25 Relawan Uji Klinis Vaksin Sinovac Terkonfirmasi Positif Covid-19, Kemenkes Angkat Bicara

Kamis, 21 Januari 2021 | 05:00
freepik

Ilustrasi vaksinasi Covid-19.

GridHype.ID - Vaksin menjadi secercah harapan untuk mengakhiri pandemi Covid-19.

Seperti yang diketahui, Pemerintah Indonesia sudah melakukan jadwal vaksinasi Covid-19 yang dimulai pemberian vaksin untuk Presiden Jokowi dan jajaran pejabat.

Sebelumnya, vaksin Sinovac sendiri sudah melakukan uji klinis.

Baca Juga: Lihat Mantan dan Pacar Barunya, Athalla Naufal Iseng Bikin Video Pertemuannya dengan Aisyah

Namun baru-baru ini terdapat25 dari total 1.620 relawan uji klinis vaksin Sinovac di Bandung terkonfirmasi positif Covid-19.

Dari total 25 relawan yang positif, ada yang sudah menerima suntikan vaksin dan ada yang hanya menerima suntikan placebo.

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan RI, Siti Nadia Tarmizi menjelaskan, sebagian besar relawan yang positif, kini telah dinyatakan sehat.

Baca Juga: Perlakuan Gading Marten Saat Pacaran Terbongkar, Astrid Tiar Sebut Mantan Suami Gisel Tak Pernah Marah Tahu Dirinya Selingkuh : Sebaik Itu Dia

Dikutip dari YouTube Kompastv, Selasa (19/1/2021), Siti menjelaskan, relawan yang terpapar Covid-19, sebagian besar hanya mengalami gejala ringan.

"Sudah sembuh, sudah tidak ada gejala Covid sama sekali," ujar dia.

"Dan karena sebagian besar hanya gejala ringan."

Baca Juga: Celine Evangelista Disinggung Soal Perceraian karena Tak Bersama Stefan William, sang Ibu Ikut Komentar

Siti menjelaskan, para relawan yang positif Covid-19 sempat diisolasi di Rumah Sakit Hasan Sadikin, Bandung, Jawa Barat.

Ia mengatakan, para relawan yang positif Covid-19 akan terus mengikuti uji klinis vaksin Sinovac hingga selesai.

Nantinya, para relawan vaksin Sinovac yang hanya menerima suntikan placebo, akan menerima suntikan vaksin yang sebenarnya.

Baca Juga: Sempat Terpuruk Juga, Wijin Bongkar Reaksi Gisella Anastasia Tahu Video Syurnya Viral

Dikutip TribunWow.com dari Tribunnews.com, berikut rincian relawan yang positif Covid-19.

Dari total 25 orang yang positif, 7 di antaranya adalah relawan yang telah menerima 2 kali suntikan vaksin Covid-19.

Lalu 18 sisanya adalah orang yang menerima suntikan placebo.

Baca Juga: Seolah Lenyap dari Layar Kaca, Dorce Gamalama Ternyata Idap 2 Penyakit Mematikan hingga Telah Siapkan Kain Kafan dan Kavling Kuburan

"Kemudian dilihat berapa yang sakit dari kelompok yang dapat vaksin, berapa yang sakit dari kelompok yang dapat plasebo. Dari hasil yang kemarin, dari yang dapat plasebo 18 orang, yang sakit yang dapat vaksin 7 orang," kata Ketua Tim Peneliti Uji Klinis Vaksin Covid-19 dari Universitas Padjadjaran, Prof Kusnandi Rusmil saat ditemui di tempat praktiknya di Kota Bandung, Senin (18/1/2021).

Kusnandi menjelaskan, para relawan terpapar Covid-19 bukan dari vaksin itu sendiri, melainkan dari luar.

"Mereka dapat virus dari luar (bukan dari vaksin), karena yang ikut uji klinis kan boleh ke mana-mana ya. Nanti kalau ada gejala batuk, pilek, itu harus kontrol. Sehingga kalau kontrol, sama kita di-swab. Tapi sebagian besar dari yang positif itu gejalanya ringan, jadi nggak dirawat yang dapat vaksin itu. Nah yang dapat plasebo ada yang dirawat," kata Kusnandi.

Artikel ini telah tayang di Tribunwow.com dengan judul 25 Relawan Uji Klinis Sinovac Positif Covid-19, Kemenkes: Sebagian Besar Hanya Gejala Ringan

(*)

Editor : Linda Fitria

Sumber : Tribun Wow

Baca Lainnya