Presiden Joko Widodo Divaksin Bersama 6 Tokoh Masyarakat Lainnya

Rabu, 13 Januari 2021 | 10:00
YouTube/Sekretariat Negara

Jokowi disuntik vaksin Sinovac.

Gridhype.id- Presiden RI Joko Widodo menjadi orang pertama di Indonesia yang akan disuntik Vaksin Covid-19 hari ini rabu 13 Januari 2021.

Proses vaksinasi disiarkan secara langsung di YouTube Sekretariat Presiden dengan dipandun oleh dr Reisa Brotoasmoro.

Diketahui Presiden Joko Widodo akan divaksin bersama enam tokoh publik lainnya.

Mereka adalah, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Daeng M Faqih, Sekjen MUI Amirsyah Tambunan, PBNU Ahmad Ishomudin, Panglima TNI Marsekal Hadi Tajahjanto, Kapolri Jendral Pol Idham Azis.

Dalam kesempatan tersebut Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan jika vaksin Covid-19 ini merupakan alat yang bisa dipakai untuk melindungi diri kita, keluarga serta rakyat Indonesia dari virus Covid-19.

Budi Sadikin juga menyebut, setidaknya 70% umat manusia di dunia harus bisa mendapatkan vaksin agar tujuan program vaksinasi tercapai yakni membuat dunia terbebas dari virus Covid-19.

Masih dikesempatan yang sama, Ketua IDI Daeng M Faqih menegaskan jika Vaksin Covid-19 sudah dinyatakan aman, efektif dan halal.

Faqih menyebut tujuan dari vaksinasi ini untuk mempercepat terbentuknya kekebalan tubuh untuk bisa mencegah diri dari terpaparnya virus Covid-19.

Terdapat Tiga tahapan vaksinasi yang akan dilalui Presiden Joko Widodo beserta peserta lainnya.

Tahap pertama yakni pendaftaran, screening kesehatan, pemberian vaksin dan monitoring.

Pada tahap keduaakan dilakukan pemeriksaan prevaksinasi yang akan mendata tanda-tanda vital, lalu akan dilakukan pemeriksaan ulang seperti suhu, tekanan darah dan kondisi terbaru selama 7 hari ke belakang.

Lalu proses selanjutnya akan dilakukan vaksinasi, dan yang terakhir akan dilakukan monitoring selama 30 menit sebelum penerima vaksin Covid-19 dapat menjalankan aktivitasnya kembali.

(*)

Editor : Ngesti Sekar Dewi

Sumber : YouTube