Pemerintah Bak Tak Lagi Bisa Diandalkan, Video Menyayat Hati Saat Warga Afghanistan Berebut Kejar Pesawat AS yang Siap Lepas Landas, Putus Asa dengan Nasib?

Rabu, 18 Agustus 2021 | 05:45
screen shot dailymail.co.uk

Afghanistan jatuh ke tangan Taliban.

GridHype.ID - Taliban dengan terbukamenyatakan perang di Afghanistan setelah pasukannya menyapu bersih ibukota Afghanistan, Kabul, dan Presiden Ashraf Ghani melarikan diri.

Usai menguasai daerah tersebut pasukan Taliban berpatroli di jalan Kabul Senin 16/7/2021.

Kala itu 1000 warga Afghanistan melarikan diri ke ibukota Kabul, mencoba melarikan diri dari Taliban.

Sementara itu banyak negara kesulitan mengevakuasi diplomat, warga negara dan beberapa staf lokal Afghanistan.

Mengutip Al Jazeera dilaporkan bahwa "bandara telah berada di titik krisis setelah Taliban menguasai kota".

"Di luar bandara cukup tenang. Pasukan keamanan menurunkan senjatanya untuk sebagian waktu," ujar reporter Al Jazeera, Charlotte Bellis.

Mohammad Naeem, juru bicara untuk kantor politik Taliban mengatakan kelompok itu tidak ingin hidup dalam isolasi, dan mengatakan tipe dan bentuk pemerintahan baru di Afghanistan akan dibuat secepat mungkin.

Baca Juga: Dipenggal di Lapangan Terbuka oleh ISIS, Potongan Tubuh Arkeolog yang Pertaruhkan Nyawanya Demi Kota Kuno Palmyra Ditemukan

Ia juga meminta hubungan internasional yang damai.

Dewan Keamanan PBB akan mendiskusikan situasi di Afghanistan Senin ini.

Sementara itu inilah beberapa laporan terbaru dari sana.

Beberapa pesawat militer membawa lebih dari 100 tentara Afghanistan telah mendarat di bandara kota Bokhtar, Tajikistan, seperti dilaporkan kementerian luar negeri Tajikistan.

Pemerintah Tajikistan memperbolehkan pesawat memasuki wilayah udara Tajikistan dan mendarat setelah menerima sinyal mengganggu dari mereka.

Sehari setelah diduduki Taliban, Kabul, kota metropolitan berpenduduk 6 juta orang yang biasanya ramai berubah menjadi kota yang lambat didominasi pria tanpa polisi atau polisi lalu lintas, serta bisnis yang mangkrak di mana saja.

Baca Juga: Kisah Tiga Anak Indonesia yang Ada di Balik Jeruji Besi Suriah, Orangtuanya Ikut ISIS Hingga Tewas Terkena Roket

48 jam sebelumnya Kabul ramai dengan mobil-mobil dan ratusan orang mengantri di luar bank, kantor proses visa dan agen perjalanan.

Pesawat militer Afghanistan telah jatuh setelah menyeberang perbatasan ke Uzbekistan dan pilotnya berhasil keluar dan selamat, seperti dilaporkan kementerian pertahanan Uzbekistan.

Pesawat itu jatuh pada Minggu dini hari di provinsi paling selatan Uzbekistan, Surxondaryo.

AS akan fokus secara intensif mengamankan bandara Kabul dan pasukan tambahan AS akan didatangkan ke bandara itu Senin dan Selasa besok seperti dikabarkan Deputi Penasihat Keamanan Nasional AS.

Jon Finer mengatakan AS tetap terlibat dalam pembicaraan diplomatik dengan Taliban di Doha, dan mengakui jika situasi di Afghanistan telah rusak lebih cepat daripada perkiraan.

Baca Juga: Kisah Menyayat Hati Seorang Budak Seks ISIS yang Memakan Daging Anaknya Sendiri Tanpa Ia Tahu

Qatar berupaya menyelamatkan para diplomat dan staf asing di organisasi internasional yang mencari cara keluar dari Afghanistan.

Menteri Luar Negeri Qatar Muhammad bin Abdulrahman Al-Thani, yang negaranya telah berperan penting mencapai pendudukan politik di Afghanistan, mengatakan dalam konferensi pers di ibukota Yordania jika Doha mencoba mencari pergantian politik yang damai setelah penarikan pasukan AS.

"Ada kekhawatiran internasional mengenai cepatnya perkembangan yang terjadi dan Qatar berusaha sebaik mungkin membawa perubahan pemerintah yang damai,

terutama setelah kekosongan yang terjadi," ujar Al-Thani.

Qatar memiliki hubungan yang baik dengan Taliban, dan kini bekerja memastikan ada gencatan senjata di seluruh negara dan kestabilan tercapai.

Baca Juga: Kelewat Kejam! Tawanan yang Dijadikan Budak Ini Sengaja Dibiarkan Kelaparan dan Disuguhi Daging Anaknya Sendiri oleh Tentara ISIS

(*)

Editor : Ruhil Yumna

Sumber : Intisari

Baca Lainnya