Hebohkan Warga Maluku yang Mendadak Temukan Emas di Pesisir Pantai, Pemerintah Setempat Langsung Cek Kadar Emasnya

Rabu, 24 Maret 2021 | 05:30
istimewa/dok. warga

emas tiba-tiba bermunculan di pesisir pantai Desa Tamilow, Kecamatan Amahai, Kabupaten Maluku Tengah

GridHype.ID - Bikin heboh, beberapa waktu lalu penemuan emas belakangan ini memang sering terjadi.

Bulan lalu, sebuah gunung emas pun ditemukan di Kongo, Afrika Tengah.

Tak hanya di luar negeri, peristiwa serupa juga terjadi di Indonesia.

Baca Juga: Terdengar Suara Minta Tolong dari Dalam Kubur, Warga Berbondong-bondong Bongkar Makam Perempuan Ini hingga Temukan Sebuah Hal Ganjil di Dalamnya

Melansir dari kompas.com, rarga Desa Tamilow, Kecamatan Amahai, Kabupaten Maluku Tengah, berbondong-bondong mendulang emas di pesisir pantai desa.

Perangkat Desa Tamilow, Rais Pawae mengatakan,kemuncukan material emas yang menghebohkan warga desa tersebut telah berlangsung dua hari terakhir.

Lokasi kemunculan material emas itu berjarak sekitar 500 meter dari perkampungan.

Baca Juga: Dapat Julukan Ratu Halu Indonesia hingga Sesumbar Miliki Saldo Rp3 Miliar, Penampakan Rumah Barbie Kumalasari Bak Langit dan Bumi dengan Perkataannya, Dalam Gang Sempit!

Dia mengatakan, banyak warga yang datang dengan peralatan seadanya setelah mereka mengetahui ada material emas di lokasi pantai tersebut.

"Dalam dua hari ada banyak warga yang dapat emas dari hasil mendulang, tapi bukan emas batangan. Bentuknya butiran dan seperti batu-batu kecil," ungkapRais saatdihubungi, Senin (22/3/2021).

Selain di pesisir pantai banyak warga juga yang mendulang emas di beberapa sungai di desa itu.

Syarifah Arey, seorang warga yang mengaku menemukan pertama kali material emas di pesisir pantai itu mengatakan, sebelum ramai didatangi warga, ia dan dua saudaranya sempat melihat kilauan di pesisir pantai. Setelah diangkat ternyata emas.

"Awalnya saya bersama dua orang kakak hanya coba-coba. Kami melihat ada semacam kilauan di pesisir pantai, dan setelah disaring ternyata ada kandungan emasnya,” kata Syarifah.

Baca Juga: Tak Heran Jadi Crazy Rich TikTok Gegara Bikin Konten Review Barang Mewah sampai Makanan Sultan, Netizen Sebut Sisca Kohl Keponakan Orang Terkaya Ketiga Se-Asia

Ia mengaku setelah penemuan itu warga ramai-ramai langsung mendatangi pesisir pantai untuk mendulang emas.

Mengutip dari kompas.tv, Wakil Bupati Maluku Tengah, Marlatu L. Leleury langsung memerintahkan Sekda dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup untuk mengecek ke lokasi, Selasa (23/3/2021).

Ia mengaku baru mengetahui penemuan ini baru hari ini dan ingin memastikan apakah benar yang disebut pasir emas tersebut benar emas atau bukan. Jika memang emas, dia ingin melihat kandungan kadar emasnya.

Baca Juga: Pemerintah Imbau Masyarakat Tidak Unggah Sertifikat di Sosmed, 3 Hal Ini Jadi Alasan Tak Semua Orang Layak Terima Vaksinasi Covid-19

"Saya baru tadi perintahkan Pak Sekda dan Kadis Lingkungan Hidup, untuk ke Amahai, cek langsung kabar ini dan melihat kadar emas yang bikin heboh itu," kata Marlatu.

"Saya baru dapat kabar juga dari Tribun. Saya sudah minta sekda dan kadis LH tindak lanjuti. Kalau memang emas kita cek kadar emasnya."

Selain itu, pihaknya akan berkoordinasi dengan Dinas Pertambangan dan Energi Provinsi Maluku untuk membantu penanganan penemuan pasir emas ini.

Baca Juga: Puluhan Remaja Masuk Rumah Sakit Jiwa karena Kecanduan Game Online, Psikolog Minta Orangtua Lebih Perhatikan Cara Mengasuh Anak

(*)

Editor : Nailul Iffah

Sumber : Kompas.tv, Kompas.com

Baca Lainnya