Terpilih Jadi Presiden AS, Joe Biden Peringatkan Akan Bersikap Keras pada China Terkait Klaim Laut China Selatan

Senin, 09 November 2020 | 10:30
Google Maps via GridHot.ID

Laut China Selatan.

GridHype.ID - Beberapa waktu belakangan, Laut China Selatan menjadi medan ketegangan yang terjadi antara Amerika Serikat dengan China.

Dikutip dari Pos Kupang,Laut China Selatan saat ini dipenuhi dengan kapal-kapal perang baik di permukaan maupun kapal selam.

Belum termasuk kekuatan di udara juga hilir mudik pesawat-pesawat mata-mata dan pesawat pembom jarak jauh.

Baca Juga: Soroti Ada yang Aneh dalam Video Syur Diduga Mirip Gisel, Pakar Mikro Ekspresi : Jelas Dibuat dengan Maksud Menunjukkan kepada Seseorang

Jika terjadi satu kesalahan maka bisa memicu perang yang lebih besar.

Ketegangan di Laut China Selatan dipicu dengan Tiongkok yangsemakin gencar menyebarkan klaimnya atas wilayah di Laut China Selatan.

Gencarnya Presiden Xi Jinping soal Laut China Selatan memang telah menimbulkan keresahan dunia akan terjadinya perang.

Baca Juga: Kabar Duka, Mantan Ketua Persatuan Artis Film Indonesia Gatot Brajamusti Meninggal Dunia

Amerika Serikat (AS) dan negara-negara yang bersengketa dengan klaim tumpang tindih berusaha menghentikan militerisasi agresif China di wilayah tersebut.

Presiden Donald Trump telah mengirim kapal AS ke perairan yang diperebutkan dalam upaya untuk menghalangi pasukan Beijing.

Namun para ahli memperingatkan tindakan AS sebagai hal yang berbahaya, dan dapat menyebabkan konflik yang tidak disengaja dengan China.

Baca Juga: Jadi Perempuan Kulit Hitam dan Asia Pertama yang Duduki Kursi Wakil Presiden Amerika Serikat, Sepak Terjang Kamala Harris yang Dikenal Tegas dan Progresif

Dikutip dari Express.co.uk, dengan pemilihan presiden AS yang semakin dekat, tindakan Amerika di Laut Cina Selatan dapat menjadi tanggung jawab Joe Biden dan Kamala Harris sebagai Presiden dan Wakil Presiden AS.

Kandidat dari Partai Demokrat tersebut sejauh artikel ini ditulis masih mengungguli Donald Trump dalam perolehan suara elektoral.

Joe Biden mendapatkan 264 suara elektoral, sementara Donald Trump 214.

Baca Juga: Tes Kepribadian Berikut ini Akan Ungkap Bagaimana Orang Lain Menilai Diri Kita Saat Bertemu Pertama Kali

Calon dapat dikatakan menang jika suara elektoral mencapai batas minimal 270.

The New York Times bulan lalu melaporkan bahwa ada risiko peningkatan permusuhan mengingat retorika China baru-baru ini.

“Nada militeristik mencerminkan sifat hawkish Xi. Risikonya adalah bahwa propaganda dapat diterjemahkan menjadi tindakan yang lebih provokatif," kata laporan tersebut.

Joe Biden telah memperingatkan bahwa dia akan bersikap keras terhadap China jika dia memenangkan kursi kepresidenan.

Baca Juga: 10 Tahun Lebih Hidup Bersama, Nia Ramadhani Akui Tak Tahu Penghasilan Ardi Bakrie: Jangan Menilai Harta tapi Kerja Keras Seseorang

Liz Economy, seorang rekan senior di Institut Hoover Universitas Stanford dan Dewan Hubungan Luar Negeri mengatakan minggu ini, akan ada perubahan kebijakan jika Biden terpilih.

"Saya pikir perubahan kebijakan terkait China yang paling signifikan dalam pemerintahan Biden mungkin adalah komitmen baru terhadap kepemimpinan AS dalam menangani tantangan global."

"Bahwa China tidak dapat menangkap dan mengubah sistem pemerintahan global agar sesuai dengan kepentingannya yang sempit," katanya.

Baca Juga: Sumur Kuno Berusia 1.000 Tahun ini Kerap Keluarkan Suara Misterius, Para Arkeolog Terkejut Saat Temukan Ruang Rahasia Beserta Benda Berharga di Dalamnya

Ini akan menjadi konflik sebenarnya bagi China.

Liz juga mengatakan, "konsultasi yang lebih besar dengan sekutu dan mitra kami untuk menempa strategi China yang konsisten dan koheren" perlu dilakukan.

Liz Economy menambahkan, hubungan AS-China akan diatur ulang.

Baca Juga: Berikut 16 Titik Sebaran Wilayah di Indonesia yang Rawan Terjadi Gempa Hingga Tsunami

"Kalibrasi ulang hubungan AS-China yang dapat mencakup membangun kembali dialog bilateral dan menjelajahi area tujuan bersama untuk menghindari hubungan yang berkembang menjadi perang dingin."

Tahun lalu, pakar politik China Kerry Brown memperingatkan komunikasi antara militer China dan AS lebih buruk daripada yang terlihat dalam Perang Dingin.

"Saat ini dialog antara AS dan militer China dengan militer buruk, beberapa orang mengatakan bahwa itu lebih buruk daripada antara Uni Soviet dan AS selama Perang Dingin," katanya, dikutip dari Express.co.uk.

Artikel ini telah tayang di pos-kupang.com dengan judul Gantikan Donald Trum Jadi Presiden AS, Laut China Selatan Kini Terancam, Apakah Perang Akan Terjadi?

(*)

Editor : Linda Fitria

Sumber : Tribun Kupang

Baca Lainnya