Meski Hanya Simpanan, 4 Wanita ini Berhasil Sejarah Dunia Bak Seorang Ratu, Namun Sayang Akhir Hidupnya Berujung Tragis

Jumat, 27 November 2020 | 11:45
Kolase Gridhype.id

Kisah 4 Wanita Simpanan yang Mengubah Dunia dengan Kekuasaan Namun Berakhir Tragis

Gridhype.id- Pada jaman dahulu, keberadaan selir yang mendampingi para raja-raja bisa memiliki peran yang sangat penting.

Beberapa kisah selir atau wanita simpanan raja bahkan melegenda karena bisa merubah kondisi dunia.

Seperti beberapa kisah para selir berikut ini yang mampu mengubah sejarah dunia:

Baca Juga: 50 Tahun Habiskan Waktunya Mengemis Dijalan, Begitu Meninggal Harta Kekayaannya Baru Terungkap, Jumlahnya Miliaran:

1. Diane de Poitiers

pinterest

Diane de Poitiers

Lahir dari keluarga bangsawan Prancis pada tahun 1499, putri yang terkenal karena kecantikannya, Diane de Poitiers, menerima pendidikan humanis yang disebut cocok untuk mendampingi seorang raja Renaissance.

Pada usia 15 tahun, ia menikah dengan Louis de Brézé, seorang perwira kerajaan yang usianya 40 tahun lebih tua darinya.

Posisi suaminya yang menonjol mendorong Diane ke dalam inti rumah tangga François I, di mana ia melayani sebagai wanita yang sedang menunggu Ratu Claude.

Menjadi orang favorit di istana, Diane menghadiri kelahiran Henri II dan kemudian diberi tugas mengajar sopan santun kepada raja masa depan itu.

Diane menjadi janda pada 1531, dan pada 1533 Henri perkawinan dengan Catherine de 'Medici dalam kondisi tak baik.

Pada 1538, hubungan dekat antara Henri dan Diane berkembang menjadi hubungan cinta yang penuh gairah.

Baca Juga: Perkembangan Kasus Video Syur Mirip Gisel, Pakar Telematikan Temukan 10 Bukti Kuat yang Bisa Membuat Gisel Kembali Dipanggil Ke Kepolisian

Setelah kekasihnya naik tahta pada 1547, Diane menasehati Henri tentang masalah politik dan menulis banyak surat resminya, menandatanganinya dengan "HenriDiane."

Raja muda itu selalu ribut dengan selir setengah bayanya itu, setiap kali Diane memintanya pergi ke kamar tidur istrinya agar menghasilkan ahli waris yang sah.

Perlu diketahui bahwa Diane tidak melahirkan anak untuk Henri, tetapi tiga dari gundiknya yang lain melahirkan anak.

Kematian Henri setelah kecelakaan bertempur di atas kuda pada tahun 1559 mendadak mengakhiri pemerintahan Diane secara de facto.

Catherine menyita rumahnya dan membuangnya ke pedesaan, tempat di mana Diane meninggal — diduga dengan kecantikannya masih utuh — pada usia 66 tahun.

Baca Juga: Kembali Dikabarkan Menikah, Sosok Istri Baru Kiwil Diungkap Sang Penghulu, Sebut Sang Wanita Sebagai Pengusaha Asal Kalimantan

2. Aspasia Miletus

Aspasia Miletus

Aspasia, pasangan dari negarawan Yunani kuno Pericles, muncul dalam tulisan-tulisan Plato, Aristophanes, Xenophon dan penulis Athena klasik lainnya.

Diperkirakan ia dilahirkan di koloni Ionia di Miletus sekitar tahun 470 SM dan pindah ke Athena, tempat ia menjadi hetaera — sejenis pelacur yang menerima pendidikan untuk menjaga perusahaan lelaki yang cerdas dan canggih — dan mungkin menjalankan bordil.

Dia kemudian pindah dengan Pericles dan memberinya seorang putra.

Menurut Plutarch, Pericles sangat mencintai Aspasia sehingga dia menciumnya setiap pagi dan sore sampai hari dia meninggal.

Nmaun, karena Aspasia adalah orang asing, hukum Athena mencegah pasangan itu menikah.

Baca Juga: DJ Cantik yang Sering Berpenampilan Seksi ini Putuskan Jadi Mualaf, Ungkap Sudah 6 Tahun Tertarik dengan Agama Islam

Sumber-sumber kuno yang berhubungan mengatakan bahwa Pericles sering berkonsultasi dengan temannya tentang masalah politik dan militer.

Plato bahkan bercanda bahwa Aspasia, digambarkan sebagai orator yang terampil dan mengasyikkan berbicara dengan haknya sendiri, penulis pidato Pericles yang paling terkenal, sebuah orasi pemakaman yang disampaikan selama Perang Peloponnesia.

