itu juga mengakibatkan internet pada operator Telkomsel terganggu.

"Gangguan teridentifikasi berasal dari titik sekitar 1,5 km lepas pantai Batam pada kedalaman 20 meter di bawah permukaan laut," kata Vice President Corporate Communication Telkom, Pujo Pramono, dalam pernyataan resmi.

Gangguan tersebut berlangsung hingga beberapa hari ke depan.

Untuk itu, Vice President Marketing Management Telkom E Kurniawan memastikan, pihaknya akan memberikan kompensasi kepada pelanggan yang terdampak gangguan.

Baca Juga: Heboh Hiu Gigit Kabel Telkom yang Bikin Internet Down, Akhirnya Terungkap Fakta Sebenarnya

"Telkom akan memberikan kompensasi bagi pelanggan yang terdampak dengan membuka all-channel di IndiHome TV mulai 26 September 2021 sampai dengan tanggal 15 Oktober 2021," kata Kurniawan dalam keterangan tertulis seperti dikutip dariKompas.com, Minggu(26/9/2021).

"Untuk aktivasi pembukaan all-channel, pelanggan hanya perlu melakukan restart STB," sambungnya.

Selain itu, Telkom juga memberikan penundaan pembayaran tagihan yang semua 20 September menjadi 25 September 2021.

Kurniawan menyebut, pihaknya juga akan menghilangkan denda keterlambatan pembayaran tagihan.

Menurutnya, kompensasi tagihan yang diperoleh sesuai dengan service level guarantee tiap pelanggan serta mempertimbangkan daerah yang terdampak.

Terkait layanan IndiHome, Kurniawan menyebut saat ini 100 persen jaringan sudah kembali berjalan normal.

"Kami tegaskan kembali agar tidak beredar berita yang membingungkan masyarakat, bahwa saat ini layanan IndiHome 100 persen normal," jelas dia.

"Sejak 20 September 2021, layanan IndiHome mulai membaik dan diberlakukan manajemen bandwidth yang diprioritaskan untuk kebutuhan WFH dan LFH," tambahnya.

Atas adanya gangguan layanan IndiHome, Kurniawan menyampaikan permohonan maaf sekaligus terima kasih atas kepercayaan pelanggan selama ini.

Baca Juga: Tak Masuk Akal, Sandal Jepit Nagita Slavina Bernilai Fantastis, Netizen: Bisa Buat Bayar Paket Indihome

(*)

Editor : Ngesti Sekar Dewi

Sumber : Kompas.com

Baca Lainnya