Empat Tren Fashion yang Akan Populer di 2021, Terpengaruh dari Situasi Covid-19

Senin, 25 Januari 2021 | 12:45
Kolase Gridhype.id

4 Tren fashion 2021

Gridhype.id- Memasuki tahun 2021, berbagai perkiraan tren dalam dunia fashion disepanjang tahun ini telah banyak diperkirakan.

Tresn fashion biasanya akan banyak dipengaruhi dengan kebutuhan dan situasi saat ini.

Seperti tahun ini yang tengah diselimuti pandemi Covid-19, juga memberikan perubahan pada dominasi fashion di akhir tahun 2020.

Baca Juga: Berbeda dengan Indonesia, Prancis Justru Larang Penggunaan Masker Kain

Dimana pakaian santai yang nyaman digunakan namun tetap terlihat rapi dan modis untuk segala aktivitas di rumah menjadi pilihan utama.

Aktivitas yang saat ini banyak dilakukan di rumah akibat pandemi Covid-19 membuat munculnya berbagai macam model pakaian mulai dari loungewear, sleepwear hingga loose wear.

Model pakaian tersebut dinilai lebih nyaman dan sederhana serta modelnya yang trendi menjadikan pakaian tersebut dapat digunakan dalam segala aktivitas, baik ketika bekerja di rumah ataupun untuk sekedar keluar sejenak demi membeli kebutuhan shari-hari.

Melansir dari ANTARA, berikut rangkuman beberapa tren fashion yang diprediksi akan populer pada tahun ini.

Baca Juga: Tommy Soeharto Gugat Pemerintah RI RPp56 Miliar, Lantaran Tak Terima Bangunan Miliknya Digusur Untuk Jalan Tol

Loungewear dan set piyama

Instagram | @adeejathelabel

loungewear

Brand Wearstatuquo melihat bahwa tahun 2020 adalah tahun dimana masyarakat pada umumnya seakan terhenti untuk melakukan dress-up, dilihat dari meroketnya penjualan piyama dan loungewear secara global.

Sudut pandang fesyen mengalami pergeseran dari diktasi-diktasi tren global, dan kemudian menjadi lebih personal, kasual dan pragmatis.

Sentuhan personal adalah konsep yang akan digali lebih jauh oleh Wearstatuquo pada 2021.

Pendiri jenama Wearstatuquo, Janet Prasetio mengatakan, “Konsep ini akan dihadirkan melalui beberapa kolaborasi menarik bersama beberapa pihak. Dimana ide besarnya adalah selalu menghadirkan ragam busana yang tetap stylish, kombinasi unik antara elemen desain, karakter dan tentunya kenyamanan.”

Baca Juga: Rata-Rata Pendapatan Warganya Mencapai Rp64 Juta, Hal ini yang Membuat Warga Swiss Tak Bisa Kaya Raya

Athleisure Wear

Brighton Journal

Athleisure Wear

Mengingat kebiasaan sehat yang sedang dijalani oleh seluruh masyarakat dunia dan juga isu kesehatan yang makin diperhatikan, Athleisure Wear juga akan menjadi tren pada 2021.

“Athleisure wear akan jadi salah satu tren yang kuat di 2021 karena masyarakat semakin peduli akan kesehatan sehingga olahraga jadi salah satu kegiatan yang sangat digemari selama pandemi.

Dari pandemi ini juga, masyarakat lebih mengutamakan kenyamanan dalam berpakaian sehari-hari.

Mereka menginginkan sesuatu yang simpel untuk berolahraga, sekaligus bisa digunakan untuk kegiatan lainnya sehari-hari,” ujar pendiri jenama Nona, Andani Agni Putri.

Andani menuturkan, pakaian olahraga yang modis akan jadi fokus dari desain mereka tahun ini.

Baca Juga: Kisah Tiga Anak Indonesia yang Ada di Balik Jeruji Besi Suriah, Orangtuanya Ikut ISIS Hingga Tewas Terkena Roket

Sling bag

instagram.com/elizabeth_ez
instagram.com/elizabeth_ez

1. 3 Jenis tas wajib punya untuk tampil modis #SemuaBisaCantik: Sling Bag.

Untuk urusan tas, pencinta fesyen diperkirakan lebih mengedepankan fungsi dan kenyamanan dari produk yang dibeli.

Soal warna, nuansa warna natural yang terang hingga pastel diperkirakan jadi favorit.

“Model sling bag, fanny pack dan tas kecil lainnya terus digemari oleh pelanggan hingga hari ini,” kata pendiri brand Motiviga, Givary Malik.

Menurut dia, model tas tersebut cocok untuk digunakan dalam berbagai aktivitas serta diaplikasikan dengan warna natural yang mencolok.

Konsep tersebut juga nantinya akan diterapkan oleh Motiviga dalam mengeluarkan koleksi tas terbarunya.

“Memperbanyak variasi sling bag hingga fanny pack dengan penggunaan warna vibrant dalam pembuatan pattern. Kami juga akan memberikan fungsi beragam yang dapat dicocokkan untuk segala aktivitas dan hobi,” ujar Givary

Baca Juga: Kalina Octaranny Justru Bersedih di Hari Lamarannya, Lantaran Tak Dihadiri Keluarga Inti dan Anaknya

Vintage, Retro, dan Old school

Kompasiana

Vintage, Retro, dan Old school

Fesyen tahun 2021 masih diwarnai dengan konsep vintage, retro, dan old school dari tahun 2020.

Akan tetapi, terdapat perbedaan dari tahun sebelumnya yakni adanya overlapping antara konsep old school dan new school, yang menyebabkan munculnya dua konsep fashion di saat yang bersamaan. Konsep era Victorian tahun 1990 muncul kembali pada akhir tahun 2020.

Model ruffles dan puff sleeve diperkirakan masih akan diminati untuk kuartal pertama 2021.

“Saya pikir 2021 adalah era dari overlapping, old is the new new.

Setelah era Victorian, akan masuk fashion dengan inspirasi era Retro 70 dengan pemilihan warna yang lebih deep dan colorful,” ungkap Andani.

Pemilihan motif untuk tahun 2021 akan lebih banyak menggunakan geometric pattern yang lebih kecil, bukan lagi gambar abstrak yang pernah populer sebelumnya.

Warna yang diperkirakan populer adalah yellow butter, olive green, magenta, indigo blue dan cream chocolate.

Konsep tersebut juga masih akan tetap menjadi inti dari setiap koleksi Nona.

“Nona sangat terinspirasi darifashion di setiap era, namun karena koleksi Nona lebih versatile, kami memiliki koleksi untuk beberapa pelanggan yang memang main style-nya berbeda-beda.

Tahun ini kami akan menampilkan model-model yang simplistic with a little bit of twist dengan mix color pop dan mencoba wrap dress dan wrapping top,” tambah Andani. (*)

Editor : Ngesti Sekar Dewi

Sumber : Antara

Baca Lainnya