Bikin Penasaran, Berikut 3 Fenomena Aneh yang Pernah Terjadi di Langit

Senin, 14 Desember 2020 | 18:15
Dok. Tourism Australia

Fenomena Aurora Australis di Freycinet, Tasmania

Gridhype.id-Beberap tempat yang tidak bisa dijangkau di bumi memang selalu meninggalkan tanda tanya.

Baik itu mengenai hal yang terdapat di dalamnya hingga beberapa kejadian yang terjadi di tempat tersebut.

Misalnya saja mengenai langit dan luar angkasa.

Beberapa negara bahkan nmemiliki lembaga tersendiri yang meneliti mengenai fenomena yang terjadi di lagit maupun luar angkasa.

Baca Juga: Jadi Wanita Terkaya di Indonesia, Segini Jumlah Kekayaan Kartini Muljadi dan Arini Subianto

hal ini tak lain dari beberapa peristiwa aneh yang pernah terekam dan terlihat di langit, membuat kita jadi penasaran dengan sebenarnya apa yang terjadi di atas sana.

Lantas seperti apa peristiwa-peristiwa teraneh yang pernah terjadi di langit?

Mulai dari bintang besar yang bersinar jutaan kali lebih terang dari matahari yang dikabarkan menghilang sampai rekaman video tentang UFO yang dirilis Pentagon, Amerika Serikat (AS).

Tiga fenomena itu menjadi peristiwa aneh di langit yang terjadi dalam beberapa waktu belakangan. Seperti apa peristiwa-peristiwa tersebut?

Baca Juga: Unggul dalam Hitung Cepat Pilkada 2020, Sahrul Gunawan Justru Dikabarkan Jatuh Sakit, Kenapa?

1. Sebuah bintang besar yang hilang

Kompas.com

Ilustrasi bintang neutron paling misterius dan langka yang memancarkan gelombang radio aneh

Pernah dengar soal bintang besar yang hilang? Selama hampir 2 dekade, para astronom mempelajari sebuah bintang di galaksi yang berjarak 75 juta tahun cahaya.

Melansir The Atlantic, tahun lalu, bintang yang sangat panas dan bersinar biru kristal dan cahayanya lebih terang beberapa juta kali dari Matahari dilaporkan hilang tahun lalu.

Seorang mahasiswa doktoral bidang Astrofisika di Trinity College Dublin telah memeriksa berulang kali keberadaan bintang tersebut.

Para astronom lain juga mencari ciri khas dari cahaya bintang itu namun tetap saja, jejak itu lenyap.

Awalnya Allan dan astronom lain berpikir ini adalah kesalahan cuaca yang tidak bagus di Bumi pada hari di mana teleskop di pegunungan Chili Utara memeriksa keberadaan bintang itu.

Jadi, Allan dan rekan-rekannya melakukan observasi lain menggunakan observatorium yang berbeda beberapa bulan kemudian namun hasilnya tetap nihil.

Luar angkasa memang bisa menjadi tempat misterius dan mengejutkan, tetapi bintang seperti ini seharusnya tidak raib tanpa jejak.

Pada umumnya, bintang sebesar dan sepanas itu akan "mengakhiri" hidup mereka dalam ledakan kuat dan bercahaya, supernova, dan meninggalkan lubang hitam baru sebagai akibat ledakannya.

Baca Juga: Fenomena Kemunculan Semut Bau yang 'Serang' Warga Banyumas, Bisa Sebabkan Gatal-gatal di Permukaan Kulit

2. Pesawat nirawak misterius tampak melayang di Colorado dan Nebraska

(THINKSTOCK)
(THINKSTOCK)

Ilustrasi drone yang dilengkapi kamera untuk merekam atau mengambil gambar.

Beberapa penampakan drone atau pesawat nirawak misterius telah dilaporkan beredar di langit malam pedesaan Colorado dan Nebraska sehingga membuat penduduk lokal khawatir.

Menurut Administrasi Penerbangan Federal Amerika Serikat (FAA) dilansir dari TIME, penampakan itu terjadi pada pertengahan Desember tahun lalu.

Namun, para pejabat FAA tidak mengetahui siapa gerangan yang mengoperasikan drone tersebut.

Dalam pernyataan publik di Facebook, pihak kepolisian daerah Phillips mengungkapkan, "Pesawat nirawak telah membuat warga kami resah dan cemas. Orang-orang tidak suka hal-hal yang tak diketahui karena mengganggu keseimbangan hidup."

Di satu daerah setidaknya dilaporkan ada 17 drone yang terbang setiap malam antara pukul 7 sampai 10 malam waktu setempat berdasarkan laporan media lokal The Denver Post.

Baca Juga: Mantan Datang di Acara Pernikahan, Gadis Asal Lombok ini Menangis Histeris Hingga Pingsan di Pelaminan

3. Pentagon merilis secara resmi 3 video UFO

(SHUTTERSTOCK/ktsdesign)

Ilustrasi UFO (Unidentified Flying Object), wahana mahluk luar angkasa (alien).

Pentagon secara resmi telah merilis 3 video pendek yang menunjukkan "fenomena udara tak dikenal" yang sebelumnya pernah dirilis oleh sebuah perusahaan swasta.

Melansir CNN, di dalam video tersebut, tampak seperti ada benda terbang tak dikenal yang bergerak cepat ketika terekam kamera inframerah.

Kebenaran video itu dikonfirmasi oleh Angkatan Laut AS pada September tahun lalu namun Pentagon, Departemen Pertahanan AS baru merilis secara resmi video penampakan itu tahun ini, tepatnya April lalu.

Setelah rilis resmi tersebut, Angkatan Laut AS kini memiliki panduan formal tentang bagaimana tentaranya dapat melapor ketika mereka yakin telah melihat kemungkinan penampakan UFO.Fe (*)

Artikel ini telah taang di Kompas.com dengan judul, 3 Fenomena Teraneh yang Pernah Terjadi di Langit

Editor : Ngesti Sekar Dewi

Sumber : Kompas.com

Baca Lainnya