Punya Taman Buatan Seluas 105 Hektar, Meikarta Cetak Rekor MURI

Rabu, 04 November 2020 | 08:00
(Warta Kota/Muhammad Azzam)

Penyerahan piagam penghargaan MURI kepada Meikarta karena memiliki taman buatan terluas di Indonesia

GridHype.ID - Taman kota biasanya menjadi tempat yang nyaman untuk kunjungi.

Sebab, taman biasanya menjadi ruang terbuka hijau.

Selain itu, taman kota juga dipilih untuktempat rekreasi atau bersantai dengan keluarga maupun teman-teman.

Kali ini, ada kabar yang membanggakan mengenai taman yang berada di Indonesia.

Pengembang Meikarta menorehkan rekor di Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI), karena memiliki taman buatan terluas di Indonesia.

Baca Juga: Konstruksinya Sempat Berhenti, Akankah Megproyek Meikarta Bernasib Seperti 5 Kota Hantu Berikut ini

Taman buatan seluas 105 hektar itu bernama Central Park berada di Desa Cibatu Kecamatan Cikarang Selatan, Kabupaten Bekasi.

Kini dijadikan sebagai ruang terbuka hijau (RTH) dan tempat rekreasi masyarakat.

Warta Kota/Muhammad Azzam

Memiliki taman buatan terluas di Indonesia, pengembang Meikarta menorehkan rekor di Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI).

Pemberian Rekor Muri itu dilakukan secara simbolis oleh Ketua Umum Muri, Jaya Suprana secara virtual pada Selasa (3/11/2020).

Jaya Suprana menyatakan, taman bernama Central Park ini memiliki konsep ruang hijau terbuka yang tidak hanya luas namun juga lengkap. Belum lagi terdapat danau yang tak kalah luas di tengah taman hingga seluas 50 hektar.

Baca Juga: Tak Hanya Untuk Kesehatan, Minyak Zaitun Punya Segudang Manfaat saat Berkebun di Rumah

“Dengan adanya taman di tengah kota, maka akan menjadikan keseimbangan antara kemajuan teknologi dengan konsep back to nature. Hal ini menjadikannya sebuah kota baru yang menyuguhkan keasrian dan kenyamanan ruang terbuka hijau yang sangat luas bagi penghuninya,” kata Jaya.

Menurutnya, pihak pengembang menyadari betul fungsi ruang terbuka hijau bagi masyarakat.

Ketersediaan udara segar serta suhu yang sejuk bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah namun juga seluruh pemangku kepentingan, termasuk swasta.

“Artinya, pihak swasta juga bisa turut andil dalam menyumbangkan partisipasinya. Apalagi lokasi yang dekat dengan pusat industri harus didukung dengan suplai oksigen yang mumpuni bagi penghuninya. Maka dari itu, kami berikan penghargaan rekor sebagai taman buatan terluas di Indonesia,” ucapnya.

Baca Juga: Jarang Terlihat Menunjukkan Emosinya, Amy Qanita Mencak-mencak hingga Picu Adu Mulut dengan Raffi Ahmad, Ada Apa?

CMO Meikarta, Lilies Surjono menjelaskan Central Park mengusung konsep kota New York, sedikitnya ada 12 arena menarik yang bisa dinikmati penghuninya maupun pengunjung, di antaranya jogging track, rumah hobbit, jembatan cinta, taman hewan (mini zoo), gembok cinta.

Kemudian carousell, sepeda tandem, lapangan futsal rumput, taman pergola cinta, container shop, hingga large children playground.

"Selain itu, di Central Park ini tersaji pemandangan lahan dengan tanaman hijau yang memang kini jarang ditemukan di pusat kota di Indonesia. Untuk menyegarkan pikiran, anda bisa menghirup udara yang sejuk di lahan seluas 105 hektar tersebut," ungkapnya.

(Warta Kota/Muhammad Azzam)

Penyerahan piagam penghargaan MURI kepada Meikarta karena memiliki taman buatan terluas di Indonesia

Baca Juga: Viral Foto Pesta Kemenangan Wuhan dari Covid-19, Hotman Paris Beri Komentar Mengejutkan: Kelamaan Nunggu 6 Bulan Lagi

Ia menambahkan spot yang paling menarik bagi warga sekitar ialah jembatan penghubung antara taman di sisi timur dan barat.

Lilies mengatakan, ada sekitar 96.000 tumbuhan yang ditanam di area Central Park dengan melibatkan sejumlah warga sekitar dan juga petani lokal.

"Berbagai pohon bertekstur keras seperti randu, beringin, dan pulai juga ditanam di area taman. Selain itu, bunga warna-warni pun turut di tanam agar tidak hanya terlihat hijau, tetapi juga akan menjadi lebih cantik," ucapnya.

Baca Juga: Bikin Bulu Kuduk Berdiri! Beredar Video Alat Fitnes Bergerak Sendiri, Diduga Ulah Makhluk Tak Kasat Mata

Sementara itu, terdapat pula danau yang memiliki luas 50 hektar dengan daya tampung maksimal 300.000 meter kubik. Selain memberi nuansa cantik, danau pun menjadi upaya mencegah banjir.

“Fungsinya sebagai reservoir tentu akan semakin optimal jika didukung dengan adanya pohon hijau di sekitarnya,” papar dia.

Artikel ini telah tayang di Wartakotalive dengan judul Miliki Taman Buatan Terluas di Indonesia, Meikarta Pecahkan Rekor MURI

(*)

Editor : Nailul Iffah

Sumber : Wartakotalive

Baca Lainnya