Sama-sama HP Murah yang Mendukung Jaringan 5G, Yuk Intip Perbandingan Spesifikasi dari Realme 8 5G dengan Poco M3 Pro 5G

Sabtu, 03 Juli 2021 | 21:00
Pixabay

Ilustrasi jaringan 5G

GridHype.ID- Saat ini, kita bisa dengan mudah menemukan HP murah di pasaran.

Bahkan dengan budget terbatas sekalipun, kamu bisa mendapatkan HP murah dengan spesifikasi yang mumpuni.

Bahkan 2 seri HP murah berikut ini sudah mendukung jaringan 5G.

Maka dari itu, yuk kita simak perbandingan spesifikasi dari 2 HP murah berikut ini.

Baca Juga: Cari HP Murah Harga Rp 2 Jutaan? Tenang, OPPO A15s Ini Bisa Jadi Jawabanmu, Yuk Intip Spesifikasi Lengkapnya

Seperti yang diketahui, layanan 5G sudah resmi digelar secara komersial oleh Telkomsel dan disusul Indosat Ooredoo.

Kehadiran keduanya disambut meriah oleh vendor smartphone dengan menghadirkan banyak pilihan smartphone 5G yang harganya makin terjangkau.

Baru saja Realme meluncurkan smartphone 5G termurahnya, Realme 8 5G di Indonesia pada Rabu (16/6/2021) lalu.

Sekitar dua minggu kemudian, Xiaomi ikutan memboyong ponsel Poco terjangkaunya yang sudah dibekali dengan dukungan 5G, yaitu Poco M3 Pro 5G, ke Tanah Air pada Selasa (30/6/2021).

Baca Juga: Cari HP Murah di Bawah Rp 2 Juta? Sederet HP Samsung Inilah Jawabannya

Realme 8 5G dijual dengan harga Rp 3,2 juta, sedangkan Poco M3 Pro 5G dibanderol dengan harga termurah Rp 2,7 juta.

gsmarena
gsmarena

realme 8 5G vs Poco M3 Pro 5G

Agar bisa mendukung layanan 5G, kedua ponsel ini kompak ditenagai dengan chipset Mediatek Dimensity 700 5G.

Meski demikian, konfigurasi memori yang diusung kedua ponsel tersebut sedikit berbeda.

Realme 8 5G dibekali dengan RAM 8 GB dan memori internal 128 GB, sementara Poco M3 Pro 5G memiliki dua varian memori, yaitu RAM 4 GB/6 GB serta media penyimpanan 64 GB/128 GB.

Baca Juga: Punya Kapasitas Baterai Ekstra Besar, HP Murah dari Realme C Series Ini Bisa Jadi Power Bank, Harganya Cuma Rp 2 Jutaan!

Kedua ponsel ini sebenarnya sama-sama dibekali dengan panel IPS LCD 6,5 inci dengan resolusi Full HD Plus dan refresh rate 90 Hz.

Namun, desain layar dan resolusi kamera selfie-nya berbeda, yaitu modul punch hole di sebelah kiri dengan kamera selfie 16 MP untuk Realme 8 5G, dan modul punch hole di tengah atas layar dengan kamera selfie 8 MP untuk Poco M3 Pro 5G.

Tampilan punggung kedua ponsel ini juga berbeda. Realme 8 5G dihiasi dengan modul kamera persegi, sedangkan modul kamera Poco M3 Pro 5G memanjang ke bawah mirip Samsung Galaxy S21 Series.

Kendati berbeda, jumlah dan resolusi kamera belakang di kedua ponsel ini identik, yaitu terdiri dari kamera utama 48 MP, kamera macro 2 MP, dan kamera depth sensor 2 MP.

Baca Juga: Lagi Cari HP Murah? Yuk Simak Daftar Harga HP Vivo Terbaru di Bulan Juni 2021 yang Dibanderol Mulai dari Rp 1 Jutaan

Spesifikasi mirip

Selain kamera belakang, spesifikasi lainnya dari Realme 8 5G dan Poco M3 Pro 5G bisa dibilang sama persis.

Keduanya kompak ditopang dengan baterai jumbo berkapasitas 5.000 mAh yang mendukung pengisian cepat 18 watt, sensor pemindai sidik jari (fingerprint) yang dibenamkan di tombol power, NFC, serta konektor USB tipe-C.

Fitur ekstra lainnya mencakup Dynamic RAM Expansion (DRE) yang bisa "meminjam" sedikit ruang penyimpanan internal untuk menjadi RAM ekstra 3 GB untuk Realme 8 5G, serta modul IR Blaster untuk Poco M3 Pro 5G.

Baca Juga: Awet Banget! HP Murah Milik Realme Ini Punya Kapasitas Baterai 6000 mAH, Soal Harga Cuman Rp 1 Jutaan Aja

Keduanya juga kompak menjalankan sistem operasi yang sama, yaitu Android 11 dengan tampilan antarmuka Realme UI 2.0 untuk Realme 8 5G, dan MIUI 12 untuk Poco M3 Pro 5G.

Untuk kartu SIM, Realme 8 5G memiliki tiga slot kartu (dual-SIM + microSD), sedangkan Poco M3 Pro 5G hanya memiliki dua slot kartu (dual-SIM/single-SIM + microSD).

Realme 8 5G sudah bisa didapatkan di situs web Realme.com, sedangkan penjualan Poco M3 Pro 5G dimulai pada 2 Juli 2021 pukul 10.00 WIB di situs web Mi.co.id.

Baca Juga: Samsung Galaxy M32 Bakal Jadi Incaran Banyak Orang, Inilah Update Harga HP Murah di Bawah Rp 3 Juta

Terlepas dari perbandingan spesifikasi, kedua ponsel 5G terbaru dari Realme dan Xiaomi turut meramaikan perangkat 5G "terjangkau" di kelas menengah yang dibanderol di kisaran Rp 2-4 juta.

Dalam beberapa bulan terakhir, sejumlah vendor smartphone di Indonesia agaknya berlomba-lomba meluncurkan perangkat 5G versi mereka yang diklaim paling terjangkau.

Sebelumnya, sudah ada Galaxy A22 5G (Rp 3,3 juta) dan Galaxy A32 5G (Rp 4 juta) dari Samsung, serta Oppo A74 5G (Rp 3,7 juta) dari Oppo.

Artikel ini telah tayang di Nextren.com dengan judul "Perbandingan HP 5G Murah Realme 8 5G vs Poco M3 Pro 5G"

(*)

Editor : Helna Estalansa

Sumber : nextren.com

Baca Lainnya