Dikira Masih Bersih, Padahal Spons Cuci Piring Tak Boleh Dipakai sampai Berbulan-bulan, Kalau Tak Mau Dampak Buruk Ini akan Mengintai Seisi Rumah

Kamis, 09 September 2021 | 14:30
Freepik

Spons cuci piring

GridHype.ID - Selain sabun cuci piring, spons menjadi benda yang dibutuhkan ketika kita mencuci piring.

Saat mencuci piring, spons memudahkan kita untuk membersihkan kotoran atau noda yang menempel pada piring, gelas, mangkok dan lainnya.

Karena sering digunakan untuk menyingkirkan noda dan kotoran, membuat spons cuci piring kotor dan menjadi sarang kuman dan bakteri.

Karena itu, spons cuci piring harus dibersihkan dan diganti dengan yang baru secara rutin untuk menghindari penumpakan kuman serta bakteri.

Jika tak rutin diganti, maka dampak buruk ini akan terjadi.

Melansir dari Today via Nakita.ID, pentingnya spons cuci piring dalam kesehatan telah dibuktikan oleh para peneliti di Jerman.

Tak disangka, dari penelitian tersebut, mereka menemukan bakteri menjijikan yang berhubungan dengan RG2 (jenis bakteri yang dapat menyebabkan penyakit) pada spons cuci piring.

Yang mengejutkan lagi adalah, bakteri tersebut tetap berada di spons cuci piring yang telah dibersihkan dalam microwave atau air mendidih.

Baca Juga: Segera Buang Spons Cuci Piringmu yang Kotor! Pasalnya Benda Ini Jadi Biang Keladi Diare Akut! Ini Penjelasan Pakar

“Dari perspektif jangka panjang, metode sanitasi spons tampaknya tidak cukup efektif mengurangi jumlah bakteri pada spons, bahkan mungkin meningkatkan jumlah bakteri terkait RG2,” tulis para peneliti dalam makalah tersebut.

Dengan adanya bahaya tersebut, maka mereka pun menganjurkan untuk mengganti spons cuci piring setidaknya setiap minggu.

Mereka sangat tidak menyarankan untuk menggunakan spons cuci piring yang sudah lebih dari seminggu walaupun telah dibersihkan setiap hari.

Namun, sembari menunggu pergantian spons di akhir minggu, kamusebaiknya tetap rutin untuk membersihkan spons, ya.

Walaupun tidak menghilangkan semua bakteri, pembersihan spons diharapkan dapat membantu membunuh beberapa kuman.

Akan tetapi, pembersihan yang dilakukan juga tidak sembarangan.

Cara membersihkan spons cuci piring

Melansir dari Kompas.com, meski penelitian menunjukkan bahwa membersihkan spons tidak membantu menghilangkan semua bakteri, cara ini dapat membantu membunuh beberapa kuman sebelum menunggu pergantian spons.

Cara terbaik membersihkan spons dan meminimalkan kuman adalah dengan mencuci spons setiap hari dalam air sabun yang panas, lalu letakkan ke dalam microwave panas selama dua menit.

Baca Juga: Pusing Cucian Menumpuk Usai Perayaan Lebaran, Simak Tips Mudah dan Ampuh Cuci Perabotan Makan yang Penuh Minyak

Bila tidak memiliki microwave, kamu dapat merendam spons selama satu menit dalam larutan setengah sendok teh pemutih pekat dengan seliter air hangat.

Ketika sampai pada seberapa sering harus mengganti spons cuci piring, cara terbaik adalah berinvestasi untuk memiliki spons cuci piring yang banyak agar bisa menggantinya dengan yang baru setiap minggu.

Ingat, jangan memaksakan diri untuk terus menggunakan spons cuci piring yang sudah lebih dari seminggu sekali pun kamu rajin membersihkannya setiap hari.

Nah, itulahbahaya yang bisa ditimbulkan dari spons yang tidak kunjung diganti dan cara untuk membersihkannya.

Semoga bermanfaat!

Baca Juga: Sering Dikira Limbah, Air Buangan AC Ternyata Miliki Banyak Manfaat, Cuci Piring Jadi Lebih Gampang

(*)

Editor : Helna Estalansa

Sumber : Kompas.com, Nakita.ID

Baca Lainnya