Meskipun kita mungkin tidak pernah tahu sejauh mana pengaruh Aspasia, Pericles mencapai proyek pembangunan yang ambisius dan memimpin masa keemasan demokrasi selama hubungan mereka.

Menurut beberapa laporan, Aspasia hidup lebih lama dari kekasihnya yang terkenal dan kemudian dihubungkan dengan seorang birokrat Athena, Lysicles.

3. Lola Montez

Lola montez

Sedikit yang diketahui tentang kehidupan awal Eliza Rosanna Gilbert. Ia lahir di Irlandia pada tahun 1818 atau 1821.

Digambarkan sebagai wanita yang sangat cantik, ia kawin lari sebagai remaja dan menghabiskan beberapa waktu di India, namun pernikahannya hancur dalam beberapa tahun.

Sekitar tahun 1843, ia melakukan debut di panggung London dengan nama Lola Montez, yang menyebut dirinya sebagai "penari Spanyol."

Setelah tampil di berbagai ibu kota Eropa, ia berakhir di Munich, di mana ia menjadi nyonya Ludwig I dari Bavaria.

Baca Juga: Sandang Gelar Raja dengan Istri Terbanyak di Dunia, Raja Moulay Ismail Diketahui Punya 500 Istri dan 1.171 Anak, Ilmuwan Temukan Hal yang Tak Kalah Mencengangkan

Raja Jerman yang sudah tua itu menjadikannya seorang bangsawan, membangun sebuah istana, memberinya tunjangan hidup besar dan menunda padanya untuk urusan politik.

Selama lebih dari satu tahun, Lola pada dasarnya memerintah Bavaria dengan keras terlebih dahulu, memata-matai dan menghancurkan para pengkritiknya ketika kekasihnya dengan sabar menyingkir.

Pergerakan revolusioner yang sebagian besar disebabkan oleh pengaruhnya memaksa Ludwig turun tahta pada tahun 1848.

Lola melarikan diri dari Bavaria dan melanjutkan kariernya sebagai pemain, menghabiskan waktu di Eropa, Amerika Serikat dan Australia sebelum menetap di New York.

Sepanjang perjalanan hidupnya, dia berada dalam dua pernikahan tidak sah, tuduhan pembunuhan dan berbagai skandal karena sifat provokatif dari "tarian laba-laba" khasnya.

Dia meninggal di New York pada tahun 1860, satu bulan sebelum ulang tahunnya yang ke-40.

4. Barbara Palmer

Barbara Palmer

Selir paling keji Raja Charles II dari Inggris dilahirkan Barbara Villiers di dalam keluarga yang sederhana pada tahun 1640.

Pada usia 19 tahun, ia menikah dengan Robert Palmer dan bepergian bersamanya ke Belanda, tempat Charles tinggal di pengasingan selama masa pemerintahan parlementer Oliver Cromwell.

Seorang simpatisan kerajaan, Barbara dengan cepat menjadi kekasih raja yang digulingkan; ketika dia kembali ke London akhir tahun itu, dia memanggilnya ke sisinya.

Barbara segera melahirkan anak pertama dari tujuh bersaudara, yang lima di antaranya diakui oleh Charles.

Suaminya yang terasing dengan enggan menerima hubungan itu dan bahkan menerima gelar bangsawan atas kepuasannya.

Baca Juga: Perkembangan Kasus Video Syur Mirip Gisel, Pakar Telematikan Temukan 10 Bukti Kuat yang Bisa Membuat Gisel Kembali Dipanggil Ke Kepolisian

Kontrol Barbara yang terkenal tanpa kompromi terhadap kekasih rajanya hampir tidak berkurang setelah pernikahan Charles 1662 dengan Catherine dari Braganza.

Barbara sendiri telah menunjuk Lady of the Bedchamber, posisi yang menjaminnya gaji yang besar dan akses ke tokoh-tokoh paling kuat di pengadilan.

Barbara mengumpulkan kekayaan kecil yang berfungsi sebagai perantara bagi mereka yang berharap mendapatkan bantuan raja.

Ia juga memperebutkan gelar kerajaan untuk putra-putranya meskipun ayah mereka meragukan.

Charles mengusir Barbara sekitar tahun 1674, dan Barbara wafat pada tahun 1709 pada usia 68 tahun. Banyak keturunan terkemuka Barbara termasuk almarhum Diana, putri Wales. (*)

Artikel ini telah tayang di Intisari online dengan judul,"Kisah 4 Gundik yang Mengubah Dunia dengan Kekuasaan Bak Seorang Ratu, Namun Akhir Tragis Sama-sama Menutup Hidup Mereka"

Editor : Ngesti Sekar Dewi

Sumber : Intisari Online

Baca Lainnya