Kerap Diucapkan Buat Menyambut Bulan Suci, Ternyata Ini Makna Ungkapan Ramadhan Kareem dan Ramadhan Mubarak, Apakah Kamu Sudah Menggunakannya dengan Tepat?

Rabu, 14 April 2021 | 04:15
Freepik

Berikut jadwal, salat, puasa dan Imsakiyah 1-5 Ramadhan 2021 untuk 1442 H, untuk masyarakat Malang dan sekitarnya

GridHype.ID - Tanpa terasa, kita sudah tiba di bulan suci Ramadhan 2021.Ya, menyambut Ramadhan 2021, tak sedikit dari kita yang saling memberikan ucapan selamat pada saudara sesama muslim.Biasanya, selama bulan Ramadhan, kita punya tradisi untuk saling meminta maaf.Tak hanya itu, kita memberi ucapan penyemangat untuk menyambut bulan suci.

Baca Juga: Meski Pemerintah Tetapkan Larangan Mudik Lebaran 2021, Ternyata Ada Pengecualian untuk Beberapa Syarat Berikut Ini loh, Apa Saja?Tak jarang, kita mengucap 'Ramadhan Kareem' dan 'Ramadhan Mubarak' untuk menyambut bulan suci.Tapi, apakah kamu sudah tahu makna di balik ucapan tersebut?Sebagai salah satu bulan tersuci dalam kalender Islam, umat Islam memiliki beberapa cara untuk saling menyapa selama Ramadhan.Melansir Express, ucapan yang sering digunakan untuk menyambut Ramadhan biasanya Ramadhan Mubarak dan Ramadhan Kareem.

Baca Juga: Bulan Ramadhan 1442 H Sudah di Depan Mata, Ternyata Begini Cara Menentukan Awal Puasa Menurut NU, Muhammadiyah, dan Kemenag

Ya, dua frasa tersebut biasa digunakan orang untuk menyebarkan kegembiraan.Mubarak diterjemahkan dari bahasa Arab untuk "diberkati."Itu artinya, mereka yang menggunakan salam pada dasarnya mengucapkan selamat Ramadhan kepada penerimanya.Ramadhan Mubarak adalah salam yang disukai banyak Muslim, karena penggunaan Ramadhan Kareem menjadi bahan perdebatan.

Baca Juga: Memasuki Bulan Ramadhan 1442 H, Ini Dia Doa Sekaligus Tata Cara Berbuka Puasa, Yuk Kita Simak Bersama! Frasa itu apabila diterjemahkan berarti "Ramadhan yang murah hati."Well, hal itu dianggap beberapa orang cukup bertentangan dengan tujuan dari bulan tersebut.Puasa adalah waktu introspeksi daripada kesenangan atau ekspresi luar seperti kemurahan hati.

Baca Juga: Berkah Menjelang Ramadhan, Arya Saloka Kabarkan Berita Gembira, Ketiban Rezeki Nomplok!Tapi Ramadhan tidak menghalangi tindakan kemurahan hati sama sekali, jadi beberapa orang berpendapat Ramadhan Kareem tepat.Wah, bagaimana menurutmu?(*)

Editor : Silmi Nur Aziza

Sumber : Express

Baca Lainnya