Bak Ketiban Durian Runtuh, Pria Ini Mendadak Jadi Miliarder Usai Menjual Sebuah Batu

Kamis, 19 November 2020 | 16:45
medium.com

Ilustrasi meteor jatuh.

GridHype.ID - Bak ketiban durian runtuh, pria ini menjadi orang paling beruntung di dunia.

Pasalnya, gara-gara sebuah batu, pria asal Tapanuli Tengah ini mendadak jadi miliarder.

Kok bisa sih? Yuk simak kisah tak terduga berikut ini.

Baca Juga: Viral Curhatan Anak yang Berhasil Bikin Ayahnya Cerai dari Pelakor, Sempat Difitnah Gara-gara Pulang Malam

Beberapa waktu lalu kisah Josua Hutagalung (33), pria asal Dusun Sitahan Barat, Desa Satahi Nauli, Kecamatan Kolang, Kabupaten Tapanuli Tengah, sempat viral di media sosial.

Diketahui pria yang sehari-hari bekerja sebagai pembuat peti mati, dan menemukan bongkahan batu meteor beberapa waktu lalu.

Kisahnya kemudian menjadi pemberitaan di beberapa media luar negeri.

Pasalnya, batu yang ditemukannya pada awal Agustus 2020 lalu itu, dikabarkan sudah terjual dan dibeli oleh seorang kolektor meteor asal Amerika dengan harga yang fantastis, yaitu, 1,4 juta poundsterling atau setara Rp 26 miliar.

Baca Juga: Ketemu Wanita Ini, Dimas Ramadhan Malah Ditegur Nagita Slavina soal Gaya Bicara

"Saya tidak tahu, kalau batu itu terjual dengan harga segitu. Karena saya hanya menjual batu sekitar Rp 200 juta lebih. Sekitar segitu. Untuk pastinya, biarlah menjadi rahasia saya," kata Josua saat dihubungi Kompas.com melalui sambungan seluler, Rabu (18/11/2020).

Josua menceritakan, proses transaksi jual beli batu meteor yang ditemukannya itu terjadi sekitar tiga pekan setelah batu itu ditemukan dan viral di berbagai media.

Saat itu, Josua menerima pesan lewat Facebook messenger dari seseorang yang diakuinya bernama Jared Collins, warga negara asing yang tinggal di Bali.

Baca Juga: Ngaku Dekat, Nikita Mirzani Kaget saat Tahu Gisella Anastasia Terseret Kasus Video Syur: Perempuan Pasti akan Terguncang Jiwanya

"Orang Bule, iya namanya Jared. Dia yang mengirim pesan lewat messenger Facebook," ucap Josua.

Josua menerangkan, dalam pesan itu Jared berminat atas batu tersebut dan akan mendatangi Josua di kediamannya. Mulanya Josua ragu, namun rupanya benar. Jared datang dan melihat batu tersebut dan langsung membayarnya.

"Yang saya jual tidak semua, hanya serpihannya saja. Soalnya sebelumnya batu itu juga sudah pecah, dan jadi mainan anak-anak di rumah. Beratnya yang dibawa sekitar 1,7 kilogram," kata Josua.

Baca Juga: Usai Viral Gegara Mirip Raffi Ahmad, Penghasilan Dimas Ramadhan Kini Melonjak Drastis, Berapa?

Menurut laporan Daily Star, Selasa (17/11/2020), meteor itu dibeli seorang kolektor dari Amerika Serikat dengan harga 1,4 juta poundsterling atau setara dengan Rp 26 miliar (kurs Rp 18.600/poundsterling).

Setelah analisis, meteorit tersebut diklasifikasikan sebagai CM1/2 karbonan Chondrite, penemuan yang sangat langka yang membawa bahan kimia penyusun yang diyakini telah menjadi benih kehidupan di awal tata surya.

Seorang ahli meteorit, Jared Collins, yang berbasis di Bali, dikirim oleh kolektor bernama Jay Piatek untuk mengamankan meteorit langka tersebut, sekaligus melakukan negosiasi harga.

Baca Juga: Penghasilannya Tak Menentu Ketika Jual Bakso, Kini Bayaran Kembaran Raffi Ahmad Melonjak Drastis Setelah Viral

"Ponsel saya menyala dengan tawaran gila bagi saya untuk melompat ke pesawat dan membeli meteorit," kata Jared dikutip Daily Star.

"Itu terjadi di tengah-tengah krisis Covid dan terus terang itu adalah masalah antara membeli batu untuk diri saya sendiri atau bekerja dengan ilmuwan dan kolektor di AS."

"Saya membawa uang sebanyak yang saya bisa kumpulkan dan pergi mencari Josua, yang ternyata adalah negosiator yang cerdik."

Baca Juga: Pemuda Ini Ngaku Bisa Kerja di Perusahaan Ternama Meski IPK Rendah

Jared membayar dengan harga fantastis tadi, Rp 26 miliar.

Setelah melakukan kesepakatan dengan Josua, Jared mengirimkan batu tersebut ke AS, dan sekarang menjadi koleksi Jay Piatek, seorang dokter dan kolektor meteorit dari Indianapolis.

Artikel ini telah tayang di Tribunsolo.com dengan judul Sempat Viral Rumah Joshua Tertimpa Batu yang Diduga Meteor, Kini Batunya Laku Rp 26 Miliar

(*)

Editor : Nailul Iffah

Sumber : TribunSolo.com

Baca Lainnya