Sama-sama Transgender Namun Beda Penempatan, Ini Alasan Millen Cyrus Ditahan di Sel Pria Tapi Lucinta Luna di Sel Wanita

Selasa, 24 November 2020 | 09:45
Kolase Wartakota Tribunnews

Millen Cyrus bakal huni sel tahanan pria.

GridHype.ID - Banyak yang bertanya-tanya meski sama-samatransgender, Millen Cyrus dan Lucinta Luna ditempatkan di sel berbeda.

Ya, baru-baru ini keponakan Ashanty bernasib sial dan terancam hukuman 4 tahun penjara

Millendaru alias Millen Cyrus ditangkap polisi Minggu (22/11/2020) dini hari, di salah satu hotel di kawasan Jakarta Utara.

Baca Juga: Hanya Bisa Terisak dan Menunduk, Millen Cyrus Memohon Maaf atas Kasus Narkoba yang Menjeratnya: Saya Salah Pakai Sabu-Sabu

Di lokasi yang sama, polisi juga mengamankan seorang pria berinisial JR saat menggeledah Millen Cyrus di hotel tersebut.

Polisi juga mengamankan barang bukti, di antaranya sabu-sabu seberat 0,36 gram, alat isap, dan sisa minuman alkohol Black Labels.

Hasil tes urine Millen Cyrus menunjukkan positif sabu, sedangkan JR negatif narkoba.

Setelah ditetapkan sebagai tersangka, Millen Cyrus disangkakan dengan Pasal 127 Ayat (1) huruf a Undang Undang RI Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika.

Kapolres Pelabuhan Tanjung Priok, AKBP Ahrie Sonta, mengatakan tersangka kasus dugaan penyalahgunaan narkoba, Millen Cyrus, akan ditahan di sel pria.

Kendati demikian, Ahrie mengatakan, sampai saat ini Millen Cyrus masih harus diperiksa oleh penyidik Polres Pelabuhan Tanjung Priok.

"Iya, di KTP beliau (Millen) laki-laki," kata Ahrie dalam jumpa pers di Polres Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Senin (23/11/2020).

Baca Juga: Lesty Kejora Buka Pengalaman Pahit Jadi Korban Pelecehan Seksual, Rizky Billar : Sangat Menyayangkan Sekali sih

Seperti dilansir via Tribunnews.com Sama-sama Transgender, Mengapa Millen Cyrus Ditahan di Sel Pria Sementara Lucinta Luna di Sel Wanita

Menurut pemeriksaan awal, Ahrie mengatakan keponakan penyanyi Ashanty itu telah menggunakan sabu beberapa kali.

"Menurut pengakuan sudah berapa kali menggunakan, di hotel tersebut, di Bali dan di acara-acara tersangka," kata Ahrie seperti dikutip Kompas.com.

Sampai saat ini, kata Ahrie, pihak keluarga Millen Cyrus telah menyambangi Polres Pelabuhan Tanjung Priok untuk menjenguknya.

Namun, Ahrie tidak bisa mengungkapkan siapa keluarga yang telah menjenguk Millen Cyrus.

Lucinta Luna Mendekam di Sel Wanita

Kompas.com

Lucinta Luna dalam press junket film Bidezilla di kawasan Cilandak, Jakarta Selatan, Rabu (26/6/2019).

Sebelumnya pada Februari 2020, artis peran yang juga seorang transgender, Lucinta Luna juga lebih dulu ditangkap polisi terkait kasus narkoba.

Lucinta Luna diamankan atas kasus dugaan penyalahgunaan narkoba oleh Satnarkoba Polres Jakarta Barat, Senin (11/2/2020) di Apartemen Thamrin City.

Baca Juga: Ini Alasan Daniel Mananta Pamit dari Indonesian Idol dan Menunjuk Boy William sebagai Pengganti

Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus mengatakan, polisi juga mengamankan tiga orang lainnya atas dugaan kasus serupa, masing-masing berinisial H, D, dan N.

Saat diamankan, polisi menemukan 3 butir narkoba jenis ekstasi di keranjang sampah.

"Ada dua jenis obat dari tas Lucinta Luna, pertama tramadol dan Riklona. Ini adalah obat penenang dan masuk golongan psikotropika," kata Yusri kepada wartawan, Senin.

Yusri mengungkapkan, sampai saat ini Lucinta Luna masih diperiksa di Polres Jakarta Barat guna mengetahui siapa pemilik ekstasi tersebut.

"Sampai saat ini, mereka belum mengakui barang yang diduga ekstasi," ungkap Yusri.

Polisi memutuskan Lucinta Luna ditempatkan di ruang khusus tahanan perempuan di Rumah Tahanan (Rutan) Polda Metro Jaya.

Melansir Kompas.com, Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Kombes Yusri Yunus memaparkan secara hukum Lucinta Luna seorang perempuan.

Yusri mengatakan berdasarkan keputusan Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Lucinta Luna merupakan seorang perempuan.

Baca Juga: Dicecar Maia Estianty Soal Hubungannya dengan Alysa Daguise, Al Ghazali Akhinya Ngaku Sudah Minta Izin ke Ayah Sang Kekasih

Keputusan yang dikeluarkan itu tentang perubahan jenis kelamin Lucinta.

"Putusan pengadilan sudah menyatakan, yang bersangkutan (Lucinta Luna), pertama menerima permohonan dari pemohon untuk perubahan jenis kelamin dari laki-laki menjadi seorang wanita."

"Dengan nama yang lama adalah MF (Muhammad Fatah) menjadi AP (Ayluna Putri)," papar Yusri di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Kamis (13/2/2020).

Lucinta Luna mengubah status jenis kelamin setelah PN Jakarta Selatan mengabulkan permohonannya.

Kemudian, Lucinta mengganti status jenis kelamin pada dokumen kependudukan di antaranya paspor dan akta kelahiran.

(*)

Artikel ini telah tayang di surya.co.id dengan judul Alasan Millen Cyrus Ditahan di Sel Pria Tapi Lucinta Luna di Sel Wanita, Terancam 4 Tahun Penjara

Editor : Ruhil Yumna

Sumber : Surya

Baca Lainnya