GridHype.ID - Platform TikTok belum lama ini merilis fitur yang berfungsi untuk menampilkan subtitle dalam sebuah video.
Melansir kompas.com, fitur ini dinamai Auto Captions.
Menurut TikTok dalam keterangannya, fitur ini bertujuan untuk membuat berbagai konten di platform tersebut mudah diakses orang banyak, terutama mereka yang memiliki kesulitan mendengar.
Nantinya, fitur tersebut bisa diakses melalui ikon 'Caption' yang bakal muncul di laman editing sebelum mengunggah video TikTok.
Fitur Auto Captions saat ini baru mendukung video yang disertai dengan audio berbahasa Inggris dan Jepang saja, sebagaimana dirangkum Gridhype.iddari TikTokNewsroom, Rabu (7/4/2021).
Sementara itu, TikTok juga menghadirkan program khusus Ramadan bertajuk #SamaSamaBerbagi.
Mengutip tribunnews.com, program ini bertujuan menghadirkan pengalaman Ramadan yang penuh kebahagiaan dan kebersamaan bagi komunitas TikTok dengan format video singkat.
Dalam kegiatan ini, TikTok melibatkan pengguna dari berbagai latar belakang untuk sama-sama berbagi melalui berbagai kegiatan menarik yang dikemas dalam bentuk festival online di aplikasi.
"Ramadan identik dengan kemeriahan, dimana kita biasanya berbagi kegembiraan di momen-momen bersama keluarga dan orang-orang terdekat," ujar Head of Content and User Operations TikTok Indonesia Angga Anugrah Putra, Kamis (15/4/2021).
"Tentu TikTok ingin membawa kemeriahan tersebut ke dalam aplikasi melalui berbagai virtual booth, agar masyarakat bersama komunitas global TikTok bisa sama-sama berbagi cara menyenangkan, sambil mengekspresikan kreativitas mereka selama bulan Ramadan," tambahnya.
Program ini dibagi menjadi tiga bagian yakni:
1. Inspirasi Ramadhan
2. Sticker dan Musik Spesial
3. Ramadhan Live Sales Sessions.
Inspirasi Ramadhan berwujud konten video yang beragam, mulai #KulinerRamadan untuk kategori kuliner, #InspirasiRamadan untuk kategori edukasi, sampai #GayaRamadan untuk kategori fashion.
Selain itu, pengguna juga bisa menyaksikan Ramadhan TikTok Live dengan topik-topik inspiratif dari pemerintah hingga selebriti.
Sementara untuk Ramadhan Live Sales Sessions, ini memberikan platform bagi brand dan UKM untuk bisa menyampaikan promosi menarik bagi pengguna TikTok.
Didukung dengan ekosistem TikTok dengan layanan livestream, para pelaku bisnis dari berbagai kategori bisa berinteraksi sekaligus memenuhi kebutuhan pengguna saat puasa dan Lebaran dengan cara menyenangkan.
"Ini mungkin semacam konsep online festival, pengguna bisa rayakan Ramadhan dengan cara menyenangkan dengan mengunjungi virtual booth. Kalau misalnya teman-teman ada aplikasi TikTok itu ada di explore, ada banner, di situ ada banyak pilihan," pungkas Angga.
Program khusus Ramadhan #SamaSamaBerbagi berlangsung 5 April - 16 Mei 2021.
(*)