Bisa Turunkan Risiko Kanker Payudara, Ternyata Ini yang akan Terjadi pada Tubuh Jika Tidur dalam Kondisi Lampu Padam

Selasa, 14 September 2021 | 20:15
Freepik

Ilustrasi Tidur

GridHype.ID -Bagaimana kebiasaan tidur yang kamu miliki?

Apakah kamu biasa tidur dengan lampu matiatau menyala?

Bagi kamu yang memilih tidur dengan lampu mati, kamu patut berbahagia.

Pasalnya, tidur dengan lampu mati ternyata bisa mendatangkan manfaat baik bagi kesehatan kamu.

Penasaran apa saja manfaatnya?

Mari kita simak penjelasan lengkap yang dikutip dari Tribunnews.com berikut ini.

Seperti diketahui, sebagian orang sengaja membiarkan lampu padam sebelum tidur.

Mereka lebih nyaman dan bisa tidur nyenyak apabila dalam kondisi kamar yang gelap.

Terkadang ada beberapa orang beranggapan tidur tanpa adanya penerangan dari lampu akan merasakan seperti tercekik dan kehabisan napas.

Tapi ternyata menurut hasil penelitian dari New York University School of Medicine, Amerika Serikat mengatakan bahwa cahaya tetap dapat terdeteksi oleh kelopak mata saat kita tertidur.

Baca Juga: Catat! Mulai Sekarang Hentikan Kebiasaan Buka HP Setelah Bangun Tidur, Bahaya yang Ditimbulkan ini Bakal Kamu Rasakan

Jika kita tidur dalam kondisi lampu menyala mengakibatkan otak tidak akan memproduksi melatonin yang membantu seseorang untuk tidur lebih lelap.

Lalu apa yang akan terjadi jika kita tidur dalam kondisi lampu padam?

Menurunkan risiko kanker payudara

Hasil penelitian dari Nara Medical University School of Medicine, Japan menyatakan bahwa wanita yang tinggal di perkotaan yang sering terpapar sinar lampu dan cahaya elektronik lainnya dapat mengakibatkan risiko kanker payudara.

Oleh karena itu, dibutuhkan waktu tidur dalam keadaan gelap atau mematikan lampu agar menghindari terkena risiko kanker payudara.

Mencegah kegemukan (obesitas)

Berdasarkan penelitian dari University of Oxford, Inggris menyatakan bahwa wanita yang tidur dalam kondisi lampu padam dapat mencegah kegemukan.

Wanita yang ingin mendapatkan bentuk tubuh ideal disarankan untuk tidur dalam kondisi gelap, jika tidak bisa dapat menggunakan masker mata untuk menghindari sinar yang masuk ke kelopak mata.

Baca Juga: Nyesel Baru Tahu, Jadi Faktor Penting Tidur Nyenyak dan Berkualitas, Ternyata ini Tips Cara Memilih Bantal yang Baik

Menurunkan tingkat insomnia

Hasil penelitian dari National Sleep Foundation menyatakan bahwa tidur yang berkualitas didapatkan karena salah satu faktor pembantunya adalah mematikan lampu sebelum tidur.

Cahaya lampu yang terlalu terang dapat menurunkan kadar melatonin yang diproduksi tubuh sehingga membuat kita susah tidur alias insomnia.

Mengurangi tekanan darah tinggi

Selain menurunkan tingkat insomnia, penelitian tersebut menyatakan bahwa orang yang mendapatkan banyak paparan cahaya saat tidur mempunyai tekanan darah yang lebih tinggi daripada mereka yang tidur dalam kondisi gelap.

Mengurangi depresi

Tidak hanya lampu saja, namun benda eletronik yang menghasilkan cahaya terlalu terang seperti layar televisi, komputer, ponsel, dan lainnya dapat membuat seseorang susah tidur.

Ada hubungannya antara kurang waktu tidur dengan tingkat mood, seperti depresi.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul "Tidur dengan Lampu Padam Ternyata Ada Manfaatnya Bagi Kesehatan"

Baca Juga: Bak Bom Waktu yang Meledak, Sosok Ini Tanpa Ampun Kuliti Borok Syahrini, Sang Penyanyi Dituding Doyan Tidur Bareng Pria Tua

(*)

Editor : Helna Estalansa

Sumber : Tribunnews.com

Baca Lainnya