Siap-siap, Mulai 1 November Mendatang WhatsApp Tidak Lagi Bisa Digunakan di Android dan iPhone Tipe ini

Rabu, 25 Agustus 2021 | 16:30

iPhone SE dan iPhone 6s

GridHype.id-WhatsApp menjadi salah satu aplikasi perpesanan yang paling populer di hampir seluruh dunia.

Pengguna WhatsApp terus meningkat seiring berjalanannya waktu.

Hal ini tak lain karena berbagai fitur yang dikemas dengan ringkas dan mudah untuk digunakan oleh seluruh kalangan usia.

WhatsApp juga kerap kali membawa fitur-fitur baru untuk membuat nyaman para penggunanya.

Namun di sisi lain, fitur-fitur terbaru tersebut tidak mendukung di beberapa sistem operasi tertentu milik android maupun iOS.

Alhasil sistem operasi yang berusia cukup lama, berkemungkinan besar tidak akan lagi mendapat pembaruan dari aplikasi WhatsApp.

Dilansir dari Kompas.com, semakin lama usia sistem operasi tersebut, dukungan WhatsApp akan semakin berkurang, hingga tidak lagi didukung sepenuhnya.

Di laman resminya, WhatsApp menginformasikan bahwa smartphone yang menjalankan sistem operasi lawas Android 4.0.4 dan iOS 9, atau bahkan yang lebih lama dari dua versi itu, tidak akan bisa menggunakan WhatsApp per 1 November 2021.

Baca Juga: Jangan Kudet, Intip 3 Fitur Terbaru WhatsApp yang Patut Kamu Coba, Bisa Gabung Panggilan Grup Meski Telat Masuk

"WhatsApp tidak akan lagi mendukung ponsel Android yang menjalankan sistem operasi 4.0.4 dan yang lebih lama pada 1 November 2021. Silakan ganti perangkat yang mendukung atau simpan riwayat perpesanan sebelum tanggal tersebut," tulis WhatsApp dalam laman resmi.

Usia dua sistem operasi itu memang sudah lebih dari lima tahun. Android 4.0 Ice Cream Sandwich dirilis pada tahun 2011, yang artinya usia sistem operasi itu kurang lebih sudah sepuluh tahun.

Sementara iOS 9 yang diluncurkan Apple tahun 2015 tahun ini sudah memasuki usia keenam.

Dirangkum GridHype.iddari CT Post, Rabu (25/8/2021) ada beberapa perangkat yang menajalankan sistem operasi Android 4.0.4 dan iOS 9. Beberapa di antaranya adalah:

Android:

Samsung:

Galaxy Trend LiteGalaxy Trend IIGalaxy SIIGalaxy S3 miniGalaxy Xcover 2Galaxy CoreGalaxy Ace 2

Baca Juga: Jangan Mudah Kena Tipu di Situasi Kepepet, Begini Cara Mudah Mengecek Pinjol Ilegal atau Resmi Lewat WhatsApp OJK

LG:

Optimus F7Optimus F5Optimus L3 II DualOptimus F5Optimus L5Optimus L5 IIOptimus L5 DualOptimus L3 IIOptimus L7'Optimus L7 II DualOptimus L7 IIOptimus F6Optimus L4 II DualOptimus F3Optimus L4 IIOptimus L2 IIOptimus Nitro HD dan 4X HDOptimus F3Q.

Sony:

Xperia MiroSony Xperia Neo LXperia Arc S

iPhone:

Apple iPhone SEApple iPhone 6SApple iPhone 6S Plus (*)

Editor : Ngesti Sekar Dewi

Sumber : Kompas.com

Baca Lainnya