Masih Sering Mainan Handphone Sebelum Tidur? Hati-hati, Ternyata Kebiasaan Buruk ini Bisa Sebabkan Penyakit Berbahaya

Selasa, 15 Juni 2021 | 12:00
howtogeek.com

Ilustrasi sakit mata karena main handphone

GridHype.ID - Handphone memiliki sinar radiasi yang berbahaya bagi kesehatan.

Kebutuhan manusia dewasa ini dengan handphone mamang tidak bisa terhindarkan.

Bahkan kecanduan manusia dengan ponsel pintar terkadang juga masih berlangsung menjelang tidur.

Maka tak heran jika handphone terkadang kita letakkan di samping bantal sebelum tidur agar besoknya dengan mudah melihat isi pemberitahuan.

Baca Juga: Anak Kecanduan Game Online Sampai Lupa Pulang ke Rumah, Simak Tips Atasi Kecanduan Gadget untuk Si Kecil

Namun, tak selamanya memberikan kemudahan, handphone juga bisa memberikan efek negatif.

Dilansir dari Sajian Sedap, bagi wanita yang memainkan handphone menjelang tidur ternyata dapat tubuh terserang penyakit ini.

Kebiasaan bermain HP atau ponsel tidur ternyata memiliki sederet kerugian dan bahaya bagi kesehatan tubuh.

Baca Juga: Biar Kantong Nggak Cepat Jebol Gara-gara Kuota Boros, Pakai Cara ini untuk Hemat Pemakaian Data di Aplikasi WhatsApp

Tak hanya itu fungsi otak juga bisa ikut menurut akibat kebiasan bermain HP aptau ponsel sebelum tidur.

Setidaknya kesehatan mata punm menjadi bagian yang berpotensi terkena imbasnya.

Hal ini karena cahaya biru yang dipancarkan ponsel sangat tajam pada malam hari.

Baca Juga: Tak Hanya Update OS Terbaru, Rutin Bersihkan Cache Handphone Android Bisa Bikin Ponselmu Nggak Mudah Lemot dan Lelet

Cahaya biru dari ponsel memengaruhi produksi melatonin, salah satu hormon yang membantu seseorang tidur dan mengatur siklus tidur.

Penggunaan ponsel secara teratur di malam hari dapat menyebabkan kurang tidur karena pikiran masih aktif hingga beberapa saat sebelum terlelap.

Selain itu, keinginan kompulsif untuk memeriksa ponsel dapat mengakibatkan penundaan waktu tidur dan mengurangi durasinya.

Baca Juga: Beberapa Aplikasi Android di Handphone-mu Tiba-tiba Eror atau Crash, Coba Praktikkan Cara ini untuk Atasi Masalah

Cahaya pada ponsel memiliki gelombang pendek yang lebih berkedip.

Ini akan memengaruhi penglihatan dan dalam jangka waktu lama dapat merusak retina.

Menurut American Macular Degeneration Association, cahaya biru dari ponsel menyebabkan kerusakan pada retina yang permanen dan degenerasi makula.

Baca Juga: Sering Bikin Jengkel Gara-gara Ponsel Mendadak Lemot, Coba Bersihkan Cache di Handphone Androidmu Pakai Cara Ini

Menatap layar ponsel ketika seharusnya sudah tidur bukan hanya berdampak pada kesehatan fisik, melainkan juga kesehatan mental.

Kita menjadi rentan terhadap depresi.

Di samping itu, tingkat energi yang rendah di siang hari, ditambah kesulitan untuk berpikir karena kurang tidur, juga memicu rasa lemah emosional dan mental.

Baca Juga: Kinerja iPhone Milikmu Mendadak Lemot Gara-gara Upgrade ke Sistem iOS Terbaru, Coba Lakukan 5 Tips ini Dijamin Lancar

The World Health Association menyatakan, ponsel dapat menjadi penyebab kanker bagi manusia karena memancarkan radiasi elektromagnetik yang telah dikaitkan dengan jenis kanker tertentu.

Paparan cahaya biru berkepanjangan dan pengaruhnya pada siklus tidur telah terbukti meningkatkan risiko kanker payudara dan kanker prostat.

Berdasarkan informasi Departemen Kesehatan California yang dihimpun KompasTekno dari The Independent, Selasa (26/12/2017), berikut cara yang dapat dilakukan pengguna ponsel untuk mereduksi dampak buruk radiasi ponsel jangka panjang.

Baca Juga: Nggak Sengaja Handphone Nyemplung ke Air sampai Bikin Kita Kalut, Tenang Praktikkan Cara Tepat Selamatkan Ponselmu

1.Gunakan headset saat menelepon

Ketika sedang menelepon, lebih baik gunakan headset. Sebab saat melakukan panggilan, ponsel akan lebih banyak mengeluarkan radiasi dari sinyal RF.

Jika hal ini terjadi secara berkala, bukan tidak mungkin radiasi dari ponsel bisa memicu kerusakan pada jaringan otak.

2. Berkomunikasi lewat teks

Selain lebih murah, berkomunikasi lewat pesan teks disebut lebih aman dibandingkan dengan saat melakukan panggilan secara langsung.

Baca Juga: Mulai Sekarang Jangan Kebiasaan Taruh Handphone di Kantong Bisa Sebabkan Ponsel Cepat Panas, Simak 5 Hal ini yang Bisa Atasi Masalah Overheat di Ponsel

Sebab, radiasi yang dikeluarkan lebih sedikit.

Selain itu, posisi ponsel saat mengetik pesan teks berada lebih jauh dari tubuh, sehingga radiasi yang diterima akan lebih kecil.

3. Hindari mengantongi ponsel

Meski tidak digunakan, ponsel akan terus memproduksi radiasi RF. Untuk itu, lebih baik pengguna tetap menjaga jarak dengan ponsel saat digunakan.

Baca Juga: Nggak Usah Panik Jika Handphone Android Milikmu Mendadak 'Hang' Alias Tak Ada Respon Sama Sekali, Coba Ikuti Langkah-langkah ini

Jika sedang melakukan perjalanan, jangan letakkan ponsel di saku celana.

Letakkanlah ponsel di tempat yang lebih jauh, seperti ransel atau wadah bawaan lain.

4. Jangan gunakan ponsel saat lemah sinyal

Saat sinyal lemah, indikator pada posisi satu bar, radiasi yang ditimbulkan akan lebih besar.

Alasannya, sinyal RF yang dikeluarkan oleh ponsel lebih besar ketika sinyal dalam keadaan lemah.

Baca Juga: Hanya Modal Handphone dan Nomor KTP ini untuk Cek Penerima BLT UMKM di eform.bri.co.id/bpum dan banpresbpum.id

Jika memang tidak dalam kedaan darurat, lebih baik membiarkan ponsel tersimpan atau bahkan matikan ponsel ketika sinyal dalam keadaan lemah.

5. Kurangi penggunaan ponsel di kendaraan

Menggunakan ponsel dalam kendaraan yang bergerak cepat ternyata merupakan tindakan kurang bijak. Sebab saat bergerak, ponsel akan menangkap sinyal dari tower satu ke tower lain, sehingga memicu ponsel mengeluarkan sinyal RF lebih banyak.

(*)

Editor : Nabila Nurul Chasanati

Sumber : Kompas.com, Sajian Sedap

Baca Lainnya