Kembali Ditutup, Arab Saudi Larang WNA dari 20 Negara Untuk Masuk Mulai Malam ini, Termasuk Indonesia

Rabu, 03 Februari 2021 | 15:15
spa.gov.sa

Perkuat Pertahanan Raja Salman, Amerika Suplai Arab Saudi dengan Smart Bomb

Gridhype.id–Pemerintah Arab Saudi kembali mengeluarkan lalrangan masuk bagi warga negara Asing (WNA) ke kawasan Arab Saudi.

Sedikitnya WNA dari 20 negara dilarang masuk ke Arab Sudi sebagai upaya pencegahan penyebaran virus Covid-19.

Pelarangan WNA dari 20 negara yang masuk ke Arab Saudi ini akan dimulai pada hari ini Rabu 3 Februari 2021 pada pukul 21:00 waktu setempat.

Keputusan ini disampaikan oleh Konsul RI di Jeddah, Eko Hartono.

Baca Juga: Sidang Perdana Telah Berlangsung, Humas PA Jaksel Sebut Rachel Vennya Tak Ajukan Hak Asuh Anak

Namun demikian, pihaknya belum memperoleh informasi sampai kapan peraturan ini diberlakukan.

“Belum tahu sampai kapan, yang jelas mulai nanti malam (diberlakukan), jam 21.00,” kata Eko Hartono saat dihubungi Tribunnews pada Rabu (3/2/2021).

Adapun WNA 20 negara yang termasuk dalam pelarangan tersebut yakni WNA yang berasal dari Uni Emirat Arab (UEA), Mesir, Lebanon, Turki Amerika Serikat (AS), Jerman, Perancis, Italia, Irlandia, Portugal.

Baca Juga: Sang Mertua Kerap Tampil Modis dan Elegan, Siapa Sangka Suami Kahiyang Ayu Rupanya Miliki Darah Raja Batak

Peraturan ini juga berlaku untuk WNA yang berasal dari Swiss, Swedia, Brazil, Argentina, Afrika Selatan, India, Pakistan, Jepang, termasuk warga negara Indonesia.

Larangan ini juga berlaku bagi pelaku transit di 20 negara tersebut dalam kurun 14 hari terakhir sebelum menuju Arab Saudi untuk sementara waktu.

Kompas.com

Jemaah berbaris ketika keluar setelah mereka mengelilingi Kabah di Masjidil Haram, Arab Saudi, Rabu (29/72020)(STR)

Dilaporkan penutupan bagi WNA ini dilakukan Arab Saudi karena kekhawatiran penyebaran strain virus covid-19 baru yang berasal dari Inggris.

Konsul Jenderal RI mengatakan WNA yang akan keluar dari Arab Saudi masih diperkenankan, hanya saja penerbangan yang akan ke Saudi dari masing-masing 20 negara tersebut akan terkendala dengan adanya peraturan larangan masuk ini.

Baca Juga: Jadi Raja Terkaya di Dunia Hingga Kalahkan Raja Arab Saudi, Sultan Hassanal Bolkiah Dikenal Boros

“Masih boleh (WNA yang akan keluar Saudi), tapi masalahnya kalau mau ke 20 negara tersebut flight yang masuk susah,” katanya.

Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI mengimbau WNI menunda rencana perjalanan menuju Arab Saudi untuk sementara waktu.

Kemlu lewat perwakilannya di KBRI Riyadh dan KJRI Jeddah juga telah menyediakan nomor hotline yang bisa dihubungi apabila WNI dalam keadaan darurat di laman resminya atau menekan tombol darurat di aplikasi Safe Travel.

(*)

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Mulai Malam Ini WNA Dari 20 Negara Dilarang Masuk Arab Saudi, Termasuk Indonesia

Editor : Ngesti Sekar Dewi

Sumber : tribunnews

Baca Lainnya