Jadi Pelajaran Untuk Pecinta Minuman Dingin, Ginjal Pria ini Hancur Karena Kebiasaan Minum Es Teh

Senin, 16 November 2020 | 17:15
Kolase Gridhype.id

Jadi Pelajaran Untuk Pecinta Minuman Dingin, Ginjal Pria ini Hancur Karena Kebiasaan Minum Es Teh

Gridhype.id– Minuman dingin seperti es teh memang menjadi favorit banyak orang setelah selesai menyantap makanan yang panas apalagi pedas.

Terlebih lagi cuaca di Indonesia yang panas dan terik, segelas es teh bisa menjadi pilihanterbaikuntuk memuaskan dahaga.

Meski demikian, es teh bisa berubah menjadi minuman yang membahayakan bagi kesehatan jika diminum secara berlebih.

Baca Juga: Bikin Pelanggan Kelabakan Membayar, Berikut Deretan Warung yang Viral Karena Harganya Tak Masuk Akal, Air Kobokan Saja Harganya Rp50 Ribu

Sama halnya dengan kisah tentang seorang lelaki asal Arkansas yang minum es teh begitu banyak sehingga membuatnya menderita gagal ginjal.

Dikutip dari Reuters, Tiga dokter Arkansas, Amerika Serikat menggambarkan kasus itu dalam sebuah surat yang diterbitkan oleh New England Journal of Medicine.

Pria berusia 56 tahun itu dilaporkan muncul di rumah sakit dengan kelemahan, kelelahan, dan nyeri tubuh, bersama dengan kreatinin tingkat tinggi, yang digunakan sebagai indikator fungsi ginjal.

Namun, dokter dibuat bingung karena pria itu tak memiliki sakit ginjal, maupun riwayat sakit ginjal di keluarganya.

Lifestyle
Lifestyle

Ngeri! Ginjal Pria ini Jadi Rusak Karena Terlalu Sering Minum Es Teh

Baca Juga: SAH Jadi Suami Istri, Sule dan Nathalie Holscher Buat Perajanjian Sebelum Nikah, Salah Satunya Larangan Syuting Bareng Mantan Pacar

Karena dokter kebingungan, pria itu pun mengaku minum 16 gelas es teh setiap hari.

Teh hitam diketahui kaya akan oksalat, merupakan senyawa kimia yang dapat berdampak negatif pada ginjal.

Karena pasien mengonsumsi tiga hingga 10 kali lebih banyak asupan oksalat lebih banyak dari normalnya, tidaklah mengejutkan jika ginjalnya langsung berhenti berfungsi dengan baik.

"Dalam kasus ini ada kristal oksalat di dalam ginjal, dan itu menghasilkan reaksi inflamasi," kata Umbar Ghaffar dari University of Arkansas for Medical Sciences kepada Reuters.

Baca Juga: Oki Setiana Dewi Akan Jalani Operasi Caesar Hari ini, Lafaz Allah di Dahi Sang Anak dalam Foto USG Jadi Sorotan

dr Gaffar menyebutkan makanan lain seperti stroberi dan bayam juga kaya akan oksalat, sehingga perlu dikontrol mengonsumsinya.

"Jika itu tidak terselesaikan, itu akan menyebabkan jaringan parut dan kehilangan jaringan ginjal. Jadi itulah yang mungkin terjadi pada pasien ini," tuturnya.

Sementara itu penyakit ginjal kronis kerap disebut sebagai the silent killer.

Sering kali penderita tidak merasakan gejala tertentu hingga penyakit sudah memasuki stadium lanjut dan fungsi ginjal telah menurun.

Baca Juga: Terlalu Sering Minum Es Teh, Pria Paruh Baya ini Alami Kerusakan Parah Pada Ginjalnya, Peringatan Untuk yang Suka Minuman Dingin

"Penyakit ini baru diketahui orang umumnya ketika sudah mencapai stadium tiga sampai empat. Pasien heran saat disuruh cuci darah karena tidak tahu sudah terkena penyakit ginjal sebelumnya," ujar Guru Besar Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI), Parlindungan Siregar, seperti dikutip dari Kompas.com Rabu(20/11/2019).

Keterlambatan deteksi dan penanganan penyakit tersebut menyebabkan prevalensi kematian akibat ginjal kronis di beberapa negara cukup tinggi. (*)

Artikel ini telah tayang di Intisari Online dengan judul,“Seorang Pria Ginjalnya Rusak Akibat Kebanyakan Minum Es Teh, Peringatan Bagi Penggemar Minuman Ini!”

Editor : Ngesti Sekar Dewi

Sumber : Reuters, Intisari Online

Baca Lainnya