Warganet Ramai-Ramai Serbu Instagram Anies Baswedan Terkait Kerumunan dalam Acara Pernikahan yang Digelar Rizieq Shihab

Senin, 16 November 2020 | 14:15
Kolase Gridhype.id

Gridhype.id-Acara pernikahan Putri dari Ketua Umum Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab yang menimbulkan kerumunan banyak orang ditengah pandemi menuai kontroversi.

Diketahui acara pernikahan tersebut berlangsung pada Sabtu (14/11/2020) di kediamannya di daerah Petamburan Jakarta Pusat.

Dalam acara tersebutpun diketahui jika pihak Rizieq Shihab memberi surat pemberitahuan dan meminta ijin untuk kelangsungan acara putrinya tersebut kepada ketua lingkungan setempat.

Baca Juga: Oki Setiana Dewi Akan Jalani Operasi Caesar Hari ini, Lafaz Allah di Dahi Sang Anak dalam Foto USG Jadi Sorotan

Dalam surat tersebut juga tertulis jika Rizieq Shihab mengundang 10.000 jemaahnya untuk hadir dalam acara pernikahan putrinya.

Akibatnyapara tamu undangan tumpah ruah di Jalan Raya KS Tubun, tempat acara hajatan tersebut berlangsung.

Tak ada jaga jarak minimal 1 meter sesuai protokol untuk pencegahan virus corona Covid-19.

Mereka justru duduk meleseh di jalan dengan berhimpitan satu sama lain.

Baca Juga: Putri Rizieq Shihab Menikah Hari ini, Acara Akan Dihadiri 10.000 Undangan, Lurah Siapkan Ambulans hingga Mobil Toilet

(KOMPAS.com/Ihsanuddin)
(KOMPAS.com/Ihsanuddin)

Tamu undangan pernikahan putri Rizieq Shihab, Shafira Najwa Shihab, mulai berdatangan ke Petamburan, Jakarta Pusat, Sabtu (14/11/2020) malam. Pantauan kompas.com pukul 18.45 WIB, para tamu duduk berdesakan di depan panggung yang telah disediakan. Tak ada jaga jarak minimal satu meter sesuai protokol

Banyaknya orang yang hadir serta keterbatasan tempat memang menjadikan protokol jaga jarak sulit diterapkan.

Panitia acara juga tak menyediakan penanda mana tempat yang boleh diduduki dan yang tidak.

Dari atas panggung, panitia acara pun tak menyampaikan himbauan agar simpatisan Rizieq yang hadir bisa menjaga jarak aman satu sama lain.

Panitia hanya mengingatkan soal protokol menggunakan masker.

Hal tersebutpun lantas berdampak pada keluhan warganet yang menyerbu akun instagram milik Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Baca Juga: Anies Baswedan Dipuji Ketua Satgas Covid-19 yang Beri Hukuman Tertinggi pada Habib Rizieq Shihab : Kami Beri Apresiasi Tak Pandang Bulu

Mereka meminta penjelasan terkait kerumunan dalam acara pernikahan putri Pemimpin FPI Rizieq Shihab.

Unggahan Anies terkait bazar online Jakpreneur pada Minggu (15/11/2020) malam menjadi sasaran komentar dari warganet yang meminta penjelasan mengapa kerumunan sebanyak 10.000 undangan pernikahan tersebut bisa terjadi di masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB) transisi.

Akun Panduprabu07, misalnya, menyayangkan sikap Anies hanya diam saja ketika terjadi kerumunan dalam pernikahan putri Rizieq Shihab.

Baca Juga: Masih Saudaraan dengan Menantu Rizieq Shihab, Tania Nadira Bocorkan Foto Nikahan Irfan Al Idrus dengan Putri Pemimpin FPI

"PSBB diperpanjang terus. Di perketat. Sampe pengangguran tambah banyak. Skrg kerumunan di nikahan ketua ormas. Diem aja pak? Semoga Allah memaafkan bapak sekeluarga. Dari kami yang terkena dampak akibat psbb di perpanjang tapi gak konsisten!" tulis akun tersebut.

Begitu juga komentar yang ditulis akun Winsonforpresident yang mengkritik kebijakan PSBB seolah-olah tidak berlaku di acara pernikahan putri Pimpinan FPI itu.

"PSBB ga berlaku utk ormas ya pak?" tulis akun itu.

Akun a1j.7 juga menyayangkan bazar UMKM yang diunggah Anies seharusnya bisa dilakukan secara offline apabila pernikahan dengan kerumunan 10.000 orang saja bisa dilakukan dengan offline.

Baca Juga: Mengungkap Rahasia Perairan Masalembo yang Dijuluki Sebagai Segitiga Bermudanya Indonesia

"Kenapa harus online bazarnya pak? Nikahan puluhan ribu massa aja bisa kok. Semangat pak, Gubernur hebat, gubernur panutan," tulis akun tersebut.

Begitu juga akun rivaldiyesita yang menilai Anies pandang bulu dalam penegakan peraturan PSBB transisi yang berlaku saat ini.

"Mohon hukum jangan pandang bulu pak, yang pedagang anda tertibkan, anda denda, anda tutup, yang pernikahan serame itu anda tidak tindak dan di fasilitasi, ingat. Apa yang anda tanamkan itu yang anda terima. Rakyat bisa tau mana yang tulus dan mana yang hanya retorika," kata dia.

Masih ada banyak komentar yang mempertanyakan ketegasan Anies dalam peristiwa keramaian yang diakibatkan dalam acara pernikahan putri Rizieq Shihab.

(*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Instagram Anies Diserbu Komentar, Warganet Minta Penjelasan soal Kerumunan Rizieq Shihab"

Editor : Ngesti Sekar Dewi

Sumber : Kompas.com

Baca Lainnya