Berjuang Hadapi Penyakit Ini saat Mendekam di Penjara, Zumi Zola Tetap Nafkahi Keluarga Senilai Rp 20 Juta Tiap Bulannya

Sabtu, 20 Maret 2021 | 10:45
Tribun Jambi - Tribunnews.com

Zumi Zola terkena Diabetes

GridHype.ID - Mantan Gubernur Jambi sekaligus aktor Zumi Zola belum lama ini mengajukan Peninjauan kembali (PK) pada Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Pusat.

Melansir dari kompas.com,Zumi Zola diketahui ditangkap KPK pada 2018 dan ditetapkan sebagai tersangka dugaan suap RAPBD Jambi dan gratifikasi.

Atas kasus tersebut, Zumi Zola divonis hukuman enam tahun penjara dan denda Rp 500 juta subsider tiga bulan kurungan.

Meski begitu, iamengaku tetap menafkahi anak-anaknya meski sedang menjalani masa hukuman sebagai terpidana korupsi dan gratifikasi.

Baca Juga: BERITA POPULER: Mantan Istri Zumi Zola Lepas Hijab Hingga Nissa Sabyan yang Muncul ke Publik dan Minta Dukungan di Tengah Skandal Perselingkuhannya

Tidak sedikit, jumlah dana yang ditransfer Zumi Zola setiap bulannya tidak kurang dari Rp 20 juta.

Hal tersebut ia ungkap usai menjalani sidang lanjutan upaya Peninjauan Kembali (PK) di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Pusat, Jumat (19/3/2021).

"Iya, (Rp 20 juta). Itu di atas ketentuan pengadilan kemarin. Walau kondisinya tidak mudah, tetapi saya sebagai seorang ayah tetap berupaya dapat memenuhi kewajiban saya untuk ibu dan anak-anak," ujar Zumi Zola saat diwawancarai di PN Jakarta Pusat, Jumat.

Baca Juga: Tak Lagi Berhijab, Mantan Istri Zumi Zola Tampil Stylist Pamer Potret Bersama Sang Buah Hati

Sebagai ayah, aktor berusia 40 tahun ini punya komitmen untuk tetap memenuhi kebutuhan anak-anaknya.

"Sebagai ayah, saya tetap memenuhi kebutuhannya setiap bulan. Semampu saya," ujarnya.

Pemeran dalam film Kawin Laris ini juga mengapresiasi usaha mantan istrinya yang berjualan kue demi memenuhi kebutuhan rumah tangga.

"Tentu mantan istri saya melakukan upaya itu. Bagus juga dong mesti diapresiasi. Kami saling support," kata Zumi.

Diketahui pada 2020, Sherrin Tharia mengajukan gugatan cerai ke Pengadilan Agama (PA) Jakarta Selatan.

PA Jakarta Selatan lalu mengabulkan gugatan Sherrin Tharia pada 12 Agustus 2020.

Baca Juga: Rumah Tangganya Hancur Ketika Sang Suami Mendekam di Penjara Atas Kasus Korupsi, Sherrin Tharia Bikin Heboh Publik Usai Cerai dari Zumi Zola

Sejauh pernikahannya, Sherrin Tharia dan Zumi Zola telah dikaruniai dua anak.

Di sisi lain, mengutip dari tribunnews.com, Zumi Zola juga membeberkan kondisi kesehatannya memang memiliki riwayat penyakit diabetes sejak 2006.

"Alhamdulillah sehat, mata saya sehat, cuma ya ada diabetes. Saya diabetes sejak 2006," kata Zumi Zola ketika ditemui di Pengadilan Tipikor, Jakarta Pusat, Jumat (19/3/2021).

Baca Juga: Rumah Tangganya dengan Zumi Zola hancur Berantakan, Penampilan Terbaru Sherrin Tharia Dicibir Netizen Habis-habisan: Kok Enggak Berkerudung?

Selama 15 tahun mengidap diabetes, Zumi Zola rupanya tidak bisa lepas dari obat dan pemeriksaan dokter.

Ia juga harus menerapkan pola hidup sehat agar kondisi tubuhnya tidak drop karena penyakit diabetes.

"Jadi terus diupayakan bisa stabil. Jaga makanan dan tetap olahraga. Tapi ada naik turunnya. Saya diabetes karena almarhum ayah saya diabetes juga," ucapnya.

Mantan suami Sherrin Tharia itu mengungkapkan, selain olahraga, ia juga tidak bisa jauh dengan insulinagar kondisi tubuhnya tetap terjaga.

"Jadi ke mana-mana saya selalu bawa insulin. Saya tidak bisa lepas dari ini. Jadi kalau saya cek darah dan tinggi di atas 200 misalkan, saya langsung disuntik. Kalau pakai insulin jadi bisa turun," jelasnya.

Baca Juga: Telan Pil Pahit, Usai Terjerat Kasus Korupsi hingga Diceraikan Sang Istri saat di Penjara, Kini Zumi Zola Idap Penyakit Serius

Zumi Zola menegaskan ia sudah sangat ketergantungan dengan insulin.

Kasus korupsi yang menjeratnya dan mendekam di penjara, membuatnya harus tetap menjaga kondisi tubuh agar tetap prima.

"Jadi sudah tiga tahunlah pakai insulin ini," ujar Zumi Zola.

(*)

Editor : Nailul Iffah

Sumber : Kompas.com, Tribunnews.com

Baca Lainnya