Nyesel Kalau Sampai Enggak Tahu, Ternyata Minum Kopi Bisa Jauhkan Kanker Payudara, Benarkah?

Minggu, 08 Agustus 2021 | 18:45
iStockphotos

Secangkir kopi.

GridHype.ID - Saat mendengar kata kanker payudara, tentu yang terlintas dalam benak adalah sebuah penyakit mengerikan yang banyak diderita kaum hawa.

Bukan tanpa sebab, anggapan itu muncul lantaran kanker payudara masih menjadi salah satu penyakit yang membuat banyak nyawa perempuan melayang.

Karena kanker payudara merupakan penyakit pembunuh wanita no.1 di dunia saat ini maka sangat tidak heran jika wanita sangat ketakutan apabila mendengar hal-hal yang berkaitan dengan kanker payudara.

Tetapi kami bukan bermaksud untuk menakuti-nakuti anda tetapi kami mau memberikan kabar gembira ternyata kopi bisa cegah kanker payudara lohhh KO BISA ?

Penelitian dari Swedia menemukan mengkonsumsi 2 cangkir kopi sehari dapat mengurangi risiko kanker payudara kambuhan pada wanita hingga 50 persen.

Para peneliti dari studi tersebut menemukan bahwa kopi dapat menghentikan pertumbuhan tumor pada payudara wanita yang sudah diobati dengan obat tamoxifen.

Baca Juga: Tolong Dicatat, Orang dengan 5 Kondisi Ini Ternyata Paling Berisiko Terkena Kanker Payudara

Tamoxifen adalah obat terapi hormon yang diberikan pada wanita pasien kanker payudara yang belum mengalami menopause, dan biasanya dikonsumsi selama lima tahun atau lebih setelah pengobatan.

Umumnya, pertumbuhan tumor kanker payudara bergantung pada hormon estrogen, dan tamoxifen akan memblok estrogen mencapai sel-sel kanker.

Hal ini akan memperlambat pertumbuhan kanker, bahkan bisa juga menghentikannya.

Dalam studi ini, peneliti asal Swedia dan Inggris mengamati data dari 1.090 pasien kanker payudara yang sedang dalam pengobatan.

Mereka menemukan bahwa lebih dari 500 perempuan yang telah diobati dengan tamoxifen, dan orang-orang yang meminum setidaknya dua cangkir kopi sehari, menurunkan risiko kanker kambuh kembali, dibanding mereka yang meminum kopi kurang dari 2 cangkir atau tidak sama sekali.

“Zat dalam kopi memperkuat efek dari pengobatan tamoxifen. Jadi, zat ini dapat mematikan sinyal pertumbuhan sel kanker.

Meskipun begitu, pasien tetap harus meminum obat yang diresepkan. Kopi hanya bersifat membantu, bukan mengobati.

Baca Juga: Tak Hanya Nikmat, Kopi Rupanya Jadi Solusi Jitu Cegah Kanker Payudara

Jadi, tidak ada alasan untuk menghentikan obat karena sudah meminum kopi.

Selain itu, 2 cangkir kopi sehari sudah cukup memberi efek, tidak perlu mengonsumsinya secara berlebihan,” ungkap Rosendahl, salah satu peneliti.

Ini bukan penelitian pertama yang mengungkap manfaat kopi sebagai pencegah kanker. Studi sebelumnya dari World Cancer Research Fund menunjukkan bahwa minum kopi panas dapat melindungi Anda dari risiko kanker hati akibat penyalahgunaan alkohol.

Setiap satu cangkir kopi dalam sehari, menurunkan risiko kanker hati sebesar 14 persen. Selain itu, ilmuwan dari Harvard Medical School juga sempat menemukan bahwa wanita peminum kopi 20 persen lebih rendah risikonya terkena kanker kulit

Itulah mengapa alasan mengapa kopi bisa mencegah kanker payudara, tetapi meskipun kopi mampu mencegah kanker payudara, tetap saja anda tidak boleh berlebihan ketika mengkonsumsi kopi tersebut karena segala sesuatu yang berlebihan sangatlah tidak baik.

Baca Juga: Bisa Berakibat Fatal, Kenali Dampak Covid-19 pada Penderita Kanker Payudara

(*)

Editor : Ruhil Yumna

Sumber : tribunnews

Baca Lainnya