Masuki Babak Baru, Dalang Penyebar Video Syur Mirip Gisel Ditangkap, Pelaku Beralasan Sebar Video untuk Naikkan Follower

Selasa, 17 November 2020 | 19:45
(Kolase TribunStyle.com/ Instagram @gisel_la / Istimewa)

Gisella Anastasia dan ilustrasi video asusila

GridHype.ID - Sempat membuat heboh publik, kasus video syur mirip Gisel kini telah memasuki babak baru.

Dikabarkan pihak kepolisian kini telah menangkap dua pelaku penyebar video panas itu.

Polisi nampaknya tak main-main ingin segera mengungkap siapa dalang di balik tersebarnya video syur tersebut.

Pihak berwajib akhirnya menangkap dua orang yang diduga menyebarkan video syur mirip penyanyi Gisella Anatasia atau Gisel.

Baca Juga: Akui Kerap Dituding Jadi Ibu yang Buruk Buat Gempi, Gisel Beberkan Perasaannya: Banyak Penghakiman dari Mana-mana

Dua pelaku tersebut berinisial MN dan PP.

Penangkapan dua pelaku tersebut merupakan tindak lanjut dari laporan yang dibuat mengenai video syur yang diduga mirip Gisel.

"Nah dua orang ini termasuk setelah kami cek profiling, masif, kami lakukan pemeriksaan kemarin," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus di Polda Metro Jaya, Jumat (13/11/2020).

Berikut Kompas.com rangkum fakta kasus video syur mirip artis Gisel:

1. Motif demi tingkatkan followers di Twitter

Setelah kedua pelaku diperiksa, mereka mengaku menyebarkan konten video syur mirip artis GA di Twitter demi meningkatkan followers.

"Awalnya adalah dia memang mendapatkan dari salah satu akun media sosial.

Kemudian dia share secara masif. Untuk apa? Untuk menaikkan follower mereka," ujar Yusri.

Baca Juga: Tanamkan Kepercayaannya pada Putri Kesayanngannya, Gisel pada Gempi: Aku Enggak Nutup-nutupin

Menurut Yusri, tujuan lain dari kedua tersangka setelah memiliki followers dalam jumlah banyak supaya mereka dapat mengikuti kuis berhadiah di media sosial.

2. Polisi masih kejar pelaku lain

Kasus video syur mirip Gisel saat ini sudah masuk tahap penyidikan. Kepolisian juga masih mengejar pelaku lainnya yang menyebarkan pertama kali dan yang membuat video syur mirip Gisel.

"Kemudian dari hasil sekarang yang jadi tersangka, rencana tindak lanjut ke depan, hari Senin kami akan memanggil saksi ahli IT, untuk membuat lebih terang lagi perkara ini," ucap Yusri.

3. Akan panggil Gisel

Polda Metro Jaya juga akan memanggil Gisel untuk diperiksa sebagai saksi dalam perkara ini.

Gisel dijadawalkan akan diperiksa polisi pada tanggal 17 November 2020.

"Pada saat kita lakukan pemeriksaan (terhadap tersangka), tersebut nama atis yang mirip itu, inisialnya GA.

Baca Juga: Masuki Babak Baru, Polisi Ungkap Motif Pelaku Penyebar Video Syur Mirip Gisel: Pengakuannya untuk Menaikkan Followers

Rencananya kita lakukan periksa sebagai saksi hari Selasa kita undang di sini," kata Yusri.

Sebelumnya, Gisel sudah angkat bicara mengenai video syur tersebut. Gisel mengaku bingung untuk mengklarifikasi berkait video syur tersebut.

Mengingat, ini bukan kali pertama ia tersandung kasus video tersebut.

Kendati demikian, efek dari tersebarnya video ini justru berbuntut panjang lantaran banyak netizen yang menyebarkannya.

Pelaku penyebar video bisa dijerat dua pasal berlapis, yaitu Pasal 27 Ayat 1 juncto Pasal 45 Pasal 19/2019 tentang UU ITE dan Pasal 8 juncto Pasal 34 Undang Undang Nomor 44 2008 tentang pornografi.

Gestur Gisel Klarifikasi Dinilai Sembunyikan Sesuatu

Gestur Gisel saat memberikan klarifikasi terkait video syur mirip dirinya dinilai janggal, pakar ekspresi sebut ada kecemasan hingga menyembunyikan sesuatu.

Setelah video syur mirip dirinya viral, Gisel akhirnya merespons.

Namun, gestur Gisel ketika memberikan klarifikasi dinilai ganjil oleh Nunki, pakar ekspresi.

Baca Juga: Terungkap, Inilah Motif Pelaku Penyebar Video Syur Mirip Gisel di Media Sosial

Nunki merasa korban yang mendapat dampak negatif dalam kasus ini seharusnya lantang membantah.

Namun hal tersebut tidak dilakukan Gisel.

Berdasarkan analisis ekspresi dari video, Gisel dinilai tidak seperti korban dan menyembunyikan sesuatu.

"Nah ini yang menarik ya dari respons seorang Gisel, dia tidak langsung membantah ya atau tidak justru yang bunda lihat itu dia merasa sebagai korban," kata Nunki yang dikutip dari video YouTube Cumicumi, Minggu (8/11/2020).

Gisel, kata Nunki, tidak mengatakan secara tegas bahwa wanita yang berperan dalam video syur itu bukan dirinya.

"Ini menarik kalau merasa sebagai korban dan bukan melakukannya, harusnya kan bisa mengklarifikasi bukan saya kalau seseorang itu bukan dia pelakunya dia paling lantang berteriak untuk membuktikan jika bukan dia," ujarnya.

Nunki mengatakan respons Gisel tidak seperti korban-korban pada umumnya.

Baca Juga: Pelaku Penyebaran Video Syur Mirip Gisella Anastasia Telah Ditangkap, Artis GA akan Dipanggil Pihak Kepolisian

"Gisel itu gesturnya seperti dikorbankan tapi ada yang aneh di sini kenapa biasa orang ketika merasa tidak bersalah seperti yang dituduhkan itu justru teriakannya paling nyaring untuk menantang orang-orang untuk membuktikan itu bukan dia," lanjut Nunki.

"Ketika ditanya apakah itu bukan dia, ada yang menarik dari gestur Gisel yaitu tanpa disadar membuat gerakan menggosok di atas bibir bahkan sampai menggaruk," tutur Nunki.

Hal tersebut merupakan gestur bawah sadar yang dilakukan ketika seseorang merasakan beragam emosi, seperti cemas, tidak nyaman, dan lainnya.

"Ketika ditanya apakah itu bukan dia, ada yang menarik dari gestur Gisel yaitu tanpa disadar membuat gerakan menggosok di atas bibir bahkan sampai menggaruk," ujarnya.

Gestur Gisel lainnya yang dianalisis oleh Nunki adalah gerakan menarik telinga.

"Itu gestur respons bawah sadar mengatakan bahwa ada perasaan campur aduk, perasaan tidak nyaman, kesal, cemas, kemudian ada menarik-narik telinga. Seperti Gisel 'aduh apalagi sih berita apalagi yang saya dengar'," tutur Nunki.

(*)

Artikel ini telah tayang di Tribunmataram.com dengan judul Pelaku Penyebar Video Syur Mirip Gisel Ditangkap, Ngaku Sebarkan untuk Naikkan Follower di Twitter

Editor : Ruhil Yumna

Sumber : Tribun Mataram

Baca Lainnya